Rabu, 30 Agustus 2023

NAUFAL RAZIQ SISWA SD DARI ACEH BIKIN LISTRIK DARI POHON KEDONDONG

NusaNTaRa.Com

byBakuINunukaN,      K   a   m   i   s,      2  7      J   u   l   i     2   0   2   3 

 

Naufal Raziq siswa SD penemu Listrik dari pohon Kedondong pada 2017

Siapa sangka, ternyata pohon kedondong bisa menghasilkan listrik. Naufal Raziq, bocah asal Aceh berusia 15 tahun yang menemukan itu. Ia berhasil membuat listrik dari pohon kedondong sejak 2 tahun lalu saat masih berusia 13 tahun.   Dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah, Naufal mengetahui buah-buahan seperti mangga, belimbing, asam jawa bisa menghasilkan arus listrik karena punya kandungan asam.   Di bangku SD, Naufal pernah melakukan percobaan, ia memasukkan lempeng tembaga dan logam ke dalam kentang, ada arus listrik yang muncul,  dari sinilah inspirasi awal Naufal.

Kemudian tercetus ide untuk mencobanya pada pohon. Seperti halnya buah, pohon juga mengandung asam. Pengagum BJ Habibie dan Thomas Alfa Edison ini lalu mencobanya pada sejumlah pohon seperti pohon mangga, pohon belimbing, hingga akhirnya pohon kedondong,   "  Masing-masing pohon ada keunggulannya. Saya pakai kedondong pagar karena memiliki batang yang besar, mudah tumbuhnya, jika kita buka kulitnya tidak busuk, bisa recover  ",   Ujar SiDin Naufal saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (19/05/2017).

Temuan Naufal menghasilkan daya sebesar 0,5-1 Volt per elektroda yang dipasang pada rangkaian pohon kedondong.   Ia menggunakan 10 pohon kedondong untuk menghidupkan dua bola lampu rumah. Listrik yang dihasilkan tidak akan habis selama pohon ini tumbuh lo sobat.   Ia menjelaskan, untuk memproduksi listrik dari pohon kedondong hanya dibutuhkan tembaga, logam, dan kain atau tisu.  Kain atau tisu dipakai untuk melapisi tembaga dan logam.  Pohon dilubangi, lalu tembaga dan logam yang sudah berlapis kain/tisu dimasukkan ke lubang tersebut.

Fungsi kain/tisu adalah untuk menyerap asam dari pohon, lalu menghantarkannya ke tembaga dan logam. Dari situ lah timbul arus listrik.   "  Untuk pembuatan energinya, terutama kita butuh tembaga sama logam untuk mengubah asam menjadi listrik. Sebelum dimasukkan ke pohon, kita lapis tembaga dan logam dengan tisu dan kain, fungsinya untuk menyerap asam. Kita lipat jadi satu, dipasang ke pohon  ",  Papar SiDin Naufal dengan Plabomoranya (hebatnya).

Temuan Naufal Riziq berawal dari penelitian seberapa besar Kadar asam  menjadi Listrik,  penemuannya itu disebuah labolatorium yang disediakan oleh PT Pertamina EP Aset I Field Rantau.   Tiap lubang di pohon kedondong dapat menghasilkan arus listrik sebesar 1 Volt. Setiap pohon kedondong bisa dibuat 4 lubang dan menghasilkan 4 Volt. Maka listrik dari 4 pohon kedondong bisa menyalakan 1 lampu,   "  Satu lubang itu 1 Volt. Jadi kalau kita mau tambah listriknya tinggal tambah lubang dan pohonnya. Satu pohon ada 4 lubang. 4 pohon bisa untuk 1 lampu  ",  Ujar SiDin  Naufal menerangkan.

Naufal Raziq dan Menteri Zonan

Naufal R yang bercita-cita menjadi ilmuan dan mengidolakan mantan Presiden BJ Habibie mencoba bereksperimen dengan kentang pada 2014. Meskipun berhasil, ia mengaku terus melakukan uji coba terhadap buah lain agar mendapatkan daya yang lebih maksimal, seperti jeruk, mangga, dan kedondong.   "  Saya berpikir kalau buahnya saja mengandung asam, berarti pohonnya juga mengandung asam, hingga mencoba pada pohon kedongdong pagar yang kebetulan di Aceh banyak sekali  ",  Cakap SiDin Naufal dengan Ahmadernya (manisnya).  

Naufal memilih pohon  selain kadar asam pada getahnya mampu menghantarkan listrik lebih baik, saat dimasuki alat penghantar listrik pada batang pohonnya, kulit kedongdong akan menutup lagi, berbeda dengan pohon mangga yang malah membusuk.  Pohon kedondongnya  berjenis pagar karena kedondong rujak memiliki batang yang kecil sedangkan untuk menghasilkan listrik, dibutuhkan batang berdiameter 25-30 cm.   "  Saya harus mengebor pohon kedondong lalu memasangkan tembaga dan logam untuk bisa menghantarkan listrik. Untuk mengambilan asam jadi listrik, dibutuhan tembaga dan logam yang masing-masing berukuran panjang 60 cm dengan lebar 2 cm yang dimasukan pada batang pohon berdiameter 25-30 cm  ",  Ujar SiDin Naufal Laji.

Naufal Raziq, siswa kelas 3 MTs Negeri 1 Langsa, Kota Langsa, Nanggroe Ace Darusalam.   Naufal menemukan energi terbarukan atau energi yang dapat diperbarui dari pohon kedondong. Ya, jika biasanya kalian mendengar energi listrik dihasilkan dari tenaga surya, tenaga angin, arus air atau panas bumi, kini bisa diperoleh dari pohon, lo ! Penasaran kan ? Yuk ikuti kisahnya !.   Penemuan Naufal ini telah diaplikasikan untuk menerangi puluhan rumah di Desa Tampur Paloh, Langsa, Aceh.     Biaya yang dibutuhkan untuk menyalakan 2 lampu (dari listrik pohon kedondong) itu Rp 1,2 juta. Sekarang ini saya dibina oleh Pertamina, jadi semua itu Pertamina yang tanggung. Masyarakat tinggal sediakan pohon saja  ",   tutupnya.

Naufal Raziq uji cobanya pohon kedondong menghasilkan listrik

 

Senyawa  Asam dapat dirubah menjadi Listrik dong.

Naufal R meski SD menemukan Listrik dari pohon Kedondong.

 

NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                   Melayani pemasangan Iklan 

                                            Sila Dail Talian  0821 5385 8932 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...