Kamis, 04 April 2024

JOKOWI MERESMIKAN DERMAGA WANI DAN PANTOLOAN DI SULAWESI TENGAH MENDUKUNG RUTE PALU-IKN, PNS AKAN PINDAH KE IKN BULAN JUNI

NusaNTaRa.Com  

byJoneDPringgoNDandI,        R   a   b   u,   2  7     M   a   r   e   t     2   0   2   4

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kanan), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kedua kiri), ADB Contry Director for Indonesia Jiro Tominaga (kiri), dan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kanan) menarik tuas kapal menandai diresmikannya dua pelabuhan di Pelabuhan Wani, Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu 27 Maret 2024. Presiden Jokowi meresmikan dua pelabuhan di kawasan Teluk Palu yaitu Pelabuhan Pantoloan di Palu dan Pelabuhan Wani di Donggala, setelah direhabilitasi dan direkonstruksi diharapkan dapat mengembalikan fungsi pelabuhan yang terdampak bencana alam itu dengan meningkatkan kapasitas layanan pelabuhan, peningkatan ekonomi dan sebagai penyangga kawasan IKN.


Palu, Pada  hari rabu  27 maret  2024,  Presiden Joko Widodo atau  hari ini menyetujui pengadaan kapal roro untuk Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menuju ke Provinsi Kalimantan Timur untuk mendukung proses pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).    Hal ini dilakukan saat Kepala Negara meresmikan proyek  rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur Pelabuhan Wani di Kabupaten Donggala  dan Pelabuhan Pantoloan  di Palu,  Sulteng. Presiden mengaku senang bahwa proses rehabilitasi dan rekonstruksi pelabuhan telah selesai.

"   Saya senang bahwa pelabuhan ini telah selesai, dan tadi Menteri Perhubungan menyampaikan perlunya kapal roro dari Provinsi Sulteng menuju ke Kalimantan Timur, utamanya untuk mendukung proses pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN).  Saya setuju dengan itu  ",   Ujar SiDin Jokowi dengan Plabomoranya (Hebatnya)  Rabu, 27 Maret 2024.   Ia pun menyetujui permintaan tersebut karena banyak bahan bangunan, utamanya seperti batu-batuan, dan pasir yang berasal dari Sulawesi Tengah    "  Mungkin semuanya dari sini. Nilainya itu bukan hanya miliaran tapi sudah triliun  ".

Tak hanya itu, Jokowi mengatakan bahwa perlu untuk terus meningkatkan fasilitas pelabuhan  untuk melancarkan transporatasi dan komunikasi antar daerah  dan  sebagai negara maritim dengan pelabuhan sebagai transportasi utama maka tentunya  tidak boleh kalah dengan pelabuhan negara-negara lain.   Oleh sebab itu, standar layanan, standar manajemen, dan standar teknologi harus dilengkapi dengan layanan logistik yang terintegrasi serta terkoneksi dengan moda angkutan lainnya semakin diperkuat agar pelayanan semakin cepat dan efisien.

Presiden Jokowi sebelumnya meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi pelabuhan di Sulawesi tongah,  yakni Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan.   Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menyebutkan pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Sulteng menggunakan kesempatan ini berdiskusi agar hubungan IKN dengan daerah  untuk semakin ditingkatkan dengan diresmikannya kedua pelabuhan di Kawasan Teluk Palu.    "  Mohon Pak Presiden untuk menyetujui kami mengadakan kapal roro agar produk-produk yang ada di sini lebih produktif. Katakanlah dari kebun, kemudian naik truk dan kapal roro, serta langsung ke Pelabuhan IKN dan selanjutnya ke pasar, Pak  ",  Ujar Cakap SiDin Budi Karya.

terlebih  menurut  Budi Karya,  perkembangan  agrikultur di Provinsi Sulteng juga menjadi penting karena sangat baik bagi perkembangan ekonomi masyarakat,  apalagi dengan provinsi itu berhadapan langsung  dengan  IKN secara geografis.   Rehabilitasi Pelabuhan Wani meliputi pembangunan dermaga sepanjang 150 meter, trestle sepanjang 28 meter, gedung kantor wilker, garasi kapal negara  dan masjid.  Pelabuhan Wani memiliki kapasitas layanan eksisting kargo sebesar 82.000 ton per tahun dan mampu melayani kapal terbesar 6.000 DWT.

Sedangkan rekonstruksi Pelabuhan Pantoloan meliputi rehabilitasi trestle sepanjang 93 meter, dermaga sepanjang 169 meter, perpanjangan struktur atas dermaga  dan gedung kantor KSOP seluas 1.500 meter persegi.    Hal tersebut dilakukan sesuai amanat  Presiden melalui Inpres Nomor 10 Tahun 2018 tentang Percepatan Rehabilitasi  dan  Rekonstruksi  Pascabencana Gempa Bumi  dan Tsunami di Provinsi Sulteng dan wilayah terdampak lainnya.

Sebelumnya diketahui  bahwa  Presiden Joko Widodo pun mengungkapkan terkait kesiapan IKN,  beliU  telah memastikan bahwa pemindahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan aparatur sipil negara (ASN) lain ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan berjalan sesuai rencana, yakni mulai Juni 2024.  Kepala negara memastikan pembangunan hunian buat para PNS/ASN di kawasan IKN  akan  berjalan sesuai jadwal untuk menampung pindahan para pegawai yang akan bertugas di sana nantinya.

“  Pergeseran ASN dan Hankam ke sini (IKN) itu sudah bisa dimulai bulan Juni   ”,  Ujar SiDin  Jokowi ketika melakukan seremoni penyelesaian akhir atau topping off hunian ASN dan Hankam (Pertahanan Keamanan) di IKN, Jumat, 1 Maret 2024.   Jokowi juga mengungkapkan sekitar 12 tower hunian bagi PNS/ASN dijadwalkan akan selesai pada Juli mendatang. Lalu, 21 tower tambahan tersedia pada September, dan 14 tower lainnya pada November 2024. Dengan begitu, direncanakan total ada 47 tower hunian yang akan selesai di akhir November tahun ini.

Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil saat pulang kerja,
Jakarta, Selasa, 27 Februari 2024. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reforms Birokrasi (PANRB) Abdullah Anwar Anas memastikan kepindahan ASN
 termasuk PNS, TNI, Polri ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebanyqak 6000 orang
dan akan dimulai pada Juli 2024.
 

 

IKN mantap rute kapal Palu-IKN diresmikan.

Mulai Juni  akan menyusul kepindahan  PNS IKN.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...