Rabu, 23 Desember 2020

JOKOWI UMUMKAN 6 MENTERI BARU YANG AKAN MASUK KABINET INDONESIA MAJU

 NusaNTaRa.Com                                                                                    byBadaINunukaN,                                                R a b u,  23     D e s e m b e r     2020

Presiden Joko Widodo mengumumkan perombakan ( reshuffle) Kabinet Indonesia Maju episode ke-2 pada Selasa (22/12/2020).  Dalam pengumuman tersebut, Jokowi mengenalkan enam orang nama sebagai menteri-menteri baru di Kabinet Indonesia Maju,   "  Bapak, ibu saudara-saudara pada sore hari yang berbahagia ini bersama-sama dengan bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju untuk itu saya akan memperkenalkan satu per satu  ",   Ujar SiDin Jokowi dari tayangan langsung Kompas TV, Selasa.

Secara berturut-turut, Jokowi lantas mengenalkan keenam menteri barunya  :   

Pertama, Jokowi memanggil Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu diberi mandat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang saat kini menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).    "  Yang pertama ibu Tri Rismaharini saya kira kita tahu semua beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini ibu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial  ",  Ujar SiDin Prisidin.

Kedua, Jokowi mengenalkan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio.   "  Kemudian yang kedua saya ingin mengenalkan bapak Sandiaga Salahudin Uno, beliau dulu adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta dan saat ini kita akan berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  ",  Ujar SiDin Jukuwi.

Ketiga, Jokowi mengenalkan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Budi menggantikan posisi Terawan Agus Putranto.   "  Kemudian yang ketiga bapak Budi Gunadi Sadikin, beliau sebelumnya adalah Dirut Bank Mandiri kemudian menjadi Direktur Utama PT Asahan Alumnunium dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan  ",  Ujar Presiden Jokowi.

Keempat, Jokowi mengenalkan Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut sebagai Menteri Agama. Yaqut menggantikan posisi Fachrul Razi.   "  Yang keempat adalah bapak Yaqut Cholil Qoumas beliau adalah pemimpin Muslim, Ketua GP Ansor dan kita akan berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama  “,   Ujar Presiden.

Kelima, Jokowi mengenalkan Wahyu Sakti Trenggono untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).   "  Kelima bapak Sakti Wahyu Trenggono, beliau sekarang ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan  ",  kata Presiden.

Keenam,  Jokowi mengenalkan M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. M Lutfi menggantikan posisi Agus Suparmanto.   "  Terakhir bapak M Luthfi beliau sebelumnya Menteri Perdagangan, Duta Besar untuk Jepang, dan Duta Besar Amerika Serikat, dan sekarang kita minta untuk memimpin Kementerian Perdagangan  ",  Ujar  Presiden Jokowi.

Usai mengenalkan keenam menteri barunya, Jokowi juga menginformasikan jadwal pelantikan mereka yang digelar pada Rabu (23/12/2020),   "  Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan sore ini dan pelantikan akan dilaksanakan insya Allah besok pagi  ",   tambah Jokowi.

Akhirnya pelantikan 6 menteri baru dilaksanakan pada Rabu 23 desember 2020 oleh Presiden Jokowi di Istana negara,   setelah itu Jokowi mengatakan,  "  Secara resmi saya melantik enam menteri yang telah saya perkenalkan kemarin dan lima wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju, di Istana Negara. Mereka akan bertugas untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024  ".    Dan  "  Setelah itu, di tempat yang sama, saya melantik sekaligus Bapak Irjen Pol. Dr. Petrus R. Golose sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bapak Hartono sebagai Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) ".
 

Burung Enggang berparuh kuning kemilau,

Jokowi umumkan 6 menteri baru di kabinet Indonesia maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...