Rabu, 02 Agustus 2023

MALINAU KALTARA MENGIKUTI JAMBORE PRAMUKA SEDUNIA ke-25 TAHUN 2023 DI SAE MAN-GEUM KOREA SOLATA

NusaNTaRa.Com

byAsnISamandaK,      S   e   l   a   s   a,     2   4      J   u   l   i     2   0   2   3  

Empat peserta yang akan berangkat ke Korea Selatan untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia
 Audiensi bersama Bupati Malinau  Wempi
 
Bumi Perkemahan Sae Man-Geum, Korea Selatan  menjadi lokasi Jambore Pramuka Sedunia ke-25 Tahun 2023  dari tanggal 1 sampai 12 Agustus 2023,   acara  pembukaan  akan dilaksanakan pada 2 Agustus 2023.   Jambore ini akan diikuti sekitar 43.000 Pramuka/Pandu dari sekitar 160 negara dan teritori di seluruh dunia  dengan thema jambore kali ini adalah ”Draw Your Dream”.   Kabupaten Malinau menjadi satu-satunya wilayah di Provinsi Kalimantan Utara yang akan mewakili Indonesia dalam ajang World Scout Jamboree atau Jambore Pramuka Dunia 2023.

Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia mengirimkan sebanyak 1.585 peserta ke acara perkemahan akbar 4 tahun sekali untuk Pramuka yang berusia 14 sampai 17 tahun itu. Selain peserta yang tergabung dalam 37 pasukan tersebut, kontingen juga terdiri dari para Pimpinan Kontingen, Tim Manajemen Kontingen, Pembina Pendamping, dan Relawan Internasional (International Service Team).   Jumlah itu merupakan jumlah terbesar sepanjang keikutsertaan Indonesia dalam Jambore Pramuka Sedunia dari Kabupaten Malinau turut empat peserta.   Mayjen TNI Marinir (Purn)  Yuniar Ludfi  sebagai  pemimpin  Kontingen Gerakan Pramuka, dengan dua wakil Ketua, yaitu Drs. Ahmad Rusdi dan Berthold Sinaulan, SS.

DR. Muhammad Fiteriady Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Malinau, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Malinau. karena telah memberikan perhatian yang tinggi kepada dunia kepramukaan di Kabupaten Malinau. Sehingga anggota pramuka yang ada di dibawah binaan Kwarcab Prmauka Kabupaten Malinau dapat berpartsipasi aktif dalam beragai kegiatan,  baik di tingkat provinsi, nasional hingga internasional seperti di Korsel saat ini.

Menurutnya, Pemkab Malinau selalu support dan perhatian tinggi kepada Pramuka di Malinau,     Ini yang menjadikan Pramuka Malinau semakin bersemangat dan senantiasa berkontribusi untuk menjadi bagian penting pengembangan karakter generasi Malinau  ",  Ujar SiDin Fiter dengan Plabomoranya (hebatnya),  yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malinau.   Kontingen Kab Malinau yang terdiri empat orang  akan berangkat ke Korea Selatan  29 Juli 2023 terdiri Nabila Maulidya (SMA 1 Malinau),  Agniya Fildjah Qurratu Aini (SMA 1 Malinau), Gesphia Theadira (SMP 1 Malinau Kota) serta Muhammad Fiteriady selaku Pembina Unit Leader Kontingen Indonesia.

“ Jambore ”   merupakan kata yang diambil dari istilah suku bangsa Indian Amerika yang berarti  pertemuan para kepala dari berbagai suku Indian Amerika dalam suasana yang riang gembira.   Sama seperti jambore di kalangan Pramuka, yang juga berarti pertemuan para Pramuka dari berbagai suku dan negara, dalam suasana perkemahan yang riang gembira.   Jambore Pramuka Sedunia itu sendiri pertama kali diadakan di London, Inggris, pada akhir Juli sampai awal Agustus 1920  dan  berdasarkan data sejarah, keikutsertaan pertama kontingen dari Indonesia yang ketika itu masih bernama Hindia-Belanda dan berada dalam penjajahan Belanda pada Jambore Pramuka Sedunia ke-5 Tahun 1937 di Vogelenzang, Belanda.

Audiensi Peserta Jambore Pramuka Dunia dan Raimuna
Nasional bersama Bupati Malinau, Wempi W Mawa.
di ruang kerjanya, Senin (17/07/2023)

Saat itu, kontingen dari Indonesia terdiri dari yang berkebangsaan Belanda maupun para Pandu dari Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi  dan Maluku, serta para Pandu keturunan Tionghoa dan Arab.   Selanjutnya, Indonesia selalu mengikuti Jambore Pramuka Sedunia  dan   ini, peserta dari Indonesia berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, dari Aceh di ujung Barat,  Malinau Kalimantan Utara  sampai Papua di ujung Timur. Ikut pula dalam  rombongan ini  beberapa anggota Gerakan Pramuka yang berada di luar negeri.

Kontingen Gerakan Pramuka dari Indonesia akan menggelar sejumlah penampilan seni budaya, pameran dan bahkan membuka Indonesia Food House, kedai makan yang menyajikan berbagai makanan khas Indonesia. Di samping itu, kontingen Gerakan Pramuka juga akan menyelenggarakan Indonesia Day pada 8 Agustus 2023. Acara tersebut akan mengundang para pimpinan kontingen yang hadir.  Pada Indonesia Day  akan diadakan penandatanganan Sampul Hari Pertama (SHP) Prangko Seri “Jambore Pramuka Sedunia ke-25” oleh Gandi Sulistiyanto Dutabesar Indonesia untuk Republik Korea, Sekaligus menandai peringatan 50 Tahun hubungan diplomatik RI dan Rep Korsel.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul menyambut kontingen pramuka Indonesia yang beranggotakan lebih dari 1.700 orang yang akan mengikuti Jambore Dunia ke-25 di SaeManGeum, Korea Selatan,   Minggu   (30/07/2023).   "  Selamat datang adik-adik Pramuka Indonesia di Korea Selatan. Suatu kebanggaan bagi keluarga besar KBRI Seoul yang sedang merayakan Peringatan 50 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korsel untuk menyambut kalian  ",  Ujar SiDin Gandi Sulistiyanto Duta Besar Indonesia untuk Korsel di Jakarta, Minggu.

Pramuka Indonesia peserta Jambore Dunia ke-25 berkumpul di SaeManGeum
di Korea Selatan,  Minggu  (30/07/2023)

 

Jambore pertemuan riang di Amerika para kepala suku Indian.

Malinau ikut Jambore Pramuka Sedunia ke-25 di Korea Selatan.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...