Selasa, 10 Oktober 2023

SYAHRUL YASIN LIMPO SERAHKAN SURAT PENGUNDURAN DIRI DARI JABATAN MENTERI PERTANIAN DAN LIMA PERNYATAAN SYL

NusaNTaRa.Com

byPunGKadA,       J   u   m   a   t,    0   6     O   k   t   o   b   e   r     2   0   2   3

Syahrul Yasin Limpo mengajukan surat pengunduran diri dari Menteri Pertanian ke  Jokowi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL)  Kamis sore 5 Oktober 2023 menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.   Kedatangan Syahrul Yasin Limpo untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Mentan, usai diduga menjadi tersangka KPK.,   "  Saya sore ini datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberi kesempatan oleh Mensesneg Pak Pratik untuk menyampaikan usul dan pengunduran diri saya sebagai menteri  ",   Ujar SiDin Syahrul Yasin Limpo usai menemui Pratikno,  Kamis   (05/10/2023).

Syahrul Yasin Limpo (SYL) pun mengaku dirinya lelah setelah melakukan kunjungan kerja di Spanyol dan Roma, Italia.   Setibanya di Indonesia Rabu malam 4 Oktober 2023, SYL secara beruntun menghadapi berbagai masalah yang dihadapi,   "  Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang saya hadapi dan saya selalu siap menghadapi dengan serius  ",  Ujar SiDin Syahrul Yasin Limpo.

Dia juga mengaku letih dengan berbagai kegiatan yang dilaluinya. Bahkan, SYL mengaku baru pertama kali menghadapi kasus yang saat ini dihadapi,   "  Saya 25 tahun jadi kepala daerah, baru saya merasa ada hal seperti ini  ",   Terang  Syahrul Yasin Limpo.    Tak hanya itu, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan sebagai orang yang berasal dari suku Bugis, Makassar, harga dirinya jauh lebih tinggi daripada jabatan,   "  Saya orang Bugis Makassar dan rasanya harga diri jauh lebih tinggi daripada pangkat atau jabatan  ",  Ujar SiDin SYL menambahkan.

Berikut sederet pernyataan Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian (Mentan)   : 

1. Serahkan Surat Pengunduran Diri Langsung ke Istana

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis sore  (05/10/2023).   Kedatangan Syahrul Yasin Limpo untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Mentan, usai diduga menjadi tersangka KPK,   "  Saya sore ini datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberi kesempatan oleh Mensesneg Pak Pratik untuk menyampaikan usul dan pengunduran diri saya sebagai menteri  ",  Ujar SiGim Syahrul Yasin Limpo usai menemui Pratikno,  Kamis   (05/10/2023)

Syahrul Yasin Limpo tiba di kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pukul 17.20,  beliau tampak didampingi oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya Bakar.   Mensesneg Pratikno membenarkan bahwa Syahrul Yasin Limpo telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Mentan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Surat itu disampaikan Syahrul melalui Pratikno,   "  Pak Syahrul menyampaikan surat kepada Bapak Presiden yang isinya adalah pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian  ",   Ujar SiDin Pratikno.

2. Mundur dari Mentan, Minta Jangan Dihakimi

Terkait dugaan korupsi tindak pidana pencucian uang (TPPU) hingga isu dirinya akan mundur dari kursi Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul enggan memberikan komentarnya.  Syahrul justru hanya menjelaskan terkait pemeriksaan dirinya di Polda Metro Jaya atas kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK.    Syahrul Yasin Limpo mengaku dirinya lelah setelah melakukan kunjungan kerja di Roma, Italia. Setibanya di Indonesia Rabu malam, Syahrul Yasin Limpo (SYL) secara beruntun menghadapi berbagai masalah yang dihadapi,   "  Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang saya hadapi dan saya selalu siap menghadapi dengan serius  ",  Ujar SiDin Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Syahrul Yasin Limpo Mengundurkan Diri Sebagai Mentan,
Singgung Soal Harga Diri

Dalam pernyataannya, dia meminta kepada masyarakat untuk tidak menghakimi dirinya, sebelum proses hukum berjalan.,   "  Saya harap jangan ada yang hakimi saya dulu, biarkan proses hukum jalan dulu  ",  Ujar SiDin Syahrul Yasin Limpo dengan Plabomoranya (Hebatnya).   Dia juga mengaku letih dengan berbagai kegiatan yang dilaluinya. Bahkan, SYL mengaku baru pertama kali menghadapi kasus yang saat ini dihadapi,   "  Saya 25 tahun jadi kepala daerah, baru saya merasa ada hal seperti ini  ",  Cakap SiDin Laji.

