Senin, 18 Mei 2020

GRISELDA SASTRAWINATA DESAINER FILM ANIMASI DI WALT DISNEY ANIMATION STUDIOS ASAL INDONESIA

NusanTaRa.Com
byRyaNSyaHPuTRa, 07/02/2020


Rumah produksi Film animasi melahirkan film-film  animasi yang banyak diminati  kaum remaja karena karakter yang unik hasil lukisan atau paduan banyak gambar yang bergerak membuat alur cerita, sehingga banyak rumah produksi yang berlomba-lomba untuk melahirkan karya khas mereka.  Beberapa rumah produksi film animasi besar dunia diantaranya Dreamworks, Infenite Studio, Blue Sky Studios dan Walt Disney Animation Studios yang karyanya selalu ditunggu banyak penggemarnya,  tapi jarang yang tahu bahwa dalam produksi film Animasi dunia itu ada juga animatornya warga Indonesia seperti GRISELDA SASTRAWINATA.


Griselda Sastrawinata merupakan lulusan  ArtCenter College of Design, Pasadena, Amerika Serikat dan memulai karir bersama Walt Disney Animation Studios,  karya film animasinya yang pertama  adalah MOANA  yang dihasilkannya  bersama  800 orang pekerja dari 25 negara.   Griselda Sastrawinata menjadi bagian dari visual development artist untuk film Frozen 2 di mana Griselda menjadi desainer kostum untuk karakter utama pada film Frozen 2 yakni Anna dan kostum untuk tokoh-tokoh lainnya.

Walt Disney Animation Studios Produsen film Animasi sejak kecilnya telah menjadi  impian Griselda untuk dapat berkecimpung disana dengan berbagai imajinasinya tentang dunia animasi.   Sejak kecil Griselda telah menyukai film-film Animasi seperti Sleeping Beaauty,  The Little Mermaid,  dan Lady in Tramp dan akhirnya dunia yang digemarinya pun tentang desainer  mengantarkannya  untuk merintis karier di industri animasi.   

Karya Griselda di FROZEN  II
Griselda mengungkapkan bahwa menjadi bagian dari Walt Disney Animation Studios bukanlah hal yang dapat langsung ia raih setelah mendapat gelar sarjana, selepas lulus dari Art Center College of Design di Pasadena, Amerika Serikat, Griselda bertemu Disney yang hadir pada acara Career Day.  Griselda Sastrawinata pun langsung menyerahkan lamaran kerja dan baru mendapat respons setelah beberapa bulan. Namun, selama 10 tahun berikutnya, Griselda belum juga dapat bergabung dengan Disney karena selalu saja ditawarkan proyek ketika Griselda sudah memiliki pekerjaan. Sebaliknya, ketika Griselda sedang tidak mengerjakan proyek justru dari pihak Disney mengatakan tidak ada lowongan.

Tawaran penyelesaian Kerja Film animasi semakin lancar datang setelah   Griselda dihubungi untuk proyek film Moana oleh Ron Clements dan John Musker.  Mendapat apresiasi atas kinerjanya pada film Moana, membuat Griselda kembali dilibatkan dalam film Frozen 2.  Sampai hari ini, Griselda merupakan satu-satunya pekerja Indonesia di departemen Art Disney dan perempuan Indonesia pertama yang bergabung di Walt Disney Animation Studios.

Sebelum bergabung dengan Walt Disney AAnimation Studio pada 2014, Griselda sudah memiliki portofolio yang mentereng bersama rumah produksi DreamWorks Animation.  Sejumlah karakter film-film animasi untuk kostum desainnya sudah pernah dia kerjakan, seperti  Me and My Shadow, Dragons 2, Guardians, Kung Fu Panda: Secrets of the Master, Shrek DVD, Shrek Forever After, Moana, Frozen 2, dan masih banyak lagi,   "  Bisa bekerja di Disney adalah sebuah kebanggaan. Bahkan, Griselda ingin bisa bekerja selamanya di Disney  ",  Ujar SiGaluh Griselda Satrawinata.

Sebelum memulai karir di Walt Disney Animation Studios, Griselda sempat bekerja di rumah produksi animasi besar lainnya yang berada di California, Amerika Serikat yakni Dreamworks.   Selama karirnya di dunia animasi, Griselda menjadi bagian dari berbagai film animasi yakni Shrek Forever After, Puss In Boots, How To Train Your Dragon 2, Kungfu Panda 2, The Croods, Home, Moana hingga yang terakhir adalah Frozen II.


Film animasi Ralph Breaks the Internet: Wreck-It Ralph 2
Gambar Kartun bergerak dan bercerita,
Animator Walt Disney Animation Studios Griselda Sastrawinata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...