Rabu, 14 Februari 2024

PUTRI HANDAYANI DADI ORANG INDONESIA PERTAMA YANG MENAKLUKKAN TITIK PALING SELATAN DI BUMI

NusaNTaRa.Com  

byBahrIHasupiaN,     S  e  n  i  n,   1  2     F  e  b  r  u  a  r  i     2  0  2  4    

    Putri Handayani berhasil menginjakkan kakinya di  Kutub Paling Selatanm  menjadi
orang Indonesia yang pertama
 

Gollaluee  Putri Handayani,  pada 28 Desember 2023   mencatat sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil mencapai Kutub Selatan, titik paling selatan Bumi, melalui Ekspedisi Road to The Explorer s Grand Slam Antartic-8 .    Dengan tekad kuat untuk  menghadapi tantangan ekstrem, Putri Handayani  berhasil  menempuh perjalanan delapan hari menggunakan ski dan menarik sled seberat 30 kilogram di garis lintang 89 S-90 S (South Pole Last Degree) Kutub Solata.

Putri Handayani  mengibarkan bendera Merah-Putih untuk pertama kalinya  tepat pada pukul 13.00 waktu Punta Arenas, Chili.  Merupakan prestasi yang menggembirakan untuk Indonesia, mengingat sebelumnya hanya Roald Amundsen dari Norwegia yang mencapai Kutub Selatan pada 1911.   Putri Handayani merasakan sendiri kerasnya perjalanan ini, menghadapi angin dingin ekstrem dan berjalan tertatih-tatih dengan ski hingga akhirnya sampai ke ceremonial south pole.   "  Lelah, terharu, dan bangga, semua perasaan itu campur aduk, apalagi kalau ingat belum pernah ada orang Indonesia yang sampai sini  ",   Ujar SiGaluh Putri Handayani dengan Plabomoranya (Hebatnya).

Putri Handayani merayakan pencapaiannya di titik Ceremonial South Pole, di tengah 12 bendera negara yang secara resmi melakukan perjanjian Antarktika dan perjanjian terkait, dikenal sebagai Antarctic Treaty System (ATS).  Perjanjian ini mengatur hubungan internasional terkait Antarktika, satu-satunya benua di Bumi tanpa populasi manusia asli.   Meskipun berhasil mencapai Kutub Selatan, misi kedua Putri Handayani  yaitu mengibarkan bendera Merah Putih di Puncak Gunung Vinson (4,892 mdpl), harus dihentikan. Cuaca ekstrem dengan suhu mencapai -38 derajat Celsius dan wind chill setara dengan -45 hingga -50 derajat Celsius membuat kondisi sangat berbahaya.

Bagi Putri Handayani kegagalan itu tidak berarti menyerah,  karena ia menunggu slot pendakian ke-2 pada 10-21 Januari 2024.   Selama menunggu, ia diterima oleh Duta Besar Indonesia untuk Chili, Muhammad Anshor, di Wisma KBRI di Santiago, Chili.   Namun, persiapan pendaftaran yang singkat dan kondisi cuaca yang semakin ekstrem membuat Putri tidak dapat melanjutkan ekspedisi ke Gunung Vinson.   Putri Handayani, saat menghadiri syukuran   "Antarctic 8 Expedition, Jejak Merah Putih di Kutub Selatan”,   berbagi pengalaman. Ekspedisi ini mengajarkannya untuk tetap berpikir positif di tengah kondisi mental yang terpukul oleh cuaca ekstrem di Kutub Selatan.

Meski misi Gunung Vinson tidak berhasil, Putri sudah mempersiapkan diri untuk ekspedisi berikutnya, yakni Explorer s Grand Slam di Kutub Utara pada April 2024.  Targetnya adalah menjadi orang Indonesia pertama yang berjalan menggunakan ski dari garis lintang 89 S-90 N (North Pole Last Degree).   Dalam melangkah menuju prestasi tersebut, Putri Handayani menunjukkan semangat dan keberanian yang luar biasa, membanggakan Indonesia di panggung dunia penjelajahan kutub.

Putri Handayani ketika di Kutub Selatan

Putri Handayani adalah wanita kelahiran Serdang Sumut  dengan  bedagai  aktifitas yang dikenal sebagai pecinta kegiatan outdoor.  Sejak berumur 13 tahun, dia sudah menggeluti aktivitas mendaki gunung, berlari bahkan memanjat tebing dan dinding.  Awal mula Putri aktif mendaki gunung saat mengikuti kegiatan pramuka di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dia membulatkan tekad untuk mendaki Gunung Sibayak di Sumatera Utara hingga berhasil mencapai puncaknya.

Keahlian pertualangannya dimulai  pendakian  Putri Handayani  lewat ekspedisi menuju Gunung Ama Dablam berketinggian 6.812 mdpl di Nepal,  bermakna  dirinya menjadi perempuan Indonesia pertama yang berhasil sampai di puncak gunung tersebut.  Selain sibuk bekerja di perusahaan gas Qatar, Putri Handayani berusaha menyelesaikan The Explorer's Grand Slam di dunia mountaineering. Dia tertantang untuk menaklukkan 7 puncak tertinggi di 7 benua serta kutub utara dan selatan.

Ada 5 puncak yang sudah diselesaikan  Putri Handayani,  yakni Kilimanjaro di Tanzania sebagai puncak tertinggi di Afrika. Carstensz Pyramid di Indonesia, tertinggi di Benua Australia dan Oceania. Elbrus di Rusia, yang tertinggi di Benua Eropa.   Selanjutnya, Gunung Aconcagua di Argentina, tertinggi di Amerika Selatan serta Gunung Denali di Alaska, yang tertinggi di Amerika Utara. Tak hanya itu, Putri juga telah mendaki Gunung Fuji di Jepang, Gunung Snowdon, dan banyak lagi.

 

Biodata Singkat Putri Handayani

Nama lengkap : Diansyah Putri Fitri Handayani

Nama panggilan : Putri Handayani

Tempat Lahir : Desa Kota Galuh, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai

Tanggal Lahir : 22 Maret 1983

Pekerjaan : Engineer

Hobi : Mendaki gunung

Instagram : @putri.handayani22

YouTube : @jelajahputri7560

 

 

P Handayani, Indonesia pertama menginjak Kutub Selatan.

P Handayani warga sergai sumut penuh prestasi petualangan.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...