Kamis, 05 Oktober 2023

BANJIR GANAL MENIMPA PASAMAN BARAT DAN MERUSAK 430 Ha LAHAN PERTANIAN MASYARAKAT

NusaNTaRa.Com

byLaCaPpoTtaaA,       S   e   l   a   s   a,    2   6     S  e  p  t  e  m  b  e  r     2   0   2   3

Perumahan dan lahan pertanian masyarakat tertimpa banjir ganal di Pasaman Barat

ButuNinten Banget,  430 hekter lahan pertanian rusak  ketika  Banjir Ganal  yang melanda Kabupaten Pasaman Barat pada Jumat (22/09/2023).     Hasil pendataan sementara petugas di lapangan lahan pertanian yang terdampak seluas 430 hektare di empat kecamatan   ”,  Ujar  Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Pasaman Barat Doddy San Ismail di Simpang Empat,  Minggu  (24/09/2023)  dam     Pada umumnya yang terdampak adalah lahan pertanian padi sawah milit masyarakat  ”,  Ujar  SiDin  Doddy S Ismail menambahkan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pasaman Barat Doddy San Ismail mengatakan lahan tersebut berada di Kec  Ranah Batahan seluas 226,5 ha, Kec  Koto Balingka 21,5 ha, Kec Lembah Melintang 173 ha dan di Kec Sasak Ranah Pasisie seluas 10 ha.      Hasil pendataan sementara petugas di lapangan lahan pertanian yang terdampak seluas 430 hektare di empat kecamatan. Pada umumnya yang terdampak adalah lahan pertanian padi sawah masyarakat   ”,   Ujar SiDin Doddy S Ismail,  Ahad   (24/09/2023).

Pihaknya saat ini telah berkoordinasi dengan petugas Pengendali Organisme Tumbuhan Pengganggu  (POPT) yang berada di bawah Dinas Pangan,  Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumbar untuk segera turun kelapangan memastikan lahan tersebut kategori gagal panen atau fuso,     Tim akan turun ke lokasi setelah air surut karena saat ini lahan masih tergenang air  ”,  Ujarnya Banyak Cakap.   Jika nanti setelah dilakukan pengecekan ternyata masuk kategori fuso maka pihaknya akan ajukan bantuan benih atau bibit padi untuk lahan yang  gagal panen.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat  wilayah  yang terdampak  bencana banjir Jumat lalu meliputi,  yakni Kecamatan Lembah Melintang dengan rata-rata ketinggian air sekitar 50-150 sentimeter dengan 592 rumah terendam, satu rumah ibadah Masjid Raya Banjar Bahal Jorong Koto Sawah Nagari Ujung Gading dan SD Negeri 25 Lembah Melintang terendam banjir.   Selanjutnya, di Kecamatan Sungai Beremas ketinggian air sekitar 30 hingga 50 sentimeter yang berada di Jorong Bungo Tanjung.    Lalu, di Kecamatan Koto Balingka ketinggian air sekitar 30-50 sentimeter dengan total rumah warga yang terdampak banjir sebanyak 60 kepala Keluarga.

Dan  di Kecamatan Ranah Batahan ketinggian mencapai 60-100 sentimeter merendam 310 rumah warga, dan genangan air di Sawah Laweh Nagari Desa Baru Barat diperkirakan akan gagal panen. Masih terkait banjir di Pasaman Barat, Ikatan Dokter Indonesia Cabang Kabupaten Pasaman Barat, memberikan pengobatan gratis di dua daerah yang terdampak banjir.   Koordinator Bidang Sosial, Pengabdian Masyarakat dan Tanggap Bencana IDI Cabang Pasaman Barat  Fahrul di Simpang Empat mengatakan organisasinya melakukan pengobatan pada dua kejorongan terdampak banjir.

  Kedua kejorongan itu adalah Jorong Air Napal Kecamatan Ranah Batahan dan Jorong Koto Sawah Kecamatan Lembah Melintang  ”,  Ucap SiDin Fahrul dengan Plabomoranya (Hebatnya).   Ia melakukan pengobatan pasien sebanyak 79 orang di Jorong Air Napal Kecamatan Ranah Batahan dan 94 orang di Jorong Koto Sawah Kecamatan Lembah Melintang. Dari hasil pemeriksaan dan pengobatan terhadap korban banjir itu penyakit yang banyak ditemukan, yaitu gatal-gatal pada kulit.

Kepala Bidang Pencegahan dan kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat Zulkarnain,  mengatakan     Adapun beberapa data yang berhasil dihimpun pada Jumat 22 September 2023 pagi di Kecamatan Ranah Batahan banjir melanda daerah Air Napal, Taming Batahan, Simpang Tolang, Desa Baru Kampung Dalam, dan Siduampan  “.   di  Air Napal,  ujarnya  banjir mengakibatkan empat rumah milik Yasril, Saharman, Sibah, dan Marsus roboh dan hanyut. Kemudian dua rumah milik Mukhlis dan Marni rusak berat,   "  Data pasti rumah terdampak masih dalam pendataan. Ratusan kepala keluarga diperkirakan terdampak banjir   ",  Ujar Zulkarnain.

Lahan pertanian musyarakat di Pasaman Barat

 

Sungai besar mengalirkan bah karena Hujan turun lebat.

Banjir Ganal di Pasaman Barat rusakkan Pertanian Masyarakat.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...