3. Sebut Orang Bugis, Harga Diri Lebih Tinggi dari Jabatan

Syahrul Yasin Limpo menegaskan sebagai orang yang berasal dari suku Bugis, Makassar,  harga dirinya jauh lebih tinggi daripada jabatan,   "  Saya orang Bugis Makassar dan rasanya harga diri jauh lebih tinggi daripada pangkat atau jabatan  ",  Cakap SiDin Syahrul Yasin Limpo dengan Plabomoranya (Hebatnya).

Dia menekankan akan menghadapi kasus hukum yang menjeratnya di KPK saat ini. Syahrul siap bertanggung jawab atas perbuatan yang sudah dilakukannya,   "  Biarkan saya hadapi ini. Dan beri saya kesempatan membuktikan bahwa saya terbiasa urus rakyat  ",  Ujar SiDim SYL dan   "  Dan saya berharap nasihat-nasihat orang tua saya, nasihat budaya saya dari sana, kalau berani berbuat berani tanggung jawab dan saya siap bertanggung jawab  ",  Ujar SiDim SYL  dengan Soppengernya (Jumawanya). 

4. Tak Menyangka Tersandung Kasus Korupsi

Syahrul Yasin Limpo (SYL) menceritakan kariernya yang dimulai dari lurah, camat, kepala daerah, hingga bisa menjadi Menteri Pertanian.   Dia tak menyangka akan menghadapi kasus dugaan korupsi,   "  Saya meniti karier mulai dari lurah, camat, saya 25 tahun jadi kepala daerah, 10 tahun jadi Bupati, Wagub 4 tahun, dan menjadi Gubernur.   Dan saya baru saya merasa ada hal-hal seperti ini  ",   Ujar SiDin SYL.

Untuk semua hal  yang ada saat ini,  Syahrul mengatakan dirinya membutuhkan waktu untuk memahami peristiwa saat ini,  beliau juga baru kembali ke Indonesia pada Rabu, 4 Oktober 2023, usai kunjungan kerja ke Italia dan Spanyol,   "  Saya butuh waktu, kenapa karena saya baru pulang dari Roma mendapatkan penghargaan dunia atas nama Presiden  ",  Ujar SiDin menambahkan.

5. Alasan Mundur dan Tegaskan Siap Hadapi Proses Hukum

SYL  memastikan akan menghadapi kasus dugaan korupsi yang menjeratnya,  iapun meminta masyarakat tak langsung memberikan stigma buruk dan menghakiminya,   "  Saya harus siap menghadapi secara serius, walaupun saya berharap jangan ada stigma dan persepsi yang menghakimi saya terlebih dahulu karena biarkanlah proses hukum berlansung dengan baik dan saya siap menghadapi  ",   Cakap SiDin SYL.

Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, hal itu pula yang membuatnya memilih mundur dari jabatan Menteri Pertanian. Surat pengunduran diri tersebut telah diserahkan Syahrul kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pada Kamis hari ini,   "  Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang sedang saya hadapi  ",   Ujarnya.   Beliau berujar telah meniti karir dari bawah yakni, lurah, camat, kepala daerah selama 25 tahun, hingga menjadi Mentan dan  mengaku ini kali pertamanya terjerat kasus hukum.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo saat 
Saat jumpa Pers di Kantor NASDEM

                                    

Bagi  Bugis Makassar harga diri lebih penting dari Jabatan.

Syahrul YL mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pertanian.

 

 

NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                              Melayani pemasangan Iklan 

                                                Sila Dail Talian  0821 5385 8932 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...