Jumat, 19 April 2024

MELAMPAU KEKAYAAN BOS TIK TOK, PRAJOGO PANGESTU JADI ORANG TERKAYA KE-26 DI DUNIA

NusaNTaRa.Com

byPakeLEE      K   a   m   i   s,   1   8      A   p   r   i   l     2   0   2   4

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Founder PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) Prajogo Pangestu (kedua kanan), Komisaris CAP Agus Salim Pangestu (kedua kanan) dan Preskom CAP Djoko Suyanto (kanan) mendengar penjelasan dari Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra (kiri) usai meresmikan pabrik baru polyethylene (PE) CAP di Cilegon, Jumat (6/12/2019). Dengan penambahan pabrik baru berkapasitas 400 ribu ton per tahun itu total kapasitas produksi Polyethylene CAP keseluruhan mencapai 736 ribu ton per tahun dari sebelumnya hanya 336 ribu ton per tahun yang diharapkan menjadi substitusi impor sehingga mampu menghemat devisa negara mencapai Rp8 triliun dan menyerap 3.000 tenaga kerja selama masa pembangunannya. 
Prajogo Pangestu   orang terkaya di Indonesia,  masuk  dalam daftar wong terjaya di dunia dengan  menempati peringkat ke-26,  Prajogo Pangestu tercatat memiliki kekayaan mencapai   48,2  milliar dollar AS atau  setoro dengan Rp776,87 trilliun berdasarkan  data Real Time Billionaires Forbes.     Keadaan ini juga membuat Pemilik Barito Pacific ini menggeser Low Tuck Kwong dan dua bersaudara Robert Budi Hartono  dan  Michael Bambang Hartono  untuk menjadi orang terkaya di Indonesia sejak November 2023. 

Disamping itu,  kekayaan yang dimiliki Prajogo Pangestu telah melampaui kekayaan sejumlah miliarder dunia, seperti CEO TikTok Zhang Yiming yang memiliki kekayaan 43,4 miliar dolar AS atau setara Rp699,51 triliun, CEO Fast Retailing Tadashi Yanai dengan kekayaan 40,1 miliar dolar AS atau setara Rp646,32 triliun, Pendiri Nike Phil Knight dengan kekayaan 38,7 miliar dolar AS atau setara Rp623,75 triliun.    

Kemudian, pewaris bisnis Red Bull Mark Mateschitz dengan kekayaan 38,5 miliar dolar AS atau setara Rp620,53 triliun  dan mantan istri Jeff Bezos dengan kekayaan 34,7 miliar dolar AS atau setara Rp559,28 triliun.  Pria dengan nama asli Phang Djoem Phen ini lahir pada 13 Mei 1944. Prajogo lahir dari keluarga keturunan Tionghoa, di mana orang tuanya bernama Phang Siu On bekerja sebagai pedagang karet. 

Karena perekonomian keluarga yang terbatas, Prajogo hanya mengenyam pendidikan sampai tingkat SMP sehingga sejak romaja   membuat Prajogo telah bekerja serabutan  dan  kala itupun ia pernah menjadi sopir angkutan umum jurusan Singkawang-Pontianak.  Pekerjaannya tersebut mengantarkannya bertemu dengan pengusaha kayu dari Malaysia, Bong Sung On atau Burhan Uray, yang membuatnya mengenal bisnis perkayuan. Kemudian, Prajogo bergabung menjadi karyawan di perusahaan milik Burhan, PT Djajanti Grup pada 1969.  Baca Juga Sosok Tadashi Yanai, Orang Terkaya di Jepang yang Gurita Bisnisnya sampai Cirebon 

Prajogo Pangestu pengusaha yang gigih 

Prajogo kemudian mendapatkan kepercayaan menjadi General Manager (GM) Pabrik Plywood Nusantara di Gresik setelah tujuh tahun bekerja  dan  setahun menjabat GM, dia memutuskan keluar dari perusahaan dan membangun bisnis perkayuan sendiri dengan meminjam modal dari bank.  Kemudian pada 1970 Prajogo membeli sebuah perusahaan yang sedang krisis finansial, yakni CV Pacific Lumber Coy. Perusahaan ini merupakan cikal bakal Barito Pacific Timber. Baca Juga Lee Chae-yoon Masuk Deretan Orang Terkaya di Korea Selatan Berkat AI Prajogo mampu menyulap 

Barito Pacific Timber maju pesat dan menjadi perusahaan kayu terbesar di Indonesia. Pada 1993, Barito Pacific Timber menjadi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).  Pada 2007, Barito Pacific Timber berganti nama menjadi Barito Pacific. Perusahaan juga melakukan ekspansi dengan mendirikan PT Chandra Asri Petrochemical Center dan PT Tri Polyta Indonesia Tbk yang menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.   Tak berhenti sampai disitu, pada Maret 2022 Barito pacific mengambil alih produsen energi panas Star Energy, dengan mengakuisisi 33 persen saham dari BCPG Thailand seharga 440 juta dolar AS. 

sangat banyak manusia yang ingin dadi orang kaya yang serba ada dan menjadi kaya meski hanya seberapa yang bisa sukses mencapai akan hal tersebut karena usaha keras dan keberuntungan.   Peningkatan tersebut sebagai yang di raih Prajogo Pangestu mencapai posisi pertama di Indonesia khususnya bidang energi dipicu oleh serangkaian kenaikan harga saham, terutama di sektor energi dan pertambangan.  Ditambah, sentimen dampak perang Iran-Israel juga memperkuat dolar dan harga komoditas energi.

Kenaikan kekayaan Prajogo Pangestu yang cepat didukung dari kenaikan kinerja saham-sahamnya yang kompak mengalami kenaikan saat pembukaan perdagangan kemarin. Misalnya, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) sudah mengalami kenaikan 4,15% selama sehari atau berada di posisi Rp5.650 per saham.   Sementara saham Prajogo lainnya, PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) terparkir di level Rp7.225 dengan kenaikan 1,76%, lalu PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yang mencapai naik 05% ke harga Rp1.010. Adapun PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) mencapai kenaikan tinggi sebesar 7,94%% ke harga Rp7.475.

Prajogo Pangestu Wong terkaya di dunia ke-26


Prajogo Pangestu dadi wong terkaya di  dunia ke - 26.

Kerja keras dari masa kecil membuatnya sukses dalam usaha.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANDI RENDI RUSTANDI ANAK BURUH DAN PENJUAL GORENGAN SERING TERUSIR BEKERJA DI LEMBAGA RISET BESAR JEPANG

NusaNTaRa.Com byAsnISamandaK,             S    a    b    t    u,      3     0        M     a     r     e     t        2     0     2     4   ...