Senin, 09 September 2019

INDONESIA MASUK SATU DARI SEPULUH NEGARA PENGHASIL IKAN TERBESAR DI DUNIA

NusanTaRa.Com
byLaDollaHBantA, 05/03/2019



Tak dapat dipungkiri bahwa ikan termasuk satu penganan yang penting di dunia selain sumber gizi dan proteinnya juga kenikmatan rasanya kala dihidangkan sangat Yammiiii  .......   bagi penggemar kuliner.    Hidangan laut merupakan salah satu makanan lezat yang paling dicintai di seluruh dunia karena banyak sekali manfaat yang didapat dari ikan,  namun, ikan bukanlah komoditas murah di sebagian besar pasar karena produksinya terbatas.

Meski pengembangan produksi telah berkembang kearah akuakultur atau budidaya dalam mengimbangi produksi tangkap dan ketepatan kebutuhan pasar serta permintaan kebutuhan pasar, namun produksi penangkapan dari perairan masih jadi prouksi handalan. Meskipun demikian, ada negara-negara yang dikenal sebagai negara pengekspor ikan terkemuka di dunia yang merupakan produksi ikan tertinggi.


Sehingga produksi ikan adalah kegiatan ekonomi penting bagi masyarakat dunia,  yang dilaporkan selain prouksinya juga menciptakan lebih dari 500 juta pekerjaan secara langsung atau tidak langsung di negara-negara berkembang.  Berikut 10 negara penghasil ikan terbesar di dunia, dilansir dari the Daily record, Sabtu (2/2/2019).


1.  China


China merupakan negara terkemuka dalam hal produksi produk ikan.  Negara telah memegang posisi pertama produksi ikan terbesar begitu lama dan tidak pernah memiliki persaingan yang besar.


Negara tersebut memiliki sepertiga produksi ikan dunia. Selama bertahun-tahun, China telah mendorong budidaya ikan sehingga dapat meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan yang meningkat di seluruh dunia. Selain itu, pendekatan dan teknologi akuakultur mereka telah dipinjam oleh banyak negara di seluruh dunia dan telah terbukti efektif dan efisien dalam meningkatkan produksi secara berkelanjutan. Industri perikanan di China menciptakan lapangan kerja hingga lebih dari 14 juta orang secara langsung. Produksi tahunannya diperkirakan sekitar 58,8 juta metrik ton.

 2.  India 

Negara ini memiliki sejarah panjang akuakultur, mengingat telah mendirikan peternakan ikan mas pada awal abad ke-19. Pertumbuhan tersebut berlanjut hingga menjadi produsen ikan terbesar kedua di dunia. Produksi ini diperkirakan 6% dari ikan yang diproduksi secara global. Karena besarnya ekspor dari negara tersebut, Eropa Union telah memperketat aturan tentang produk ikan dari India yang mengklaim bahwa mereka perlu di bawah pengawasan ketat untuk menghindari penyebaran penyakit dan kontaminasi.

Penelitian menunjukkan bahwa negara India memiliki potensi besar untuk meningkatkan produksi ikan jika lebih banyak udang yang dibudidayakan tersebar dengan baik di seluruh lahan yang tersedia. Produksi ikan di India diperkirakan mencapai 9,45.892 metrik ton per tahun.

 3.  Indonesia.

Hasil memancing di Indonesia menyumbang sekitar 3% dari PDB hasil perikanan.  Meskipun hasil memancing di Indonesia beberapa tahun yang lalu menurun, namun mulai berinvestasi dalam pertumbuhan cepat pertanian untuk meningkatkan produksi ikan.  Hal ini telah membantu Indonesia untuk tetap berada di puncak  sebagai negara penghasil perikanan sekaligus membuktikan Indonesia telah  menguasai seni memproduksi ikan.

Selanjutnya, Indonesia termasuk negara dalam wilayah  Segitiga Terumbu Karang yang dianggap tuan rumah keanekaragaman ikan terbesar di dunia dengan sekitar lebih dari 1.650 spesies.  Beberapa spesies yang ditemukan di negara ini adalah pari manta, hiu, kura-kura, lumba-lumba, sotong, moray, scorpaenidae, dan gurita. Produksi ikan tahunan di negara ini diperkirakan mencapai 6.101.725 metrik ton.

 4.  Peru.

 Peru merupakan produsen ikan terkemuka pada 1960-an sebelum jatuh ke posisi 4. Penurunan ini disebabkan oleh penangkapan ikan berlebihan di garis pantainya yang mengakibatkan kepunahan berbagai jenis ikan.

Memancing di Peru adalah salah satu kegiatan ekonomi utama yang telah menciptakan banyak pekerjaan dalam ekonomi mereka. Garis pantai Peru lebih dari 3.000 km menyediakan penangkapan ikan yang memadai untuk lebih dari 50 spesies. Selain itu, kehadiran 12.000 danau dan laguna telah meningkat budidaya di negara ini untuk membantu menghasilkan lebih banyak ikan yang memenuhi kebutuhan domestik dan permintaan internasional.

