Minggu, 14 April 2024

MENGENAL IKAN IKAN TERCEPAT DI DUNIA IKAN MARLIN DENGAN KECEPATAN 130 km/jam.

NusaNTaRa,Com

byLaDollaHBantA,       K  a  m  i  s,    1   1     A   p   r   i   l     2  0  2  4

Ikan Marlin (billfish) ikan tercepat di dunia 130 km/jam

Indonesia disebut sebagai negeri Bahari memang tidak diragukan lagi karena  pulau-pulaunya dikitari  laut dan  Samudra luas dan  jika Presiden Jokowi  mengajukan pertanyaan nama-nama ikan, kalian akan menjawab apa ?.   Mungkin anda bisa menjawab dengan ikan satu ini yang memiliki kecepatan renang  yang hebat dan mudah dikonal,  Ikan Marlin  (billfish), ikan yang hidup di lautan lepas ini memiliki keunikan morfologis dan tingkah laku yang menarik  serta banyak ditemukan di perairan dalam Indonesia.

Umumnya, ikan yang memiliki bentuk lebih ramping dengan moncong runcing dan ekor pendorong yang lebar mampu bergerak di air dengan cepat. Dua faktor lain yang mempengaruhi kecepatan ikan di dalam air adalah sifat permukaan atau kulitnya, dan sifat aliran air di atas permukaan itu.   Seperti diketahui, air kira-kira 800 kali lebih padat daripada udara dan memiliki viskositas yang jauh lebih tinggi. Oleh karena itu, ikan dengan tubuh berbentuk torpedo, seperti billfish (marlin) dan tuna, terbukti menjadi perenang yang lebih baik.

Menurut  beberapa ilmuwan  dalam program BBC Ultimate Killers, ikan tercepat di lautan adalah Black Marlin [marlin hitam].  Moncong ikan ini mirip dengan ikan layaran  yang panjang  dan mirip tombak.   Namun  marlin hitam  mampu melesat di lautan dengan kecepatan hingga 132 km/jam,  bayangkan, kecepatan mobil di tol biasanya antara 100 – 120 km/jam.  Sailfish atau ikan layaran tercepat kedua dengan kocopatan 110 km/jam,  merupakan ikan bertubuh ramping dengan sirip yang besar dan memiliki moncong panjang serta runcing. Ikan ini hidup di perairan hangat. Mereka tersebar di seluruh bagian Samudra Pasifik dan Atlantik.

Ikan  Marlin, bagian dari keluarga billfish, tidak hanya termasuk yang tercepat, tetapi juga terbesar di dunia. Marlin biru betina, yang secara signifikan lebih besar dari jantan, dapat mencapai panjang 4,3 meter dan berat lebih dari 900 kg.   Ikan marlin dalam berenang dengan kecepatan maksimum 80 km per jamdan banyak ditemukan di daerah tropis dan sedang di Samudera Indo-Pasifik. Daging Marlin sebagian besar muncul di restoran gourmet mewah sebagai makanan lezat.

Ikan Layaran (Sailfish) kecepatan renang 110 km/jam 

Mereka ditemukan dekat permukaan air.  Tanda-tandanya, memiliki sisi punggung biru gelap, sisi bawah perak, dengan sirip punggung pertama berwarna biru gelap dan yang lainnya berwarna coklat dengan sesekali bintik biru.   Ikan ini adalah favorit para pemancing di laut  selain  karena ukurannya,  ikan ini sering dijadikan buruan saat ajang kompetisi memancing di laut. Marlin hitam dapat di temukan di hampir semua perairan tropis dan subtropis.

Keduanya sama sama memakan ikan-ikan yang berenang dekat permukaan laut, seperti cumi-cumi, makarel, tuna kecil, dan ikan terbang.    Selain siripnya berbeda, ikan marlin hitam tak seperti ikan layaran yang berkelompok  melainkan  Marlin hitam adalah penyendiri.  Selain itu, jika ikan layaran dapat ditemukan tak jauh dari pantai dan menghabiskan waktunya dekat permukaan air, ikan marlin hitam hidup di kawasan yang agak jauh dari daratan  serta berada di  perairan yang sedikit lebih dalam.

Selain Ikan Marlin (billfish) sebagai ikan tercepat, ada beberapa ikan lain yang juga tercepat seperti Ikan layaran (sailfish) panjang hingga 3 meter,  berat 90 kg, kecepatan maksimal 110 km per jam  dan  banyak di Samudera Hindia dan Pasifik. Wahoo adalah ikan scombrid panjang hingga 2,5 meter,  beratnya mencapai 83 kg  dan berenang dengan kecepatan maksimal 78 km per jam.   Makanannya  ikan pelagis serta cumi-cumi.

Tunny (ikan tongkol)  termasuk ikan buruan, berenang dengan kecepatan 74 km per jam,   memiliki tubuh kokoh yang dibangun untuk berenang yang kuat dan dapat hidup hingga usia 10 tahun. Ikan ini memakan ikan dan cumi-cumi lain.  Sirip biru adalah salah satu spesies ikan tuna terbesar,  berenang dengan kecepatan maksimum 70 km per jam.  Tuna sirip biru muda membentuk gerombolan besar yang dapat dengan mudah diamati pada malam hari. Selain nilai komersialnya sebagai makanan, tuna sirip biru juga merupakan ikan buruan yang populer.

Ikan Marlin banyak diperairan Indonesia


Bodi memanjang, otot kuat Kulit licin ikan berenang cepat

Ikan Marlin 130 km/jam, didunia jadi ikan tercepat.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HALIS MUHAMMAD NUR KERJA KERAS SUKSES SULAP PANTAI MASIRETE JADI TEMPAT USAHA WISATA

NusaNTaRa.Com     byLaCappotttA.         S   a   b   t   u,    2   7      A    p    r    i    l      2   0   2   4      Pantai Masirete yang...