Minggu, 08 Oktober 2023

JOKOWI MERESMIKAN BEBERAPA PROYEK PEMBANGUNAN YANG PERTAMA DI IKN

NusaNTaRa.Com

byBambanGNunukaN,      S   a   b   t   u,    2   3     S  e  p  t  e  m  b  e  r     2   0   2   3

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ment PUPR Basuki Hadimuljono (kiri), Mensesneg Pratikno (keempat kanan), Ment Investasi/Kep BKPM Bahlil Lahadalia (ketiga kanan) dan Kep Otorita IKN Bambang Susantono (kedua kanan) meninjau pembangunan rumah tapak menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, KalTim, Jumat 22/09/2023.
Presiden Joko Widodo  mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur,    Jumat  (22/09/2023) untuk melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek di wilayah itu,  bermajna bahwa  pembangunan IKN masih  berjalan  sesuai target.   Terkait  komitmen  romorentah  yang dipertanyakan soal  anggaran yang mengalir ke IKN,  Jokowi meyakinkan anggaran untuk pembangunan sejumlah infrastruktur dasar dalam proyek senilai Rp 446 triliun itu, seperti Istana hingga kantor kementerian tidak ada masalah. Ia menekankan soal pemerataan pembangunan yang “Indonesiasentris”  dalam beberapa kesempatan.

Berikut daftar proyek yang telah diresmikan oleh presiden Jokowi selama kunjungannya ke IKN jumat  22/09 pekan ini.

1. Hotel

Presiden Jokowi telah meletakkan batu pertama alias groundbreaking untuk Hotel Nusantara pada Kamis, 21/09/2023,  proyek  ini merupakan konsorsium perusahaan dalam negeri yang dipimpin pemilik Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma atau Aguan yang berinvestasi Rp 20 triliun.   Aguan ditunjuk sebagai pemimpin konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN di IKN Nusantara  dan taipan lain menjadi anggota konsorsium bersama AGS adalah Anthony Salim (Salim Grup), Franky Wijaya (Sinarmas Group), Pui Sudarto (Pulau Intan), dan Budi Hartono (Grup Djarum).   Serta  Wiliam Katuari (Wings Group), TP Rahmat dan Boy Thohir (Adaro Group), Prajogo Pangestu (Barito Pacific), Eka Tjandranegara (Mulia Group), dan Soeryadjaya (Grup Astra).

Sejumlah proyek yang bakal dibangun oleh Aguan dan kawan-kawan, beberapa di antaranya yaitu hotel, pertamanan kota, pusat olahraga, kafe dan telekomunikasi.   Selain itu, untuk moda transportasi di IKN juga akan dibangun seperti stasiun-stasiun.

2. Kantor Presiden 

Jokowi memasang bilah pertama Garuda di Kantor Presiden IKN, Penajam Paser Utara,   Jumat,  22/09/2023. Modul pertama Garuda itu akan menjadi ikon bangunan kantor presiden.   Dalam peninjauan  Jokowi ,  mengatakan bahwa progres pembangunan kantor presiden tersebut cukup baik dan sudah mencapai 38 persen. Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti menyebut bahwa sampai September 2023, menargetkan pemasangan bilah Garuda dengan jumlah total 4.650 bilah tersebut dapat diselesaikan pada Maret 2024.

Setelah selesai, Garuda yang akan menjadi ikon bangunan tersebut akan memiliki bentangan sayap sepanjang 177 meter dengan tinggi 77 meter,     Sayapnya itu dari ujung ke ujung panjangnya itu 177 meter, kalau dari lengkungannya itu sekitar 239 meter, dan tingginya 77 meter  ”,   Ujar SiGaluh  Diana K dengan Soppengernya (Jumawanya).

3. Pusat Pelatihan Sepak bola

Jokowi  juga  membuka pembangunan pertama pusat pelatihan sepak bola nasional di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Kalimantan Timur,  Jumat  22/09/2023,  proyek ini danai Federasi sepakbola dunia (FIFA) dan  diharapkan tidak hanya sebagai pusat pelatihan, namun inovasi pengembangan sepak bola Indonesia.

Pusat pelatihan sepak bola nasional ini dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektar. Ini mencakup 8 lapangan dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya, termasuk asrama. Melalui 'FIFA Forward', Federasi Sepakbola Dunia menggelontorkan Rp 85,6 miliar kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk proyek ini dan  omorentah merogoh kocek  Rp 95 miliar.   Indonesia memang belum memiliki tempat latihan sepak bola yang terpusat dan terintegrasi,  sehingga menjelang turnamen, tim nasional seringkali berpindah tempat untuk berlatih.

4. Rumah Sakit

Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo di kawasan IKN pada Jumat, 22 September 2023. Ia mengharapkan kehadiran RS pertama di IKN itu dapat menjadi sebuah daya tarik bagi masyarakat tidak hanya di kawasan sekitar, tapi juga dari seluruh Indonesia. Presiden mengatakan rumah sakit ini dibangun dengan investasi sebesar Rp 2 triliun.

Mantan Wali Kota Solo itu hanya menyebut, nantinya, rumah sakit tersebut akan memiliki sekitar 400 kamar perawatan dan melayani perawatan subspesialis. Pimpinan RS Abdi Waluyo dr. Sigit Pramono dalam momen yang sama dengan Jokowi pada Jumat menyebut, rumah sakit akan fokus pada subspesialis sport and research medicine dan mendukung program Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia.

Jokowi meletakkan Bila pertama Garuda di depan
Kantor Presiden IKN


Monumen Garuda sebagai ikon  di depan Kantor presiden IKN.         

Jokowi berkunjung ke IKN Nusantara meresmikan proyek IKN.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...