Sabtu, 12 Desember 2020

MASSA KIBARKAN BENDERA BULAN BINTANG DI MASJID BAITURRAHMAN ACEH.

 NusaNTaRa.Com                                                            byMuhammaDBakkaranG,                   Jum'at   04    D e s e m b e r    2020

Massa yang berkumpul di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, sempat mengibarkan bendera bulan bintang untuk memperingati milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM),   setelah terjadi negosiasi massa  dengan aparat keamanan  bendera diturunkan lagi.    Pengibaran bendera dilakukan di halaman masjid Baiturrahman, Jumat (4/12/2020),   massa mengibarkan bendera bulan bintang pada satu tiang yang sudah disiapkan. Sedangkan sejumlah bendera lain dipegang beberapa orang.

Sebelumnya Polisi Aceh telah meningkatkan patroli pengamanan menjelang milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 4 Desember 2020 serta  mengantisipasi adanya pengerahan massa yang dapat menimbulkan  gangguan ketentraman keamanan Banda Aceh,   "  Polda Aceh selama ini telah melakukan kegiatan-kegiatan rutin, tapi kegiatan-kegiatan itu saat ini ditingkatkan  ",  Ujar SiDin Kabid Humas Polda Aceh Kombes  Ery Apriyono, Rabu (2/12/2020).

Ery Apriyono mengatakan kegiatan yang dimaksud antara lain patroli, penjagaan   dan kegiatan rutin lainnya,   polisi meningkatkan patroli dari biasanya satu kali menjadi dua atau tiga kali dalam sehari.   Ery mengaku tidak ada personel khusus yang dikerahkan menjelang milad GAM. Polisi mengimbau masyarakat tetap menjaga perdamaian,   "  Kita juga mengimbau kepada masyarakat, jangan mudah terprovokasi. Situasi yang sudah aman dan damai di Aceh ini kita pertahankan  ",  Ujar SiDin Ery Apriyono.

Petugas kapolisia dan TNI yang berada di lokasi  terlihat sibuk  melakukan pengamanan dan negosiasi supaya massa tidak mengibarkan bendera bulan bintang milik GAM.   Meski demikian bendera Bulan Bintang sempat berkibar beberapa saat  kemudian diturunkan kombali,  mereka hanya ingin menyampaikan aspirasi terkait kemajuan  Aceh.   "  Mereka tadi bilang itu bukan bendera separatis, tapi saya sudah sampaikan tidak ada bendera selain bendera Merah-Putih dan mereka menyepakatinya  ",  Ujar SiDin Kolnel Inf Abdul Razak Rangkuti  Komandan Kodim 0101/BS.

Razak mengatakan massa di Masjid Baiturrahman tidak membuat pemberitahuan kepada pihak keamanan. Polisi dan TNI kemudian meminta massa agar tidak membuat kerumunan untuk mencegah Corona,   "  Tadi bendera hanya berkibar sebentar.  Setelah itu langsung diturunkan kembali  ",  Ujar SiDin Razak.

Tgk Muhammad Hasan Ditiro Pendiri GAM
Azhari Cagee, Jubir Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat,  mengatakan pihaknya tidak melarang ataupun menyuruh warga mengibarkan bendera bulan bintang saat milad GAM  dan  untuk diketahui, KPA merupakan wadah tempat bernaung mantan kombatan GAM seusai konflik.  "  Kita tidak menyuruh dan tidak melarang. Kenapa? Karena itu sudah menjadi bendera Aceh sesuai Qanun Nomor 3 Tahun 2013. Maka KPA tidak dalam kapasitas menyuruh dan melarang. Nanti kalau menyuruh dan melarang akan dianggap itu bendera KPA. Padahal itu bendera jelas bendera Aceh sesuai qanun  ",  Ujar Azhari  Cagee, Kamis (3/12/2020).

" Semua poin-poin MoU Helsinki termasuk Bendera, Lambang dan Himne Aceh yang telah disahkan oleh Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Aceh harus dilaksanakan  ",  Ujar SiDin  Yahdi Hasan jurubicara Fraksi Partai Aceh.  Milad GAM yang diperingati setiap 4 Desember merupakan tonggak berdirinya kelompok yang dikomandoi oleh Tgk Muhammad Hasan Ditiro selaku deklator,  di Gunung Halimon, Kabupaten Pidie pada tahun 1976  dan konflik berakhir setelah perjanjian  ditandatangani di Helsingki Finlandia 2005.

Hingga hari ini, bendera bulan bintang masih menjadi polemik antara pemerintah Aceh dengan pemerintah pusat,  menurut Azhari, yang berhak menindaklanjuti terkait polemik bendera Aceh adalah Gubernur Aceh dan DPRA.   "  Sekarang tentu yang berhak mengeluarkan pergub terkait bendera adalah gubernur.  Kita mengharapkan beliau segera menindaklanjuti, sebagaimana janjinya saat itu  ",  Ujar mantan anggota DPR Aceh ini.

Helsingki redahkan perseteruan Aceh, 

Massa kibarkan Bulan Bintang di Mesjid Baiturrahman Aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...