Beberapa spesies dominan yang ditemukan di negara ini adalah shad, laut bass, ikan pedang, tuna, herring, dan ikan teri. Diperkirakan bahwa negara tersebut memiliki produksi ikan tahunan sekitar 5.854.233.

 5.  Amerika Serikat.

 Negara ini memiliki garis pantai sekitar 200 mil, dan zona akuatiknya adalah yang terbesar di dunia seluas 11,4 juta kilometer persegi. Ini memberi mereka peluang besar menjadi yang terdepan dalam industri perikanan di seluruh dunia. Selain itu, ada banyak yang dibudidayakan dan budidaya ikan tersebut melintasi tanah sehingga dapat meningkatkan produksi yang dapat memuaskan domestik dan permintaan ekspor.

Beberapa spesies yang paling dominan di AS adalah salmon, pollock, cod, menhaden, dan flatfish. Negara ini diyakini memiliki tingkat produksi 5.360.597 metrik ton per tahun.

 6.  Chili.

 Chili dianggap sebagai negara kedua setelah Norwegia dalam pertanian Salmon Atlantik. Negara ini memiliki hak istimewa untuk memiliki panjang garis pantai yang memanjang hingga 2.500 mil, ini mendorong pertanian skala kecil ke banyak keluarga untuk membuat sejumlah besar sumber pendapatan. Selain itu, penelitian menyatakan bahwa Humboldt Current mendukung Laut Chili untuk menjadikannya ekosistem laut produktif terbesar di dunia. Spesies ikan yang paling umum adalah trout, abalone, tiram, dan scallop. Hal ini memperkirakan produksi ikan tahunan di Chili mencapai 5.028.539 metrik ton.

 7.  Jepang.

 Jepang dikenal dengan hidangan Shushi-nya dan beberapa variasi hidangan ikan yang terkenal. Jepang memiliki spesies ikan langka yang disebut Fungu beracun dan mematikan jika tidak ditangani dengan benar. Namun, ini tidak menghalangi nelayan dari menangkap ikan tersebut dan menggunakannya untuk menyiapkan makanan yang sangat lezat. Penelitian menunjukkan bahwa negara itu menghasilkan sekitar 4.819.116 metrik ton ikan setiap tahunnya yang diekspor.

 8.  Thailand.

 Negara ini terkenal dengan produksi besar Nil Nila, udang sungai raksasa, dan ikan lele hibrida. Akuakulturnya telah dipraktikkan selama lebih dari 80 tahun, mereka meminjam konsep tersebut dari Bangkok setelah impor ikan mas di China.

Saat ini, negara ini memiliki lebih dari 50 jenis spesies air tawar dan mereka terus meningkat setelah mengadopsi air payau sistem akuakultur. Akuakultur modern ini telah meningkat setelah mengintegrasikan intensif teknologi kultur di sepanjang garis pantai. Hal ini telah meningkatkan produksi dan perikanan meningkat dalam pertumbuhan pendapatan mereka yang merupakan investasi yang sukses. Perlu dicatat bahwa negara tersebut menghasilkan sekitar 3.743.564 metrik ton per tahun.

 9.  Vietnam.

Akuakultur Vietnam sudah ada sejak tahun 1960-an dan telah tumbuh secara bertahap menjadi salah satu negara utama untuk ekspor ikan. Negara ini dikenal karena spesiesnya yang luas dengan ikan yang jumlahnya mencapai 2.458, ini memperkaya masakan makanan laut mereka karena keanekaragamannya terjamin.

Selain itu, produk ikan adalah salah satu ekspor penting negara itu sejak mereka telah menambahkannya dengan krustasea yang dibudidayakan di pertanian untuk meningkatkan produksinya. Produksi tahunan mereka mencapai 3.367.853 metrik ton dengan udang windu dan lele raksasa sebagai spesies utama.

 10.  Rusia.

 Topografi Rusia memungkinkannya untuk menjadi peringkat di antara 10 produsen ikan teratas di dunia. Negara ini dibatasi oleh 3 samudera dan memiliki sekitar 2 juta sungai yang mengalir melintasi tanah. Peneliti terkejut bahwa negara dengan sumber daya alam bukanlah penghasil ikan terkemuka di dunia. Namun, melewati masa lalu dekade Rusia telah menghadapi tantangan yang masih harus mereka hilangkan. Permintaan domestik di Rusia untuk ikan tinggi dan membutuhkan peningkatan produksi ikan untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor.   Negara ini diperkirakan memiliki persediaan ikan tahunan sebesar 3.305.749 metrik ton.  
drEKofinance, Mulyani, 02/02/2019. 

Ikan terbang tak mungkin di Danau,
Indonesia Negara pengekspor ikan terbesar di dunia tau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...