Minggu, 20 Agustus 2023

MEGAWATI, RACHMAWATI SOEKARNOPUTRI DAN DUA CUCU SOEHARTO PERNAH MENJADI ANGGOTA PASKIBRATA

NusaNTaRa.Com

byIrkaBPiranhA,       J    u    m    a    t,    1   8     A  g  u  s  t  u  s      2   0   2   3

Paskibrata mengibarkan MERAH PUTI DI ISTANA Tahun 2016
Yang  menarik dari upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah parade Pasntu menjadi kebanggaan tersendiri  dan  kita patut bangga karena ternyata keluarga presiden   juga  pernah ada yang  menjadi anggota Paskibraka,  bahkan  Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekaukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka,   because  pengibaran Bendera Merah Putih saat upacara 17 Agustus merupakan sesi paling sakral dari seremonial ini.   Menjadi bagian dari anggota Paskibraka ternoputri  saat  acara 25 tahun Purna Paskibraka Indonesia Jakarta, Sabtu   (10/11/2018),  Megawati S dalam acara ini menerima penghargaan  “Lifetime Achievement”   atas kontribusi  dalam perkembangan paskibra Indonesia.

Penganugerahan   “Lifetime Achievement”   Bhakti Teratai Putra Indonesia  tersebut  diberikan oleh Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia kepada putri Presiden ke-1 RI Soekarno itu,   "  Penghargaan ini untuk Ibu Megawati yang sudah banyak memberikan kontribusi bagi paskibraka dalam perkembangannya selama ini  ",   Ujar sIdIN Ronal Surapradja, pembawa acara.   Mereka  yang pernah menjadi Paskibrata adalah  anak presiden pertama RI Sukarno yakni Megawati Soekarnoputri  dan Rachmawati Soekarnoputri,   serta cucu presiden kedua RI Soeharto yakni Danty Rukmana dan Wiratama Hadi Ramanto.  Berikut ini penjelasannya    : 

 

1. Megawati Soekarnoputri

Megawati mantan PASKIBRATA tahun 1964
Anak kedua dan putri pertama Bung Karno,  Megawati Soekarnoputri pernah jadi anggota Paskibraka. Megawati, sapaannya, menjadi pasukan pengibar sang saka merah putih pada 1964.  Tak hanya sebagai anggota,  kala HUT Proklamasi RI ke-19 itu,  dia bahkan menjadi pembawa baki Sangsaka Merah Putih.

Pengalamannya itu diceritakannya saat melepas purna Paskibraka pada 2021 lalu. Putri Bung Karno dengan Fatmawati ini mengaku bangga karena membawa bendera asli yang dijahit sang ibu. Pengalaman Presiden RI ke-5 ini juga tergolong unik karena dia menerima bendera pusaka itu dari sang ayah.

2. Rachmawati Soekarnoputri

Putri pertama Bung Karno dengan Fatmawati, Rachmawati Soekarnoputri juga pernah jadi anggota Paskibraka. Rachmawati menjadi anggota Paskibraka pada 1966. Dalam potret lawas yang beredar, Rachmawati juga ditugaskan menjadi pembawa baki pada HUT Proklamasi RI-21 itu. Dia dikenal sebagai pengacara dan politikus Indonesia. Rachmawati juga diketahui sebagai pendiri sekaligus Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno. Dia meninggal pada 3 Juli 2021 lalu.

3. Danty Rukmana

Danty Rukmana adalah anak pasangan Indra Rukmana dan Siti Hardianti Rukmana atau yang akrab dipanggil Tutut Soeharto.  Danty pernah menjadi anggota Paskibraka pada 17 Agustus 1990 sebagai Penerima Sangsaka Merah putih yang akan di kibarkan langsung Dari Presiden Soeharto (Neneknya).   Diceritakan, dia mengikuti seleksi anggota Paskibraka tanpa sepengetahuan pihak keluarga,   cucu Soeharto ini ditugaskan menjadi pembawa baki bendera,  dia menerima bendera yang akan dikibarkan dari sang kakek, Presiden Soeharto.

4. Wiratama Hadi Ramanto

Jejak Danty Rukmana  diikuti oleh sepupunya,  Wiratama Hadi Ramanto, putra tunggal Mamiek Soeharto dengan Pratikno Singgih. Wiratama HR  menjadi sorotan para tamu dan wartawan yang berada di Istana Negara, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengukuhkan anggota Paskibraka 2007. Wiratama HR  adalah cucu mantan Presiden Soeharto  yang terpilih dari hasil seleksi   calon Paskibraka dari  Provinsi  Banten.

 

Megawati Soekarnoputri  merupakan salah satu anggota Purna Paskibraka Indonesia,   ketua Umum PDIP itu menjadi salah satu anggota pasukan pengibar bendera angkatan 1964  serta   salah satu paskibraka angkatan tertua di Indonesia.   Megawati  Soekarnoputri  mendapatkan penghargaan ini dalam rangka 25 tahun Purna Paskibraka Indonesia Jakarta Pusat tahun 2018. Acara ini dihadiri oleh purna paskibraka dari angkatan 1960-an, hingga angkatan termuda yakni 2000-an.

Beberapa tokoh dan orang dekat Megawati turut hadir dalam acara penganugerahan ini tahun 2018,   mereka antara lain adalah Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, politikus PDIP Djarot Saiful Hidayat  dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito. Dalam acara ini Megawati Soekarnoputri   juga memberikan sambutan kepada anggota Purna Paskibraka Indonesia. Sambutan dari Megawati ini bertemakan pidato wawasan kebangsaan Indonesia.

Danty Roekmana Cucu Soeharto dari Tutut Hadianti Rukmana
Saat menjadi Pasukan PASKIBRATA tahun  1990.


Paskibrata pasukan Pengibar bendera Merah Putih di Istana.

2 anak Soekarno dan 2 Cucu Soeharta pernah jadi Paskibrata.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...