Kamis, 02 September 2021

KISAH SANG LEGENDA ARDY BERNADUS WIRANATA TERKAIT NASIONALISNYA SETELAH PINDAH WNA

NusaNTaRa.Com

byFarhaMTukirmaN,     S   a   b   t   u,     2  8     A  g  u  s  t  u  s     2  0  2  1

Ardy Bernardus Wiranata merupakan legenda bulu tangkis Indonesia yang berjaya pada era 1990-an dengan  berbagai prestasi yang telah ditorehkan Ardy  B Wuranata di sektor tunggal putra.  Ardy B Wiranata menjadi juara di Indonesia Open sebanyak enam kali (1990, 1991, 1992, 1994, 1995, dan 1997), meraih Perak di Olimpiade Barcelona 1992 dan perak Kejuaraan Dunia 1989, juara All England 1991  dan  lain-lain.  Di pertandingan beregu, Ardy ikut memperkuat tim Indonesia saat juara piala Thomas di tahun  1994 dan 1996.

Sementara  diajang Indonesia Open ia telah meraih sebanyak enam gelar,  yang diraih Ardy B Wiranata hingga kini masih  menjadi rekor,  belum ada yang mampu memecahkannya, bahkan legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat  hanya mampu menyamainya.   Selain Taufik, legenda bulu tangkis Malaysia  Lee Chong Wei,  adalah orang ketiga yang mampu enam kali menjuarai Indonesia Open.

Usai memutuskan untuk gantung raket pada tahun 1998,  Ardy pindah ke Amerika Serikat. Di sana ia dikontrak menjadi kepala pelatih untuk Timnas Bulutangkis Amerika Serikat selama tiga tahun (1998-2001),  apter that, ia pindah ke Kanada dan kembali direkrut menjadi kepala pelatih Tim Nasional Kanada selama kurang lebih 10 tahun (2001-2010). Kini Ardy menjadi pelatih bulutangkis untuk sebuah klub bernama Glencoe,  Ardy yang kini menetap di Kanada pun menceritakakan bagaimana ia tetap cinta Indonesia meski sempat dituduh tidak nasionalis.

Setelah 14 tahun tinggal di Kanada, tahun 2014 akhirnya Ardy dan keluarga berganti status kewarganegaraan dari Indonesia menjadi Warga Negara Kanada  dan  keputusan besar ini diambil Ardy setelah melalui banyak pertimbangan.   Kepada Indosport,  atlet kelahiran Jakarta, 10 Februari 1970 ini pun menceritakan alasan di balik keputusan besarnya tersebut.  Berikut kisah lengkapnya.

“  Ada perasaan berat ketika saya memutuskan untuk pindah kewarnegaraan. Perlu diketahui, keputusan ini diambil karena masalah keadaan saja, karena kan saya dan keluarga sudah tinggal di sini, kalau kami bukan warga negara asli nantinya jadi susah untuk segala peraturan dan mendapat kebijakan yang ada  ”,  Ujar SiDin  Ardy B Wiranata kepada Indosport.   “ Kami juga nggak dapat health care kalau bukan warga negara. Lalu, saya kan d isini kerjanya sempat travel ke beberapa negara. Jika pakai paspor Indonesia, saya harus buat visa. Sedangkan kalau disini kan tidak usah (buat visa)  ”,  Ujar Ardy B Wiranata menambahkan Laji.

Dengan tegas, Ardy menampik keras bahwa kepindahan statusnya ini bukan karena ia tidak cinta Indonesia.  Ia menuturkan, selamanya ia adalah orang Indonesia.   “  Saya ini masih dan selalu menjadi orang Indonesia. Saya menetap disini maka dari itu saya pindah, bukan karena saya sudah nggak cinta (Indonesia). Saya juga sekarang kan cari nafkah disini  ”,   Ujar mantan peringkat 1 tunggal putra dunia ini.

Ardy B Wiranata

“  Berapa tahun saya bermain dan membela Indonesia ?  Mana mungkin saya nggak cinta ?  Dimanapun saya berada, ketika ditanya saya asli mana saya selalu jawab Indonesia.  Bahkan, Shawn (putra semata wayang Ardy) yang lahir di Amerika, ketika ditanya teman-temannya dia pasti jawab asli Indonesia   ”,   Ujar SiDin Ardy B Wiranata dengan nada yang sedikit emosional.   Ardy pun bercerita, keputusannya ini memang sempat menuai beberapa kritik dan sanksi dari beberapa pihak. Ia juga tidak dapat menampik bahwa ia sangat terpukul mendengar hal tersebut.

Dibawah ini beberapa tanggapan anggota Laman FaceBook Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, (28/08/2021),   Malik Cavalera ;  “ Pindah kewarga negaraan karena urusan perut ..bkn berarti tidak nasionalisme..masa depan lebih terjamin..kalau di indonesia banyak para mantan atlit nasional hidupnya sengsara...makanya pemerintah harus peduli kpd para mantan atlit nasional…. “  dan  Slamet Pribadi :  “ Dia pahlawan Indonesia,Dia sudah memberikan yg terbaik bagi bangsa ini,klau pun pindah warga negara lain karena keadaan dan pilihan itu wajar ² q yakin Nasionalisme nya bagi indonesia masih melekat karena sumbangsihbya bagi bangsa ini 👍👍  “.

“  Saya sempat dengar ada beberapa orang yang bilang saya tidak nasionalis, tidak patriotik, sudah tidak cinta Indonesia lagi karena mau jadi WNA.  Saya tegaskan itu tidak benar! Saya sedih sekali kalau dengar orang ngomong begitu   ”,   Ujar SiDin Ardy B Wiranata.

“  Jujur saja, sampai sekarang saya senang sekali kalau lihat atlet Indonesia ada yang menang di kejuaraan Internasional dan merah putih berhasil berkibar di negara orang. Saya tetap orang Indonesia walaupun pindah warga negara, sampai kapanpun  ”,   Ujar SiDin Ardy B Wiranata dengan Plabomoranya (hebatnya).  Dr. Laman FacEBooK Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, (28/08/2021).

Ardy B Wiranata with Family

Pahlawan  juga  pindah jadi WNA,

Ardy B Wiranata  Lagend single bulutangkis Indonesia.




NusaNTaRa.Com     Advertisessment
Melayani   Pemasangan   Iklan
Sila   Dail   Talian    0812 5856 599

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...