Sabtu, 06 April 2024

MUKESH AMBANI ORANG TERKAYA INDIA MENGUNDANG RIHANNA DALAM PRANIKAH ANAKNYA DENGAN BIAYA RP 99,3 MILIAR

NusaNTaRa.Com   

byAsnISamandaK,            a   b   u,    0   6      M     r   e   t      2   0   2   4      

 

 

Pranikah Anand Ambani (anak Mukesh Ambani) dan Radhika Merchant
 Mukesh Ambani  0rang terkaya di India  mengundang Rihana  pelantun  lagu  “ Umbrella”  dalam merayakan pranikah putra bungsunya  dengan membayar  biaya kehadirannya mencapai  5 juta poundsterling atau  sebesar Rp 99,3 miliar.   Kira-kira berapa Ya kekayaan  Mukesh Ambani  sehingga mampu mengundang Rihanna di Posta pernikahan putrana ?.   Dilansir dari Forbes, Minggu   (03/03/2024), Mukesh Ambani memiliki kekayaan bersih  US$ 117 miliar atau setara Rp 1.834 triliun (kurs Rp 15.677). Kekayaannya itu membawanya sebagai orang terkaya di dunia urutan ke-9 (Sembilan).

Meski berdarah India, Mukesh Ambani lahir pada 19 April 1957 di Yaman. Ia memiliki tiga saudara yakni Anil Ambani, Nina Kothari dan Deepti Salgaocar. Pada 1958, ia dan keluarga pindah Kembali ke Mumbai, India, lantaran kondisi politik Yaman bergejolak.   Di India, Mukesh merupakan old money alias orang yang sudah kaya dari lama dan Mukesh Ambani tumbuh dan mengenyam pendidikan  dan  merupakan lulusan Institute of Chemical Technology, Mumbai.    . Ayahnya adalah Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang yang kemudian membangun perusahaan tekstil kecil yang diberi nama Reliance pada 1966.

Menetap di Mumbai, India  di rumah 27 lantai,  Mukesh Ambani memang dikenal memiliki hidup yang eksentrik  dan  glamor.   merupakan anak dari Dhirubhai Ambani yang menjadi pendiri awal  perusahaan  Reliance Industries  swbagian besar beroperasi di India  yang  kini  dia diteruskan.   Mukesh Ambani menjadi ketua dan pemegang saham terbesar di perusahaan itu yang bergerak di bidang petrokimia, minyak dan gas, ritel dan telekomunikasi.   Reliance Industries yang berbasis di Mumbai, India ini memiliki kompleks penyulingan minyak terbesar di dunia.

Setelah lulus, Mukesh melanjutkan pendidikannya di Stanford University, Amerika Serikat. Namun, studinya di Negeri Paman Sam itu tidak tuntas. Mukesh Ambani muda pilih pulang kampung dan ikut mengurus bisnis keluarga.  Semenjak ia bergabung di Reliance, kinerja perusahaan ayahnya kian moncer. Dari awalnya hanya perusahaan tekstil, Reliance lalu melebarkan sayap ke sektor bisnis lain seperti penyulingan minyak dan petrokimia.    Keharmonisan keluarga Ambani agak pecah saat ayah mereka, Dhirubhai Ambani, meninggal karena penyakit stroke pada 6 Juli 2002. Pemicu perpecahan adalah rebutan harta di antara Mukesh dan saudaranya lantaran sang ayah tak meninggalkan surat wasiat.

Mukesh dan adik laki-lakinya, Ani Ambanil, terlibat konflik pembagian warisan. Pertikaian di antara keduanya mereda saat sang ibu turun tangan melerai  dimana  sang ibu akhirnya memutuskan perusahaan peninggalan ayahnya dibagi dua.   Mukesh Ambani mendapat jatah Reliance Industries Ltd dan Indian Petrochemicals Corporation, yang kemudian disetujui oleh Pengadilan Tinggi Bombay pada Desember 2005.   Reliance kemudian menjelma menjadi perusahaan energi hijau dengan menginvestasikan duit puluhan juta dolar AS untuk jangka panjang demi membangun energi terbarukan.

