Kamis, 01 Februari 2024

TIGA CATATAN MAHFUD USAI MUNDUR DARI MENKO POLHUKAM UNTUK ROMORENTAH

NusaNTaRa.Com

bySolanaNEnembE,   K a m i s,  0  1   F e b r u a r i   2 0 2 4   

Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan

Mahfud MD memberikan tiga catatan penting kepada pemerintah usai memutuskan mundur dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).   SaSijine yakni soal tagihan utang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Mahfud mengatakan Jokowi sudah menugaskannya ketika menjabat untuk menagih utang tunggakan BLBI kepada banyak pihak yang terlibat.

"  Jumlahnya Rp111 triliun. Dalam satu setengah tahun kami bekerja sekarang ini terkumpul tagihan yang sudah ada di tangan kami  Rp35,7 triliun. Atau secara persentase 31,8 persen  ",  Ujar SiDin Mahfud di Kemenko Polhukam,  Kamis  (01/02/2024).  Tagihan BLBI inipun  masih ada yang belum dibayarkan. Mahfud pun berharap Jokowi terus menagih tunggakan utang itu lantaran sudah mengemplang banyak uang negara.

"  Karena ada yang masih mengelak. Ada yang terus menawar jumlah utangnya tak sebegitu. Saya katakan ini sudah kami tutup yang sudah bayar, sisanya tetap harus ditagih Pak Presiden. Karena itu berdasar Inpres  ",  Cakap Besar SiDin Mahfud MD dengan Plabomoranya (Hebatnya).

Penyampaian Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI tersebut,  usai mengumumkan pengunduran diri dari Menkopolhukam di depan Pura Ulun Danu yang terletak di tengah Danau Tirta Gangga, Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, Rabu (31/1).   "  Hari ini saya sudah membawa surat untuk disampaikan ke presiden tentang masa depan politik saya yang belakangan menjadi perbincangan public  ",  Ujar SiDin Mahfud, Rabu.

Mahfud menyatakan sudah menyiapkan surat pengunduran dirinya dan akan segera menyerahkannya langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (1/2) ini. Ia mengaku ingin pamit baik-baik.   "  Kalau di Jawa itu ada istilah tinggal glanggang colong playu, pergi begitu saja. Saya tidak mau pergi begitu saja. Tapi, saya dengan penuh kehormatan akan menghadap kepada presiden dan menyampaikan permohonan itu  ",  Cakap Besar Mahfud dengan Soppengernya (Jumawanya). 

Arifki Chaniago dari Analisa Politik dan Direktur Eksekutip Al Jabar Strategi, menilai langkah politik Mahfud yang mengundurkan diri cukup baik untuk membangun personal branding meskipun dilakukan dua pekan menjelang hari pencoblosan.  Menurut dia, Mahfud seperti ingin memanfaatkan waktu yang tersisa untuk meyakinkan publik mengenai integritas politiknya meski momentnya agak terlambat tapi jarnya lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Selain itu, terang Arifki, keputusan mundur Mahfud membawa pesan politik untuk menteri lainnya di kabinet Jokowi yang kontra dengan narasi keberlanjutan. Menteri yang pada satu sisi ingin tetap berada di pemerintahan Jokowi, tetapi di sisi lain ingin oposisi dan perubahan pasca-2024.  "  Tidak bisa dipungkiri, partai pengusung paslon 1 dan 3 masih banyak yang berada di pemerintahan. Namun, dari segi beban politik paslon 3 lebih berat melawan branding kedekatannya dengan Jokowi dibandingkan paslon 1  ",  Cakap Ganal SiGaluH Arifki Chaniago.

Kemudian catatan kedua yakni tentang penyelesaian HAM berat masa lalu. Mahfud mengatakan penyelesaian HAM berat masa lalu masih tersisa 12 kasus yang secara hukum masih alami kesulitan.   "  Itu biar hukumnya berjalan. Nanti dibicarakan oleh Kemenko Polhukam berikutnya. Tapi yang sudah diselesaikan oleh Kemenko Polhukam yaitu penyelesaian secara nonyudisial, yaitu untuk korban, bukan pelaku  ",  Cakap Besar Mahfud Laji.

Catatan terakhirnya yakni soal revisi UU MK yang atas inisiatif DPR mau direvisi kembali saat ini. Mahfud mengatakan kepada Jokowi bahwa ia tak setuju melanjutkan revisi UU MK tersebut,  "  Saya katakan kepada Bapak Presiden, saya tidak setuju, karena aturan peralihannya tidak adil bagi hakim yang ada sekarang. Saya katakan ya itu tiga hal  ",  Cakap Ganal Mahfud Jarr.   Mahfud kini tengah berkontestasi di Pilpres 2024 berpasangan dengan Ganjar Pranowo. Mereka diusung oleh koalisi PDIP, PPP, Hanura dan Perindo.

Mahfud MD mengumumkan pengunduran dirinya
dan menyerahkan surat pengunduran

 

Mahfud MD mundur dari jabatan Menko polhukam.

Setelah pengunduran diri melaporkan Piutang keuangam.     

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...