Selasa, 24 September 2019

SOSIALISASI PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI PERBATASAN UTARA KALIMANTAN SEIMENGGARIS.

NusanTaRa.Com
byLaDollaHBantA, 24/09/2019


Sikap pribadi manusia dalam mensukseskan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan akan menjadi satu sikap hidup yang mudah dan menyenangkan bagi kita, kalau saja semua sikap tersebut telah membudaya dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu sikap yang mencintai lingkungan dengan menghindari pola pembakaran hutan dan lahan dalam keseharian kita.  Hal tersebutlah yang sebenarnya yang ingin menjadi implementasi dari Permen LH Nomor : P.32/MenLHK/SetJen/Kum.1/3/2016 tentang pengendalian dan pengelolaan Lingkungan Hidup terhadap kehidupan masyarakat Indonesia khusus masyarakat sekitar Hutan. 


Budaya hidup demikian akan menciptakan keseimbangan alam yang mendukung kehidupan manusia yang seimbang dengan alam tapi ia membutuhkan perjuangan sedini mungkin dan kita mulai dari kehidupan rumah tangga hingga kejenjang lebih luas, demikian salah satu sambutan Kabid PP dan KL mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Nunukan dalam acara Sosialisa Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kec. SeiMenggaris Kabupaten Nunukan.


Salah satu hal penting dalam Pengendalian kebakaran Hutan dan Lahan adalah pemberian advokasi bagi kepentingan para terkait yang dirugikan oleh kebakaran agar mereka dapat kemudahan dan petunjuk dalam mengatasi problemnya dan ini menjadi satu tugas dari Dalkarhutla.  “ Penyelesaian kasus dalam dalkarhutla tentunya akan melibatkan semua unsur dalam badan tersebut termasuk dari satuan Polres setempat “, Ujar SiDin Mohammad Husaini SIK MH.  Kapolres Kabupaten Nunukan di acara Sosialisasi tersebut.

Acara Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan yang berlangsung dari DLH Kab. Nunukan di Gedung Petemuan Kecamatan SeiMenggaris dibuka Camat Agus Arief SIP dengan harapan agar kesadaran setiap masyarakat dan usahawan yang berada seputar kawasan tersebut dapat memahi dan mengamalkannya.   Kegiatan ini berlangsung selama dua hari sejak  23/24 – September – 2019 di ikuti sekitar 50 peserta dari masyarakat seputar hutan, Petani dan perusahaan yang berada di kawasan tersebut serta di isi pemateri dari Camat SeiMenggaris (Agus Arief Ngatidjen, SIP), Danramil SeiMenggaris (Suseno), Kapolres Nunukan (AKBP Mohammad Husaini, S.IK.,MH), Kabid PP dan KL Dinas LH, Ir. Bakri Supian, Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Kab. Nunukan (Hasan SP) dan Kasubid Pengendalian Lingkungan  DLH (Muh. Irfan Ahmad, Ir. Msi).

DanRamil Suseno dalam paparannya mengatakan, Penangan Kebakaran hutan yang sangat merugikan bagi masyarakat baik dari sisi Ekonomi, Ekologis, Sosial, Budaya tentunya membutuh satu tindakan nyata yang terencana sehingga tercapai semaksimal mungkin dan efek kerugian yang kecil, melalui penglibatan elemen Regu pemadam kebakaran yang ada dalam Manggala Agni kabupaten.

Hasan SP dari BNPB Kab. Nunukan mengatakan, penangan Dalkarhutla memerlukan tindakan satu pencegahan dini sehingga kejaadian dapat ditekan sekecil mungkin dan penaganannya dapat terlaksana secara lebih terencana.  Pencegahan dini dapat berupa penyadaran para terkait dengan kebakaran Hutan dan Lahan untuk tidak berbuat seenaknya, Penyiapan data Hotspot (titik apai) melalui satelit, Pemetaan kawasan rawan kebakaran, Penyiapan Regu pemadam kebakaran yang sesuai dan berkemampuan dll.

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang menimbulkan kerugiaan cukup besar setiap tahun tentunya sangat merugikan, tahun 2019 ini diperkirakan sekitar 328.722 Ha luas lahan menjadi lahapan api di tanah air terbesar di NTT 108 ribu ha dan Kalimantan tengah 45 ribu ha.  Kerugian lain bahwa Karhutla menimbulkan kabut asap yang dapat merusakan kesehatan berupa ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Akut) dan tercatat tahun 2019 yang terkena ISPA Kalbar 163.662 jiwa dan Sumsel 291.801 jiwa.



SeiMenggaris Perbatsan utara Kalimantan,
Sosialisasi Dalkarhutla menyadarkan bahaya kebakaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...