Kamis, 06 Desember 2018

PANTAI IBOIH DAN P RUBIAH TEMPAT REKREASI LAUT DI UJUNG PULAU WE ACEH.

NusanTaRa.Com
byAsnISamandaK, 14/08/2018

Sponsered by " KOPI SOLONG ACEH "

Pantai berpasir sepanjang 400 meter dengan hantaman ombak – ombak kecil yang datang bak berbaris kepasir serta gemercik kecil suara hempasan ombak mewarnai suasana Pantai Iboih di Pulau Sabang, serta terpaan angin laut menambah indahnya suasana pantai ini kala kita berlibur disini.   Sepanjang  pantai hanya terdapat satu jalan dua jalur serta area parkir yang dipenuhi kendaraan pengunjung baik yang datang dari  Sabang,  Banda Aceh, Medan, Padang bahkan ada yang dari Pulau Jawa untuk berlibur. 

Pantai Iboih berada pada area yang cukup sempit dengan panjang sekitar 950 meter serta lebar 100 meter dikaki bukit batu yang terjal di pinggir laut,  disini anda dapat berenang disepanjang pantai bersama keluarga dan naik perahu, snorkeling  atau menyelam disela-sela karang semua peralatan dapat disewa yang tersedia disepanjang pantai.  Untuk menginap juga tersedia banyak penginapan, kotege, rumah sewa penduduk serta banyak tersedia rumah makan dengan berbagai selera yang tersedia tiap saat.

Rasanya kurang lengkap mengunjungi Pantai Iboih yang kaya rekreasi laut, bila tidak mengunjungi Pulau rubiah yang berada di depan pantai berjarak 500 meter dapat ditempuh dengan perahu wisata selama 15 menit sembari menyaksikan karang yang indah disepanjang perjalanan.  Anda cukup menuju Sebuah jembatan beton yang bertuliskan “ Jeupin Layeu “ di sana menanti berbagai perahu yang akan mengantar para pengunjung sesuai kebutuhannya. 

Di pulau kecil ini terdapat rumah sewa serta  restouran  dengan harga kuliner memuaskan, kebanyakan yang datang kesini untuk tujuan menyelam di karang sebelah luar serta menikmati sensasi slope laut dalam sembari ditemani pemndu salam yang juga tersedia disana,  bermain ski air dan peminat mincing maniak akan fishing semalaman di sini. 


Kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan di Rubiah yaitu menyelam dan snorkeling, karena pantai ini memiliki gelombang laut yang tenang,  para wisatawan dapat menikmati keanekaragaman bawah laut dengan berbagai macam spesies ikan dan terumbu karang.  Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan gunung berapi yang berada di bawah permukaan laut. Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi melihat keindahan bawah laut dan tidak membawa perlengkapan snorkeling,  tidak perlu khawatir, karena terdapat persewaan peralatan snorkeling maupun menyelam.

Banyak juga touris yang datang menginap di Kotege yang dibangun berupa rumah kayu khas yang dilengkap berbagai kelengkapan, dibangun di atas laut yaitu  sepanjang pantai sebelah timur atau dibangun di lereng batu dibawah hutan yang tak jauh dari laut.   Sehingga begitu ingin rekreasi anda tinggal terjung kelaut menikmati sisi karang atau keluar berjalan dilereng bukit mengikuti setpaak dibawah rimbuunya hutan-hutan tipis.

Pengunjung yang datang kemari biasanya sebelumnya akan mengunjungi Tugu Kilometer 0 yang berada di sebelah barat pulau We, pulangnya akan  membelok kekiri menuruni  gunung , yang di  kiri kanan dipenuhi kotege dengan para turis yang menginap.   Memasuki Pantai iboih kita akan menemukan berbagai pasilitas kemudahan perjalanan seperti Hotel, Mesjid, Pelayanan Bank BNI 46, Warung, lapangan Tenis  dan tempat souvenir shop.



                                                       Indah karang berhiaskan Anemonnya,
                                Keindahan Pantai Iboih dengan pulau Rubiahnya.

1 komentar:

TERUNG TAKOKAK PERDU YANG NYAMAN DI LALAP, BERKHASIAT DALAM MENYEMBUHKAN ASAM URAT DAN PENYAKIT LAINNYA.

NusaNTaRa.Com      byAsnISamandaK,            S    e    l    a    s    a,       0    7        M     e     i       2    0    2    4 Perdu...