Kamis, 07 September 2023

KOBAKARAN DI GUNUNG ARJUNO JATIM MELUAS HINGGA 1.3OO Ha DAN AKSES WISATA DITUTUP

NusaNTaRa.Com

byJoneDPringgoNDandI,      S  e  l  a  s  a,    0   5     S   e   p   t   e   m   b   e   r     2   0   2   3

Kebakaran Hutan di Gunung Arjuno bermula 26 Agustus 2023 meluas hingga 1.300 Ha

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Arjuno, Jawa Timur, meluas hingga 1.300 hektare,   api bahkan  merembet hingga  ke arah Kabupaten Pasuruan.   Kepala Pelaksana BPBD Jatim Gatot Soebroto mengatakan pemadaman api masih terus dilakukan. Operasi pemadaman juga dilakukan dengan metode water bombing dengan helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Boncana (BNPB),   "  Luasnya dampaknya hingga 1.300 hektare. Sebelumnya 1.200 hektare  ",   Ujar SiDim Gatot Soebroto dengan Soppengernya (Jumawanya)  saat dikonfirmasi,   Selasa   (05/09/2023).

Pemadaman dengan metode water bombing itu dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Timborang,  Sabtu   (02/09/2023)  dan SiCuantik  Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memimpin langsung operasi tersebut.   Dari 30 titik api yang tercatat, upaya pemadaman lewat water bombing ini baru berhasil memadamkan sembilan titik api,   "  Dari 30 titik sumber api di tanggal  01 September 2023, sudah ada sembilan titik yang tertangani kurang lebih 600 hektare [sudah padam]  ",  Ujar SiDim Gatot Soebroto Laji.

Gatot mengatakan BPBD melalui pos karhutla akan terus memantau kondisi kebakaran hutan dan melakukan upaya pemadaman manual di titik yang bisa dijangkau.   Menurutnya, 21 titik kobaran api yang masih menyala itu harus diwaspadai,   "  Api masih menyala di beberapa tempat dan bisa menimbulkan titik baru apabila tidak segera ditangani. Untuk itu water bombing jalan dan relawan digiatkan untuk ditambah  ",   Ujar Gatot Soebroto.

Pemadaman melalui udara ini dilakukan di kawasan taman hutan raya, termasuk Desa Cendono, Kabupaten Pasuruan dan Desa Toyomarto, Kabupaten Malang yang mencakup tiga area di wilayah Singosari, Kabupaten Malang dan Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan.   Selain pemadaman melalui udara, pemadaman secara manual juga masih terus dilakukan. Tercatat 350 orang personil gabungan dari personil Tahura R Soerjo yang bekerja sama dengan masyarakat Peduli Api (MPA), relawan, masyarakat sekitar kawasan hutan dan didukung oleh BPBD Prov Jatim, BPBD Kab. Pasuruan, BPBD Kab. Malang, TNI dan Polri telah dikerahkan.

Kebakaran Hutan Arjuno di JAWA TIMUR

Imbas Karhutla ini  maka  Pengelola Taman Hutan Rakyat Raden Soerjo (Tahura R Soerjo) memutuskan menutup semua akses wisata alam di wilayah Gunung Arjuno-Welirang, Jawa Timur sampai waktu yang tidak ditentukan.   "  Sebagai upaya mitigasi risiko bencana kebakaran hutan, semua akses wisata alam di wilayah Tahura R Soejo ditutup sampai waktu yang tidak ditentukan  ",  Cakap SiDim Jumadi  Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim  saat dikonfirmasi,  Selasa   (05/09/2023).

Wisata alam yang ditutup sementara itu yakni pendakian Gunung Arjuno-Welirang, pendakian Gunung Pundak, pendakian bukit Watu Jengger, Bukit Semar, Bukit Cendono hingga komplek pemandian air panas Cangar.  Kata Jumadi,   luas lahan yang terbakar di Gunung Arjuno terus meluas hingga 3.315 hektare per Senin (04/09/2023),   2 hari sebelumnya atau pada  Sabtu   (02/09/2023) masih tercatat 1.200 hektare,   "  Luas lahan yang terbakar cepat meluas karena faktor angin kencang di atas Gunung Arjuno  ",  Cakapnya menambahkan.

Sementara itu, Khofifah sebelumnya mengatakan karhutla di kawasan Gunung Arjuno ini sangat genting. Menurutnya, fenomena el nino yang menyebabkan kekeringan membuat karhutla semakin parah,   "  Dan kalau kita melihat tadi titik apinya masih cukup panjang. Saya potret tadi titik apinya, kalau tidak ketemu batu atau batas yang disiapkan maka api itu akan terus menjalar dan meluas area yang terbakar  ",  Cakap SiGaluH Khofifah Indar P dengan Ahmadernya (Manisnya).

Khofifah pun mengimbau masyarakat menghentikan kegiatan perburuan liar,  tindakan yang tidak bertanggung jawab itu sangat berdampak buruk bagi lingkungan.  Karena  berdasarkan penyelidikan kepolisian dan laporan yang dihimpun Dinas Kehutanan Jatim, penyebab kebakaran di Gunung Arjuno ini juga akibat ulah pemburu liar yang diduga sengaja membakar semak untuk memancing gorakan  satwa yang diburu sehingga mudah di menangkapnya.   "  Maka apa yang terkonfirmasi bahwa kemungkinan terjadinya kebakaran hutan ini adalah aktivitas perburuan liar, maka saya mohon segera dihentikan. Tolong dijaga alam kita dan lindungi hutan kita dari perburuan liar  ",  Cakap SiGaluH Khofifah Indar P.

Kebakaran hutan Arjuno  dan pemadaman

 

 

Kebakaran hutan merusak biosfer alami dan udara.

Kebakaran Hutan Arjuno meluas hingga 1.300 Ha.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERUNG TAKOKAK PERDU YANG NYAMAN DI LALAP, BERKHASIAT DALAM MENYEMBUHKAN ASAM URAT DAN PENYAKIT LAINNYA.

NusaNTaRa.Com      byAsnISamandaK,            S    e    l    a    s    a,       0    7        M     e     i       2    0    2    4 Perdu...