Senin, 28 Agustus 2023

KULINER KHAS "PEMPEK" PALEMBANG DENGAN CITA RASA ASAM MANIS GURIH, AWALNYA DIJAJAKAN LELAKI CHINA TUA

NusaNTaRa.Com

byBatiSKambinG,       J  u  m  a  t,    2  5     A  g  u  s  t  u  s     2  0  2  3

"Pempek Palembang"

 Pempek  makanan tradisional  yang berasal dari Palembang, Provinsi Sumatera Selatan,   kuliner ini  tidak hanya menjadi makanan favorit masyarakat Pelembang,  melainkan makanan yang terbuat dari tepung sagu dan ikan ini telah menjadi kegemaran masyarakat di luar Palembang.    Pempek disajikan bersama mie telur, irisan timun dan siraman cuko (campuran air gula merah,  asam jowo, bawang putih, ebi  dan cabe rawit yang dimasak bersama).  Awalnya penganan ini hanya menggunakan ikan Belida ((Chitala hypselonotus)  yang kala itu banyak ditemukan di Sungai Musi atau sungai di Sumatera Selatan  namun sekarang telah berkembang beragam ikan seperti Ikan Tenggiri.

Camilan berkuah asam pedas  asal Palembang  ini sudah terkenal di Indonesia bahkan hingga mancanegara,  makanan ini biasanya disajikan dengan kuah lezat berwarna coklat yang kental yang memadukan rasa pedas,  manis   dan  sedikit asam atau tidak terlalu menyengat di mulut dan lidah.   Biasanya daging ikan yang digunakan untuk pembuatan pempek asli Palembang adalah jenis Ikan Belida atau ikan lain yang  dagingnya  dihaluskan  dan  memiliki  cita rasa yang lezat.   Sulitnya menemukan  Ikan  Belida  maka sekarang bahan baku  ikannya makin beragam,  seperti  ikan tenggiri,  ikan gabu, ikan sebelah  dll.

Karena keberadaan Ikan Belida semakain terancam dan untuk menjaga kelestariannya,   maka  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI  mengeluarkan peraturan Nomor 1 tahun 2021 tentang pelarangan penangkapan Ikan Belida.   Sementara untuk kuah pempek,  terbuat dari gula merah yang ditambahkan larutan cuka atau cuko. Kemudian ditambahkan asam jawa, dengan takaran tertentu, agar kuahnya terasa lebih seimbang atau tidak ada yang terasa lebih dominan manis pedas dengan  asam gula jawa-nya.

Sejarah Pempek

Konon Pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Tionghoa ke Palembang   yaitu di sekitar abad ke-16 di masa pemerintahan Sultan Badaruddin II  dari  Kerajaan Palembang Darussalam dan pada masa Kesultanan Palembang ini  pempek disebut kelesan.   Kelesan sendiri  tidak lain merupakan alat yang digunakan untuk menghaluskan daging ikan berbentuk combung , sehingga penganan yang dikeles ini dan tahan lama disimpan,  diberi nama  Kelesan.   Kemudian, nama pempek populer di Palembang karena diyakini dulunya pempek dijual oleh  si   Apek,  sebutan untuk laki-laki tua keturanan Cina.  Pempek  sudah  mulai dijual sejak zaman kolonial.

Pempek mulanya dibuat oleh orang orang  Palembang.  Tercatat  bahwa  Pempek mulai dijajakan pada tahun 1916  by   orang-orang keturunan China yang berjalan kaki menjual  kelesan (Pempek)  dari kampung ke kampong,   terutamanya  ketika itu  banyak mereka  jajakan  di kawasan keraton, sekarang di lokasi Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang.  Nama pempek berasal dari sebutan pembeli kepada penjual kelesan yang  berkeliling atau berjualan  yang  sebut Empek.  Dari panggilan, Pek, empek.,  lama-kelamaan dipakai untuk menyebut makanan yang mereka  jajakan.

Jenis Pempek

Ada beberapa jenis pempek, tergantung cara penyajian dan komposisi bahan atau isinya. Pempek yang paling terkenal adalah pempek  Kapal selam, yaitu Pempek yang diisi dengan telur ayam dan digoreng dalam minyak panas.  Ada juga jenis lain seperti   Pempek lenjer,  pempek adaan yaitu pempek yang berbentuk bulat,    Pempek kulit ikan,    Pempek pistel yang berisi irisan pepaya muda rebus yang sudah ditumis dan dibumbui,  Pempek telur kecil dan pempek keriting, Pempek   Tahu,  Pempek Pitel,  Pempek  Adaan,  Pempek   Kurus  dll.       Saat menggoreng pempek Palembang, di usahakan agar api jangan terlalu besar agar pempek matang sempurna dan tidak gosong,  bjla terlihat agak menguning dan matang siap diangkat.

Pempek Kapal Selam

Resep Pempek Kapal Selam.    Bahan yang diperlukan  :   500 gram ikan tenggiri giling,  1 butir putih telur,  250 ml air,  1 sdm garam,  1 sdt penyedap jamur,  350 gr tepung sagu,  Air secukupnya,  Telur secukupnya.    Cara membuat  :  Masukkan ikan ke dalam baskom, beri putih telur, air dan garam serta penyedap jamur.   Masukkan tepung sagu, aduk rata. Ambil 150 gr adonan, dan beri isian 1 butir telur.   Masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih, masak hingga mengapung.  Terakhir.  Angkat dan tiriskan pempek. Lalu sajikan pempek dengan saos khas pempek dari Palembang.

Pempek akan terasa nikmat bila di makan dalam keadaan masih hangat  dengan tambahan irisan timun dan mie kuning. Kita bisa merasakan paduan rasa adonan tepung dan daging ikan tenggiri/ikan lainnya  yang legit dan enak, dengan bumbu kuah pempek yang khas.    Baluran bumbu kuah cuka,   gula jawa dengan asam jawa yang diberi ebi sedikit menambah sensasi kenikmatan dari hasil olahan kuliner khas jajanan Palembang ini.

Ikan Belida awalnya jadi bahan dasar Pempek Palembang

 

Penganan pokok  jadi sempurna  bila  ditemani ikang.

Pempek Penganan berasa Asam manis gurih dari Palembang.

 

NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                             Melayani pemasangan Iklan 

                                                        Sila Dail Talian  0821 5385 8932  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...