Sabtu, 22 Desember 2018

TSUNAMI DI PANTAI ANYER DAN CARITA BANTEN BERUPA GELOMBANG PASANG GANAL

NusanTaRa.Com
byBambanGBiunG, 23/12/2018



Ribuan warga pesisir Pantai Pandeglang, Banten, mengungsi akibat diterjang gelombang pasang dan tsunami setinggi lima meter hingga dapat merobohkan rumah,  mereka berlarian menghindari bahaya menuju ke masjid, sekolah, pekantoran, terminal dan gedung tsunami yang dianggap tidak terjangkau Gelombang tsunami tersebut.     Peristiwa gelombang pasang terjadi pukul 21.15 WIB Sabtu, 22/12/2018 Gelombang besar datang menyeret dan rumah dan kendaraan dipesisir. 

Akibat kejadian tersebut berkembang berita tentang terjadinya Tsunami di wilayah pesisir Carita dan Anyer Banten yang membuat warga disekitar wilayah pantai tersebut panik berlarian menuju ketempat yang lebh tinggi.    Warga di sekitar Pantai Carita dan Anyer berbondong-bondong menuju ke daerah Kecamatan Mancak Banten yang rada lebih tinggi sambil membawa barang-barang dan kendaraan mereka.

Menanggapi keadaan tersebut, Kepala Staf Geofisika Kelas I Tangerang Teguh Rahayu mengatakan, bahwa isu tsunami di pesisir pantai Anyer, Pantai Carita hingga Ujung Kulon, Banten hanyalah hoaks semata wayang.    Pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tidak ada tanda-tanda gempa dan tsunami  di Pantai Carita, Anyer dan sekitarnya hanya dilanda gelombang pasang,  Gelombang terjadi sekitar pukul 21.15 WIB.

"  Menurut info yang terjadi hanya gelombang pasang  di Anyer dan sekitarnya. Himbauan kami agar masyarakat tetap tenang dan waspada. Jangan terprovokasi dengan kabar-kabar yang tidak jelas  ", Ujar SiDin Teguh melalui siaran pers, Sabtu (22/12).   Petugas BPBD Kota Serang Ikpan menerangkan, gelombang pasang terjadi karena fenomena bulan purnama sementara tsunami biasanya akan didahului oleh gempa dan kawasan pantai Anyer dan Carita tidak terjadi Gempa.      Gelombang pasang karena fenomena bulan purnama  “, Ujar SiDin Ikfan petugas BPBD Kota Serang.

Meski demikian sebelum terjadi Gelombang Pasang tsunami telah terjadi sebuah letusan anak gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda selain itu dimungkinkan adanya aktipitas anak gunung krakatau di dasar laut sunda yang dapat memicu akan hal Tsunami.   Gerakan gunung berapi tersebut bertepatan dengan Gelombang Pasang besar saat purnama dapat membuat   satu Arus dan Gelombang besar yang disebut Tsunami.

"  Kita bersama keluarga mengungsi ke masjid jami Al Mukmin  ", Ujar SiDin Yudi, warga Lantera Desa Cigodang Kecamatan Labuan, Pandeglang pada NusanTaRa.Com,  Minggu (23/12).  Ia mengaku dirinya saat ini bingung setelah rumahnya roboh akibat diterjang gelombang pasang tsunami, Namun, beruntung anggota keluarganya selamat setelah berlarian ke perbukitan yang jaraknya mencapai dua kilometer.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, korban dampak dari tsunami yang terjadi di Banten masih terus bertambah. Tsunami terjadi pada Sabtu (22/12), sekitar pukul 21.27 WIB.   "  Dampak dari tsunami yang menerjang pantai di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang terus bertambah  ", Ujar SiDin Sutopo melalui keterangan tertulis, Minggu (23/12).

Menurut catatan data sementara BNPB hingga pukul 04.30 WIB, sebanyak 24 orang meninggal dunia, 175 orang luka-luka, 3 orang hilang, 11 unit hotel rusak dan puluhan bangunan rusak, semua ini terdapat di tiga wilayah yaitu Kabupaten Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang.    "  Data korban kemungkinan masih akan terus bertambah mengingat belum semua daerah terdampak di data," Ujar SiDin Sutopo Jar.

Info terakhir  diterima  NusanTaRa.Com  dari  Ifan Vokalis  band Seventeen,  bahwa bassist Seventeen,  Bani,  meninggal dunia  dalam peristiwa tsunami yang  terjadi di Anyer.  Hal ini terlihat dari  unggahan yang ia posting  di akun Instagram  pribadinya melalui sebuah video.  Dalam caption tersebut iapun menginformasikan bahwa saat itu mereka  bersama krue  sedang  libur  di pantai Anyer   setelah  tampil di  Tanjung Lesung Banten,  hingga saat ini Andi,  Herman dan Ujang belum ditemukan.
 


Antara Anyer dan Jakarta, Shaila Majid bersenandung,

Pantai Anyer dan Carita kini  musibah gelombang Pasang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERUNG TAKOKAK PERDU YANG NYAMAN DI LALAP, BERKHASIAT DALAM MENYEMBUHKAN ASAM URAT DAN PENYAKIT LAINNYA.

NusaNTaRa.Com      byAsnISamandaK,            S    e    l    a    s    a,       0    7        M     e     i       2    0    2    4 Perdu...