Jumat, 09 Februari 2024

MEMBAWA SIAL KETIKA MEMAKANNYA DISAAT IMLEK, TUJUH MAKANAN TERLARANG DIMAKAN MASYARAKAT TIONGHOA SAAT ITU

NusaNTaRa.Com   

byPakeLEE,          J  u  m  a  t,    0  9     F  e  b  r  u  a  r  i     2   0   2   4  

Hari Imlek berkumpul bersama keluarga dan menikmati makanan

Sabtu, 10 Februari 2914 yang lalu perayaan Tahun Baru China atau Imlek dirayakan kalangan  ummat Tionghoa atau warga China,  salah satu tradisi dalam merayakan dan memeriahkan Imlek, diantaranya  berkumpul dan makan bersama keluarga.    Meskipun demikian, ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan untuk dimakan saat Imlek,  diantaranya  seperti  buah salak, bubur  dan makanan yang berwarna putih.   Berikut daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perayaan Imlek    :  

1. Salak.   Buah dengan kulit luat yang bersisik seperti ular ini termasuk salah satu makanan yang tidak boleh dimakan saat Imlek.   Anggota Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia, Aji Chen Bromokusumo mengatakan,  salak pantang dimakan karena mempunyai kulit yang tajam bermakna tantangan  dalam kehidupan  yang mempersulit jalan hidup akan datang  (Kompas.com, Sabtu (29/01/2022)).

2. Bubur.
Makanan sebagai simbol pengharapan yang buruk dan apabila menyantapnya dianggap seperti orang dengan ekonomi yang sulit dan  terkhusus saat Imlek, bubur menjadi salah satu makanan yang pantang dimakan oleh masyarakat Tionghoa.   Namun Bubur kejadi santapan pada hari-hari biasa.

3. Makanan serba putih.    Bagi masyarakat Tionghoa warna merah dianggap mendatangkan keberuntungan, tapi  warna putih dianggap membawa kesialan melambangkan kematian dan sering dihindari.   Sehingga pada saat Imlek disarankan untuk tidak mengonsumsi sajian berwarna putih seperti telur, tahu  dan keju.

4. Labu.   Dalam bahasa China, labu memiliki pelafalan “gwa”.   Pelafalan ini mempunyai bunyi yang mirip dengan kata kematian.   Karena penyebutannya mirip inilah sehingga  labu menjadi sajian yang dihindari saat Imlek.

5. Kepiting.    Kepiting  duga termasuk salah satu makanan yang pantang dimakan saat Imlek  karena kepiting mempunyai cara berjalan ke arah samping, bukan maju, seperti hewan pada umumnya,  sehingga cara jalannya dianggap tidak akan memberikan kemajuan dan kesuksesan dalam hidup ketika disantap saat Imlek.

6. Lobster.   Dari Kompas.com, Kamis (11/02/2021), lobster merupakan hewan yang memiliki gerakan berenang dengan arah mundur,  sehingga  bagi yang menikmatinya saat Imlek dikhawatirkan akan mengalami kemunduran.

7. Sayap ayam.     Hidangan ayam tidak dilarang untuk disajikan saat Imlek, kecuali pada bagian sayapnya,   dianggap sebagai salah satu simbol yang dapat membawa ketidakberuntungan bagi yang mengkonsumsinya.   Menikmatinya saat Imlek  dapat membawa terbang keberuntungan orang yang memakannya.

Bubur dan Penganan Putih terlarang saat IMLEK

 

Imlek hari bergembira dengan keluarga dan makanan.

Di hari Imlek ada tujuh makanan terlarang dimakan.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...