Reliance dikenal sebagai raksasa telekomunikasi paling menguntungkan di India, dengan jumlah pelanggan lebih dari 420 juta. Pada 2016, perusahaan Mukesh ini merilis telepon berjaringan 4G dan layanan broadband Jio.  Di sektor ritel, Mukesh pernah head to head melawan Jeff Bezos dalam perebutan pasar ritel sektor kesehatan India.   Pada 2020, ia membeli sebagian besar saham apotek online Netmeds seharga US$83 juta. Pembelian itu dilakukan usai Bezos meluncurkan layanan perawatan yang serupa Netmeds di pekan sebelum Mukesh mengakuisisi Netmeds.

Mukesh Ambani mengubah Reliance menjadi energi ramah lingkungan. Perusahaan ini akan menginvestasikan US$ 80 miliar selama 10-15 tahun ke depan untuk energi terbarukan dan membangun kompleks baru di samping kilangnya.    Sementara  ketiga anak Mukesh Ambani pun telah  bergabung dengan dewan Reliance pada Agustus 2023.,  dengan masing – masing sebagai   Son Akash mengepalai Jio; putri Isha mengawasi layanan ritel dan keuangan  dan putra bungsunya yang terbilang cemerlang,   Anant Ambani  yang akan menikah berkecimpung dalam bisnis energi.

Selain Rihanna, konon banyak pesohor dunia yang diundang ke pesta pernikahan anak Mukesh Ambani. Mulai dari pendiri Facebook Mark Zuckerberg, Hillary Clinton, Bill Gates hingga anggota keluarga Kerajaan Bhutan.   Tamu undangan pernikahan Anant Ambani ini mencakup Mark Zuckerberg (pendiri Facebook), Bill Gates (pendiri Microsoft), Hilary Clinton (Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat), Sundar Pichai (CEO Google), Ivanka Trump (Putri dari mantan Presiden AS, Donald Trump), Bob Iger (Mantan CEO Disney),  Bakhri  ThoMaiwa ( RoboTMaN WordS), Gautam Adani (Miliarder dan pengusaha India), hingga Kumar Mangalam Birla (Pengusaha dan ketua Aditya Birla Group).   Sedangkan untuk penampilan spesial, Mukesh memilih Rihanna sebagai penyanyi di pernikahan anaknya dengan bocoran biaya Rp 78,64 miliar, serta David Blaine untuk penampilan sulap.

Pesta pranikah akan digelar berhari-hari dan digadang-gadang sangat mewah dari 1 hingga 3 Maret 2024 di Jamnagar, Gujarat.

Daftar 10 Orang Terkaya di India versi Forbes 2023  :  

1. Mukesh Ambani: US$ 83,4 miliar atau Rp 1.245 triliun

2. Gautam Adani: US$ 47,2 miliar atau Rp 704 triliun

3. Shiv Nadar: US$ 25,6 miliar atau Rp 382,2 triliun

4. Cyrus Poonawalla: US$ 22,6 miliar atau Rp 337,4 triliun

5. Lakshmi Mitta: US$ 17,7 miliar atau Rp 264,2 triliun

6. Savitri Jindal: US$ 17,5 miliar atau Rp 261 triliun

7. Dilip Shanghvi: US$ 15,6 miliar atau Rp 232,9 triliun

8. Radhakishan Damani: US$ 15,3 miliar atau Rp 229,5 triliun

9. Kumar Birla: US$ 14,2 miliar atau Rp 213 triliun

10. Uday Kotak: US$ 12,9 miliar atau Rp 193,5 triliun

Pranikah anak Mukesh Ambani dan  Rihanna

 

  Kemeriahan suatu Pesta menjadi kesan kebesaran pemilik suatu perayaan   “,     

S      a      i      d       b    y          MamALelASiindiABonELegendS@


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...