Kamis, 05 September 2019

SEKILAS KEDAMAIAN UMMAT ISLAM PATTANI DI THAILAND SOLATAN.

NusanTaRa.Com
byPakeLEE,  04/09/2019



" Pemerintah Thailand memberikan kebebasan kepada seluruh umat Islam di Thailand selatan untuk menjalankan ibadahnya, khususnya Pattani yang mayoritas beragama Islam ", Ujar SiDin Ismail Ishaq Benjasmith  tokoh agama Islam Pattani, di Pusat Perhimpunan Warga  Pattani, Thailand, Rabu (4/9/2019).   Hal itu merupakan sebagan dari gambaran bahwwa Thailand yang mayoritas beragama Buddha memberikan perhatian yang sangat besar bagi umat muslim yang berada di Thailand bagian selatan, khususnya Pattani.

Pemerintah Thailand, khususnya Kerajaan juga memberikan bantuan kepada seluruh pondok pesantren yang hanya mengajarkan ilmu ugama sahaja,   yang ada di Pattani dan provinsi Thailand selatan lainnya, seperti Yala dan Narathiwat.   " Pondok pesantren yang mengajarkan ilmu agama dan ilmu akademik (ilmu pengetahuan lainnya) akan diberikan bantuan dana dari kerajaan ", Ujar SiDin Ismail.

Pelajar yang beragama Islam dan beragama Budha belajar bersama, mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga tingkat sekolah menengah atas (SMA) di Sekolah Rajprachanukroh, Provinsi Pattani, Thailand selatan, yang dibangun Raja ke-9 Thailand, Bhumibol Adulyadej.   " Sekolah ini dibangun dengan tujuan agar pelajar Muslim dan pelajar beragama Budha bisa belajar secara bersama-sama ", Ujar SiDin Chanchai Sudjai Ketua Sekolah Rajprachanukroh  di Pattani,  Rabu (4/9/2019).

Ketika itu kondisi banyak masyarakat Pattani yang kurang mampu, Raja ke-9 Thailand Bhumibol Adulyadej membangun sekolah ini.  Sekolah milik kerajaan ini memiliki pelajar 654 pelajar dan sekitar 95 persennya beragama Islam dan  sebagian besar karyawan yang bekerja di sekolah ini beragama Islam, yakni sekitar 90 persen muslim.

Selama ini, Hubungan antara pemerintah Thailand dan umat Islam di Pattani berlangsung baik, demikian dengan  hubungan umat Islam dan umat Budha di Pattani mereka saling hormat menghormati.   Bahkan disetiap acara yang digelar oleh umat Islam, masyarakat Budha selalu ikut bersama. Begitu juga sebaliknya. " Tidak ada perbedaan sikap antara kami (umat Islam) dengan umat Budha  ", Ujar Kepala Desa.  

Setiap kali ada acara keagamaan umat Islam di sekolah,  karyawan atau pelajar beragama Budha juga bisa ikut bersama, seperti acara buka puasa bersama  dan  apabila ada acara keagamaan umat Budha, karyawan/pelajar Muslim tidak boleh ikut,   " Mereka (umat Islam) hanya partisipasi saja atau melihat acaranya tanpa terlibat secara langsung ", Ujar SiDin Sudjai.    Berkenaan dengan ibadah, pelajar Islam dibebaskan untuk melaksanakan ibadahnya,   bahkan pihak sekolah membawa siswanya untuk membersihkan masjid di sekitar sekolah dan belajar di masjid demikian juga pelajar beragama Budha juga ikut membersihkan kuil yang berada di sekitar sekolah, agar mereka lebih memahami agama mereka masing-masing.

Pihak sekolah tidak melarang siswanya menggunakan hijab atau berjilbab asalkan pakaiannya disesuaikan dengan seragam sekolah,  " Tidak ada larangan bajunya menutup aurat sesuai dengan syariat Islam ", kata Sudjai.   Sekolah ini memberikan pelajaran tentang ilmu pengetahuan, para pelajar juga diberikan pelatihan membuat kue, menjahit, membatik, cara memijit, bermain musik, menari, dan lainnya.   Hal itu diberikan agar para pelajar memiliki kemampuan atau keterampilan untuk membuat kue, membuat baju dan lainnya, sehingga usai lulus sekolah bisa membuka usaha secara mandiri.

Perhatian Pemerintah Thailand terhadap ummat Islam di Thailandpun  dapat terlihat seperti dengan pemberian bantuan atau dana hibah kepada pondok pesantren serta memberikan beasiswa kepada pelajar muslim yang tidak mampu, yakni sekitar 13 ribu bath/orang/tahun.  Pemerintah Thailand juga memberikan bantuan kepada imam-imam masjid sebesar 3.000 bath/bulan dan guru taman kanak-kanak sebesar 8.000 bath/bulan.
Mesjid Wadi Al-Husein di Provinsi Narathiwat, Thailand Selatan
Thailand Negara Buddha,
Islam Pattani dapat perlakuan sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...