Sabtu, 07 September 2019

PABRIK MOBIL ESEMKA AKHIRNYA DIRESMIKAN JOKOWI DI BOYOLALA.

NusanTaRa.Com
byMapiroHBorrA, 07/09/2019



Akhirnya kehadiran Mobil produksi anak bangsa Esemka yang cukup lama kita tunggu hadir juga setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik Esemka yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolala, Jawa Tengah, Jumat (06/09/2019).    Dalam pidatonya Jokowi bicara keberadaan pabrik Esemka bisa menimbulkan dampak positif  buat perekonomian Indonesia,  terutama di Boyolala yang dikatakan akan mendapat manfaat sangat besar,  "  Sebab itu kita semuanya harus mendukung  ", Ujar SiDin Jokowi dalam sesi pidatonya.

"  Saya bersama seluruh karyawan Solo Manufaktur Kreasi merasa sangat berbahagia dan berterima kasih atas semua dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak sehingga pada akhirnya kami berhasil membangun pabrik dan seluruh fasilitas Esemka  ", Ujar SiDin  Eddy.   Selain meresmikan pabrik, SMK juga memperkenalkan model pertama yang diproduksi massal yaitu pikap bernama Bima dengan  dua pilihan mesin buat kendaraan niaga ringan ini, yaitu 1.200 cc dan 1.300 cc.  Di pasar otomotif nasional Bima bakal bersaing dengan produk Jepang, yaitu Suzuki Carry dan Daihatsu Gran  Max.

Peresmian itu juga sekaligus memperkenalkan fasilitas produksi di pabriknya yang berada di Jalan Raya Demangan KM 3.5 Sambi-Boyolali dan  mengatakan  pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta. Bukan mobil nasional (mobnas) seperti yang dipahami selama ini.   " Lebih tepatnya merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri ",  Ujar SiDin Edy  dan  "  Kami berharap dengan diresmikannya fasilitas ini Esemka bisa merintis kemajuan industri otomotif buatan Indonesia  ".  Dalam peresmian itu juga diluncurkan dua varian mobil Esemka yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3. Kedua produk tersebut diberandol dengan harga sekitar Rp 110 juta.

Peresmian pabrik  tersebut itu dihadiri Menteri Perindustrian  Airlangga Hartarto,  Menteri ESDM Ignasius Jonan,  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presdir PT Esemka Eddy Wirajaya dan lainnya.    Pabrik Esemka dikelola oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang juga berperan sebagai pemegang merek, fasilitas ini luasnya 12.500 ribu meter persegi dan dibangun di atas lahan 115 ribu meter persegi. Di pabrik ini terdapat proses produksi seperti perakitan kendaraan, pengecatan, sampai pengetesan.

"  Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua  ", Ujar SiDin Jokowi dalam peresmian di Boyolala.  Peresmian itu juga sekaligus memperkenalkan fasilitas produksi di pabriknya yang berada di Jalan Raya Demangan KM 3.5 Sambi-Boyolali dan  mengatakan  pabrik Esemka adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta. Bukan mobil nasional (mobnas) seperti yang dipahami selama ini.   " Lebih tepatnya merupakan mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri ",  Ujar SiDin Edy  dan  "  Kami berharap dengan diresmikannya fasilitas ini Esemka bisa merintis kemajuan industri otomotif buatan Indonesia  ".  Dalam peresmian itu juga diluncurkan dua varian mobil Esemka yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3. Kedua produk tersebut diberandol dengan harga sekitar Rp 110 juta.

Nilai investasi yang digelontorkan  untuk  pabrik ini disebut sebesar Rp 600 miliar. Kapasitas produksi pabrik dikatakan mencapai 18 ribu unit per tahun, itu berarti 1.500 unit per bulan atau sekitar 50 unit per hari.   Eddy Wirajaya, Presiden Direktur SMK (Solo Manufactur Kreasi)  menyampaikan, peresmian pabrik ini diharapkan mampu membuat Esemka merintis di industri otomotif  Tanah Air dan  peresmian ini termasuk upaya peningkatan Sumber Daya Manusia di Indonesia melalui  penyeleksian  rutin  bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan membantu proses produksi mobil Esemka.

Perjalanan Esemka tak mudah hingga akhirnya    Can be Launching Now  “, Ujar SiDin AceTSinrikyULegenD@ Pengamat Automotif  LegenD,  di mulai dari 2008 lalu, mereka setapak demi setapak meraba industri otomotif dalam negeri. Tim Esemka mulai menggali kemungkinan untuk pengembangan mobil Indonesia.  " Tapi kalau lihat produknya tadi, saya sudah buka, sudah nyoba, sudah lihat sudah tes, memang wajib kita beli barang ini. Kalau beli barang dari produk lain ya kebangeten, apalagi yang impor  ", Ujar SiDin Jokowi. 

PT Solo Manufaktur Kreasi ini adalah perusahaan nasional yang sepenuhnya dimiliki oleh swasta. Kendati Esemka bukan mobil nasional, sebagai produk dalam negeri, tentu kehadirannya memberikan efek penting bagi pergerakan ekonomi.   Esemka akan memberikan efek berantai bagi industri pemasok otomotif lokal lainnya. Karena itulah kita semua harus mendukungnya. Apalagi produknya pun bagus, saya sudah mencobanya (dari Laman FB Jokowi).

  
Gareng dan Petruk Nolak Bemo,
Pabrik Esemka diresmikan Presiden Joko.

1 komentar:

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...