Kamis, 15 Februari 2024

NASI GORENG KULINER INDONESIA YANG MENDUNIA BERSEJARAH BERAWAL DARI CHINA SOLATA

NusaNTaRa.Com

byIndaHPalloranG,        S  e  n  i  n,     1   2     F  e  b  r  u  a  r  i     2  0  2  4  

Nasi Goreng Menu khas Indonesia dengan berbagai Farian

Nasi goreng merupakan menu Nusantara,  makanan berupa nasi yang digoreng dan dicampur dalam minyak goreng, margarin, atau mentega. Biasanya ditambah dengan kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bahan lainnya ;  seperti telur, daging ayam, dan kerupuk.    Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia,  sehingga  banyak ditemukan di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga rumah makan dan meja prasmanan dalam pesta pernikahan di Indonesia.   Tahun 2011  pemungutan suara di Internet  diadakan  CNN International  diikuti  35.000 orang menempatkan nasi goreng  peringkat 48 dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia' setelah nasi bebek hitam khas Madura.

Nasi goreng merupakan hidangan favorit bagi hampir semua orang di Indonesia.   Bukan hanya karena rasanya yang lezat,  proses memasaknya yang mudah dan cepat  dimana  intinya nasi yang sudah masak kemudian digoreng,  membuat nasi goreng kerap jadi menu andalan untuk dihidangkan saat sarapan.   Biasanya,  nasi goreng disajikan dengan pelengkap untuk menambah kenikmatannya  dan pelengkapnya ini  sangat bervariasi tergantung dari para penyaji menu tersebut,  mulai dari irisan tomat dan mentimun, acar, kerupuk,  hingga telur dadar.

Nasi goreng memiliki awal  sebagai cara untuk menghindari pemborosan nasi,  Menggoreng nasi dapat mencegah penyebaran kuman, bakteri, mikroba berbahaya, terutama dalam teknologi pra-pembekuan di Indonesia dan juga menghindari  membuang makanan yang berharga.   Nasi goreng secara tradisional disajikan di rumah untuk sarapan dan secara tradisional dibuat dari nasi sisa dari malam sebelumnya. Selain bahan-bahan seperti bawang merah, tomat, paprika dan cabai, nasi goreng dengan potongan daging ayam atau sapi; biasanya sisa dari masakan daging ayam atau sapi.

Sementara Lauk yang disajikan  untuk disantap bersama nasi goreng pun beraneka ragam,   ada yang menyantapnya dengan ayam goreng, aneka seafood, sate ayam, chicken nugget  dan sebagainya dimana  setiap orang dapat menyesuaikannya dengan selera masing-masing.   Nasi goreng tidak hanya popular di Indonesia  dan Malaysia,  tapi  kini juga eksis di kancah dunia,  sposial enginnne di  Asia.    Menu tersebut dapat ditemui di Singapura, Filipina, Malaysia, Timor Leste hingga Thailand, meski ada sedikit modifikasi untuk menyesuaikan selera warga setempat.

Nasi Goreng sebelum  dikenal sebagai kuliner Nusantara, nasi goreng rupanya merupakan makanan dari Tiongkok.   Berikut sejarah nasi goreng yang menarik untuk disimak  :   Sejarah nasi goreng bermula dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka menyantap makanan dingin,  karena  tidak boleh membuang sisa makanan, nasi yang sudah dingin digoreng lagi dengan tambahan bahan dan bumbu untuk dihidangkan kembali di meja makan.

Di China, nasi goreng lebih dikenal sebagai  “HANZI”.   Mengutip buku Hidangan Lezat  :   Aneka Nasi Goreng oleh Tim Dapur Esensi, sejarah mencatat bahwa salah satu menu tradisional Tionghoa ini sudah ada sejak tahun 4000 SM silam.   Nasi goreng lalu tersebar ke wilayah Asia Tenggara, dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana,   kemudian menciptakan nasi goreng khas lokal dengan bumbu dan cara menggoreng yang berbeda.   Dijelaskan dalam buku 100 Resep Nasi Goreng oleh Dapur Alma, nasi goreng khas China berbumbu dasar bawang putih. Teknik membuatnya menggunakan wajan cekung (wok) yang merupakan piranti masak dapur China.

Seiring dengan berjalannya waktu, nasi goreng lebih dikenal sebagai makanan khas Indonesia,   satu hal yang membedakan nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng di Tiongkok adalah penggunaan kecap manis.   Ini membuat tampilan nasi goreng Indonesia identik dengan warna cokelat serta beberapa bumbu khas  Indonesia  yang menggugah selera .   Hal yang khas Nasi goreng Indonesia juga lebih kaya rempah dan bumbu. Penggunaan bawang putih, bawang merah, cabai, bahkan terasi membuat makanan ini memiliki cita rasa Nusantara Plabomora (hebat)  yang cukup kental.

Bicara soal cita rasa, nasi goreng di Indonesia pun sangat beragam macamnya.   Beberapa daerah di Nusantara menciptakan nasi gorengnya sendiri dengan bumbu menyesuaikan lidah masyarakat lokalnya masing-masing.  Misalnya, nasi goreng kambing dari Betawi, nasi goreng petai dan nasi goreng kencur dari Pasundan, nasi Goreng Kandea Maiwa dari Sulawesi,  nasi goreng babat dari Semarang, nasi goreng cakalang dari Manado, dan lain-lain. 

Nasi Goreng berawal dari China sejak 4000 SM


Nasi Goreng menu khas masyarakat Indonesia.

Hidup jadi bersemangat dipagi hari ditemani Nasi goreng  aja.

 

 

           NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                                          Melayani pemasangan Iklan 

                                                                Sila Dail Talian  0821 5385 8932 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...