Senin, 22 April 2024

KEUNIKAN PEMBUATAN CELANA UNIK TABIB SUKU MENTAWAI ATAU KABIT SIKEREI

NusaNTaRa.Com   

byIrkaBPiranhA,       S  e  l  a  s  a,   1   6      A   p   r   i   l      2   0   2   4

 

Anthony Kiedis vokalis Red Hot Chili Peppers berlibur di Kepulauan Mentawai dan Anthony Kiedis Foto Diapit dukun  sposial Suku Mentawai Sikerei, Bukan Warlok Sembarangan

Mendadat suku Mentawai mendadi Viral  ketika  foto unggahan di akun Instagram grup band Red Hot Chili Peppers (RHCP)  yang  menampakan  vokalis band Red Hot Chili Peppers, Anthony Kiedis, duduk diapit dua orang sikerei atau tabib dari suku Mentawai, yang bertelanjang dada dan hanya mengenakan kabit menarik perhatian netizen.    " 3 Shamans tobacco ceremony ", demikian takarir singkat pada unggahan di akun RHCP @chilipeppers tersebut. Kiedis tampak sedang duduk santai dan turut bertelanjang dada. Ia sedang mengisi waktu untuk berlibur di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar).

Anthony Kiedis adalah penyanyi, penulis lagu, dan aktor asal Amerika Serikat  lahir di Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat pada 01 November 1962 dari pasangan John Michael Kiedis dan Margaret Noble. Nama Kiedis dikenal publik setelah menjadi vokalis Red Hot Chili Peppers.   Kedua orangtua Anthony Kiedis bercerai ketika usianya tiga tahun dan dia hidup bersama sang ibu hingga usia 12 tahun,  kemudian  ia memutuskan pindah ke Hollywood untuk menetap dengan ayahnya yang juga merupakan aktor.

Kiedis dalam unggahan tertengo di temani dukun atau dukun suku Mentawai atau Sikerei (bahasane wong Mentawai),   keduanya terlihat mengenakan sejenis ikat kepala, aksesoris  dan tentu saja kabit yang khas  sudah menjadi kelaziman  bagi Laki-laki suku Mentawai tidak mengenakan busana atasan.   Kabit sikerei yang dikenakan menandai bahwa keduanya bukan suku Mentawai yang biasa-biasa saja  karena  kabit sikerei hanya boleh dikenakan oleh suku Mentawai yang menyandang status khusus sikerei, sang tabib.

Untuk mengenal lebih dekat perihal kabit sikerei dari tabib suku Mentawai tersebut,  berikut uraian 5 fakta menarik tentang kabit sikerei, yakni cawat atau celana unik tabib dari suku Mentawai tersebut.

1. Terbuat dari Pohon Tarap

Kabit sikerei terbuat dari kulit kayu pohon bernama tarap (Artocarpus) yaitu pohon yang  masih sejenis pohon buah, marga pohon nangka,   tapi berbeda dengan pohon nangka yang kita kenal dan mudah dijumpai  karena  tarap ini berupa nangka dalam ukuran kecil dengan aroma kuat.   Sebagai informasi, buah pohon tarap ini dikenal juga di berbagai kawasan lain, misalnya, marang di Mindanao, lumuk di Sabah, timadang di Sarawak, Pabukku GollaMaiwa Enrekang,  Patau Johey oak di Inggris.

2. Hanya Boleh Digunakan oleh Sikerei

Dahulunya  cawat atau celana unik ini digunakan oleh semua lelaki dari suku Mentawai,  dalam perkembangan  selanjutnya hingga kini, terjadi perubahan ketentuan di mana diberlakukan pembatasan penggunaan.   Kabit sikerei ini kemudian hanya boleh dikenakan oleh sikerei, yakni seorang laki-laki yang menyandang status tabib di suku Mentawai.   Selain menjalankan fungsi sebagai pemimpin upacara adat, sikerei juga dikenal memiliki kemampuan dalam pengobatan tradisional dan penyembuh secara lebih luas.

3. Dibatasi 100 Lembar

Pembuatan Kabid Sikirei selain pembatasan  penggunanya  hanya oleh kalangan  kabit dari suku Mentawai ini,  maka  kabit atau cawat sikerei ini tidak boleh dibuat secara serampangan.   Menurut ketentuan dari suku Mentawai, kabit sikerei ini hanya boleh dibuat atau diproduksi dalam jumlah tertentu tak boleh lebih dari batas tersebut.   Pembatasan jumlah tersebut, yakni maksimal 100 lembar.

Anthony Kiedis tampil bersama band Red Hot Chili Peppers

4. Kearifan Lokal

Pembatasan jumlah pembuatan kabit sikerei ini menurut Tim Kajian Bidang Pengkajian dan Pengumpulan Museum Nasional, merupakan sebuah kearifan lokal.   Menurut Valentina, antropolog dari Museum Nasional, kearifan lokal ini dimaksudkan untuk mempertahankan kelangsungan atau kelestarian pohon tarap,   "  Ini merupakan bagian dari kearifan orang Mentawai karena hutan dan alam merupakan bagian dari kehidupan mereka  ",  Ujar SiGaluh  Valentina dengan Boneernya (takut di dada).

5. Proses Pembuatan Kabit

Proses pembuatan kabit sikerei berlangsung cukup panjang,  bermula dengan  suku Mentawai melihat tanda-tanda alam berkaitan dengan masa terbaik untuk pengambilan kayu.   Setelah menemukan saat yang tepat, dilakukan pemilihan pohon yang baik dan penebangan pohon,  selanjutnya, dilakukan proses pemisahan kulit dari batang kayu.

Untuk proses pewarnaan kulit kayu, berlangsung cukup kompleks,  setidak pembuat membutuhkan lima bahan pewarnaan berupa tumbuhan yang ada di alam sekitarnya.   Sebagai informasi, dari sebatang pohon tarap yang diolah sedemikian rupa akan dihasilkan sekitar 10 lembar kabit sikerei.

Dalam unggahannya bersama dua orang Sikerei tersebut, Anthony Kiedis  yang tampak enjoy dengan tembakaunya. Tak lupa, ia juga menambahkan caption pada fotonya  “3 Shamans tobacco ceremony (seremoni tembakau 3 cenayang).  Namun, tak hanya pelantun “Scar Tissue” ini saja, model papan atas,  Stella Maxwell juga terlihat tengah berlibur ke Mentawai.  Senada dengan Anthony Kiedis, model Victoria Secret tersebut mengunggah potret dirinya yang tengah merokok dengan background pantai.

Sikerei Dukun Suku Mentawai berphose mengenakan Kabit culana khas 

 

 

Keunikan Suku Mentawai dengan Kabit Sikerei.

Karenanya Anthony Kiedis berpose khusus di Mentawai.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEDDY SUJADI DRUMMER GODBLESS DENGAN KARYANYA TUA-TUA KELADI DI POPULERKAN ANGGUN C SASMI

NusaNTaRa.Com   byAsnISamandaK,          S   a   b   t   u,    0   6      A   p   r   i   l      2   0   2   4 Ian Antono dan Teddy Sujadi...