Minggu, 06 Agustus 2023

THAKSIN SHINAWATRA MANTAN PM THUILAND MENUNDA KEPULANGAN KARNA SITUASI POLITIK YANG MASIH BUNTU

NusaNTaRa.Com

byBambanGBiunG,      M  i  n  g  g  u,    0   6      A  g  u  s  t  u  s     2   0   2   3

Mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra dan putrinya Paetongtarn Shinawatra.

Thaksin Shinawatra  Mantan  Perdana Menteri Thailand   mengatakan  dia  menunda kepulangannya dari pengasingan diri karena Thailand berjuang untuk mengatasi kebuntuan politik setelah pemilihan umum pada Mei  2023 dimenangkan oleh lawan partai yang didukung militer.   Miliarder berusia 74 tahun, yang memenangkan dua pemilihan sebelum disingkirkan dalam kudeta militer 2006, telah lama mengatakan bahwa dia ingin pulang – tetapi menghadapi berbagai tuduhan kriminal yang dia klaim bermotivasi politik.

Pada Sabtu, Thaksin S, mantan taipan telekomunikasi, mengatakan bahwa dia akan menunda kepulangannya karena ada janji medis,     Saya ingin menunda tanggal kepulangan saya ke Thailand tidak lebih dari dua minggu  ”,   tulisnya di Twitter, baru-baru ini berganti nama menjadi X.   Putrinya, Paetongtarn Shinawatra, 36, salah satu calon perdana menteri dari Partai Pheu Thai, yang menempati posisi kedua dalam pemilihan, bulan lalu mengumumkan bahwa ayahnya akan tiba pada 10 Agustus 2023.

Partai-partai yang terkait dengan Thaksins Shinawatra  telah mendominasi politik Thailand sejak 2001, tetapi mereka kehilangan dua perdana menteri karena kudeta militer dan satu lagi karena keputusan pengadilan.   Kepulangan Thaksin S  memiliki potensi memanaskan situasi politik yang sudah tegang,   Kerajaan  dalam kebuntuan politik setelah Senat yang didominasi militer memblokir pemimpin Partai Move Forward (MFP) untuk menjadi perdana menteri setelah memenangkan kursi parlemen terbanyak dalam pemilihan  Mei  2023.

Pheu Thai sejak itu mencoba membentuk pemerintahan   dan  taipan properti Srettha Thavisin ditetapkan sebagai calon perdana menterinya.   Ketua DPR telah mendorong tanggal pemungutan suara perdana menteri sampai setelah keputusan pengadilan konstitusional pada 16 Agustus,   Thaksin  S  telah mengasingkan diri, sebagian besar di Dubai, sejak 2008 dan secara teratur menyapa para pendukung di platform media sosial Clubhouse dengan menggunakan nama samaran Tony Woodsome.

Dia dihukum selama berada di luar negeri dalam empat kasus pidana, salah satunya kini telah melewati undang-undang pembatasan.   Hukumannya untuk tiga lainnya total 10 tahun, dan dia masih dalam penyelidikan dalam kasus lain.

Ketua parlemen Thailand Wan Muhamad Noor Matha mengumumkan pemungutan suara parlemen untuk perdana menteri akan ditunda,  keputusan ini memperpanjang kebuntuan politik yang menimbulkan pertanyaan tentang stabilitas, sejak pemilihan umum Mei  2023.   Pemilu Thailand dimenangkan oleh Partai Move Forward, yang didukung kalangan muda. Namun ketuanya, Pita Limjaroenrat, gagal menjadi perdana menteri karena perlawanan kelompok konservatif di parlemen.

Pada Rabu, pengumpul suara terbanyak kedua, Partai Pheu Thai, mengatakan akan berusaha membentuk aliansi baru tanpa Move Forward dan akan mencalonkan taipan real estat Srettha Thavisin untuk jabatan perdana menteri.   Setelah pemilihan, Move Forward bersama dengan Pheu Thai dan enam partai lainnya, membentuk aliansi untuk mencoba membentuk pemerintahan. Namun pemimpin Move Forward, Pita L, dua kali dihalangi parlemen untuk menjadi perdana menteri.

Pemilihan PM semula dijadwalkan pada Jumat, 4 Agustus 2023. Namun Wan Muhamad Noor  mengatakan pemungutan suara untuk perdana menteri hanya dapat diadakan setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan banding oleh Move Forward terhadap upayanya untuk menunjuk seorang perdana menteri.   "  Kami harus menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi pada 16 Agustus sebelum menentukan kapan kami akan melakukan pemungutan suara lagi  ",   Ujar SiDin  kata Wan M Noor kepada wartawan di Bangkok pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Banyak pemilih dalam pemungutan suara Mei 2023  lalu menolak pemerintahan oleh militer dan pemerintah dukungan militer yang berkuasa hampir satu dekade.   Partai progresif yang menang, Move Forward, dihalangi untuk merebut kekuasaan karena kubu konservatif dan majelis tinggi menolak calon mereka, Pita Limjaroenrat.   Pheu Thai, inkarnasi terbaru dari partai yang didirikan oleh mantan taipan telekomunikasi Thaksin Shinawatra, berada di urutan kedua dalam jajak pendapat. Partai berharap mendapatkan calon perdana menteri terpilih untuk membentuk pemerintahan.

Pita Limjaroenrat pada hari pemungutan suara untuk perdana menteri baru
di parlemen, di Bangkok, Thailand, 13 Juli 2023.

 

Dia Mantan Taipan telekom dan Perdana Menteri Thailand.

Thaksin Shinawatra menunda pulang karna kebuntuan politid.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...