Sabtu, 02 September 2023

JOKOWI DIJADWALKAN KUNJUNGI AFSEL, TERKAIT PENAMBAHAN ANGGOTA BARU DI BRICS

NusaNTaRa.Com

byAsnISamandaK,     S  e  l  a  s  a,    0   8     A   g   u   s   t   u   s     2   0   2   3

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri 
 bertolak ke Tiongkok, Kamis (27/07/2023), di Pangkalan TNI Halim Perdanakusuma.

Joko Widodo Presiden RI dikabarkan akan mengunjungi Afrika Selatan dalam waktu dekat.  Saat ditanya apakah kunjungan itu terkait dengan rencana Indonesia bergabung dengan aliansi ekonomi BRICS ( Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan),  Jokowi belum memutuskan,  "  Nanti diputuskan  ",   Ujar SiDin Jokowi singkat di Senayan,  Jakarta,  Senin   (07/08/2023).   BRICS memang akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  pada  22-24 Agustus 2023  di Johannesburg, Afrika Selatan. Grup ekonomi yang dibentuk pada 2006 ini sering disebut sebagai tandingan aliansi ekonomi negara-negara maju G7.

Adapun anggota G7 adalah yang beranggotakan Amerika Serikat, Perancis, Italia, Inggris, Jepang, Kanada  dan Jerman. BRICS pun dikabarkan akan menambah keanggotaan dalam KTT pada akhir Agustus nanti.   Indonesia disebut masuk kandidat potensial sebagai anggota baru BRICS,   selain itu, ada pula Mesir, Iran, Argentina, Kazakhstan, Aljazair, Turki, Thailand, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab yang juga masuk dalam kandidat anggota baru.

Di kesempatan yang berbeda,  Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, pihaknya masih mempersiapkan kunjungan  Presiden Jokowi ke  Afsel,   "  Ya rencananya begitu. Nanti tunggu ya sampai semuanya sudah matang karena kalau persiapan kunjungan kan kita persiapkan dulu. Tidak mudah ya teman-teman untuk mempersiapkan kunjungan, tanggal, aktivitas dan sebagainya  ",   Ujar SiGaluH  Retno  Marsudi  di kompleks Istana Negara, Senin (07/08/2023).

"  Jadi, biasanya rencana kunjungan itu baru dapat kita konfirmasikan ke publik kalau semuanya sudah confirm beberapa hari menjelang kunjungan itu sendiri. Jadi kalau sekarang kita masih berkoordinasi terus. Nanti pada saat waktunya pasti kita sampaikan kepada teman-teman  ",  Tambah SiGaluH  Retno Marsudi dengan Soppengernya (Jumawanya).   Retno juga belum memastikan apakah kunjungan itu sekaligus membahas rencana Indonesia masuk BRICS,   "  Saya sampaikan saya belum dapat menyampaikan karena komunikasi koordinasi terus sedang dilakukan ya  ",   Ujar Retno Marsudi.

Rencana kunjungan Jokowi ke Afsel ini pernah diungkapkan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terkait adanya undangan dari Panitia BRICS yang akan bertemu di Johanesbrug, Afrika Solata,  lewat unggahan di Instagram resminya @luhut.padjaitan pada 12 Juli 2023.   Luhut B Panjaitan pun turut  mengunggah fotonya saat berkunjung ke Afsel dan menemui Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

"  Pertemuan ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan kehadiran Presiden @jokowi pada gelaran KTT BRICS yang akan dilaksanakan minggu ketiga bulan Agustus nanti  ",  Ungkap Luhut B Panjaitan menjelaskan.   "  Dalam KTT ini nantinya diharapkan akan terjadi kesepakatan terkait impor sapi dan kedelai yang akan ditandatangani pada saat kunjungan ini  ",  Ujar Luhut B Panjaitan  Laji.

 

 

BRICS kelompok ekonomi tandingan Kelompok G7.

Indonrsia masuk BRICS “Nanti diputuskan” ujar Jokowi.

 

 NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                   Melayani pemasangan Iklan 

                                            Sila Dail Talian  0821 5385 8932 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...