Rabu, 20 Maret 2019

SKYLODGE DI PURWAKARTA YANG TERTINGGI DI DUNIA DENGAN SEJUTA PESONA

NusanTaRa.Com
byMcDonalDBiunG,  08/02/2019



Untuk dapat menikmati sensasi menginap di Skylodge atau  hotel gantung bagi warga Indonesia  tak perlu pergi ke luar negeri,  karena sekarang ini  kita dapat mencobanya di tanah air yang terdapat di Purwakarta Jawa Barat.   Skylodge " hotel gantung "  persisnya terletak di sisi tebing Gunung Parang, Purwakarta yang memiliki  ketinggian 500 meter dan dibangun oleh Badega Gunung Parang selaku operator Outdoor Activity .    Skylodge pertama di dunia  terletak di Peru pada  di ketinggian 122 meter di atas permukaan laut (mdpl) sebagai satu  sensasi menginap di pinggir tebing curam untuk menguji adrenalin dan uji nyali. 

Skylodge pertama di Indonesia ini pertama di buka untuk umum sejak akhir Oktober 2017, Hotel gantung ini  tercatat sebagai  yang pertama di Asia dan tertinggi di dunia.  Hotel ini hanya menyediakan satu kamar nginap yang dapat ditempati 4 orang sehingga para tamu harus memesannya jauh-jauh hari sebelumnya.    Meski pihak penyelenggara telah merencanakan penambahan sebanyak 9 skylodge yang akan rampung sekitar akhir tahun 2018 dan berlokasi disekitar skylodge yang pertama.

Untuk dapat mencapai Skylodge di ketinggian 500 meter para tamu harus tracking  dari basecamp  menelusuri area persawahan dan lereng gunung yang dipenuhi bebatuan untuk mencapai titik pemanjatan.     Pemanjatan di mula dengan tangga pertama via ferrata yaitu tangga dari besi yang ditancapkan pada dinding-dinding batu di lereng gunung  dan via ferrata  di Gunung Parang ini merupakan via ferrata tertinggi kedua di Asia.

 Via ferrata berada pada  ketinggian sekitar 100 kaki, jarak  100 meter dan posisi  lurus  curam tanpa banyak kelokan waktu tempuh sekitar 20 menit.   Selanjutnya perjalanan menuju ketinggian 200 kaki lama perjalana 1 jam dan selanjutnya menuju ketinggian 500 kaki dengan kecuraman sadis, banyak kelokan, angina berhembus kencang.   Selama melakoni tiga etape perjalanan tersebut para tamu dapat menikmati keindahan perumahan desa, lahan pertanian, kemegahan waduk jatiluhur,    keindahan liuk sungai dan lereng, banjaran gunung  dan semakin tinggi tentunya wawasan cakrawala semakin melebar dan penuh sensasi yang indah, tentunya dengan sensasi yang menguji adrenalin pengunjung semakin hebat.

Akhir dari perjalanan dilakukan dengan menyeberang menuju bangunan hotel menggunakan system Tyrolean, yaitu dengan cara bergantung serta meluncur pada seutas tali,   total waktu yang ditempuh dari basecamp menuju skylodge sekitar 3 jam.   Pintu masuk kamar hotel ini tidak berada disamping, melainkan dibagian atap  dengan tangga menuju ke lantai kamar dan di  kamar  wisatawan akan menjumpai fasilitas yang lengkap layaknya kamar hotel pada umumnya.   

 
Salah satu penggagas sky lodge Padjadjaran Anyar sekaligus operator via ferrata Badega Gunung Parang, Dhani Daelami mengatakan bahwa untuk menginap di hotel dengan sensasi tersendiri tentu akan sedikit lebih mahal, melihat keunggulan dan layanan khusus tersedniri.     Biayanya itu (menginap di hotel gantung atau sky lodge Padjajaran Anyar Purwakarta) besarnya Rp 4 juta untuk per malamnya  ”, Ujar SiDin Dhani, minggu 19/11/2017.  
 
Harga untuk menginap tersebut bagi satu kamar per malamnya,  sementara, kamar tersebut dapat diisi oleh enam orang tamu namun idealnya agar para penginap dapat lebih nyaman tidur dan mengeksplore pemandangan dari ketinggian ini sebaiknya diisi untuk empat orang tamu dewasa.   Bayaran tersebut termasuk layanan  tiga kali hidangan makanan siap saji dan fasilitas yang ada dalam kamar hotel.   Fasilitas tersebut  seperti colokan listrik, pendingin ruangan (AC), empat kasur, bantal, selimut, lampu, televisi, meja makan, gelas, sondok, handy talkie, air mineral galon, wastafel, microwave (pemanas makanan), pemanas listrik, dan toilet portable.

Service lain yang diperoleh tamu dengan bayaran tersebut, termasuk biaya asuransi untuk para tamu,   alat pengaman yang digunakan saat memanjat melalui via ferrata atau tangga besi dan juga tyrolean atau menyeberang dengan menggantung pada tali yang membentang.   Spesial Pemandu akan tersedia selalu untuk membantu para tamu  yang tersedia setiap saat selama 24 jam,   apabila  dibutuhkan mereka  akan segera memanjat hingga ketinggian 500 meter, dan memberikan apa yang diminta para tamu.

Ketika anda bangun pagi berada di ruangan kamar Skylodge banyak yang sangat sensasi yang dapat anda rasakan Pertama,  Bagaimana rasa sensasi yang ngeri mentap kebawah ketinggian 500 meter rumah dan sawah jadi kecil, Kedua Desiran angina yang cukup kencang, Ketiga Menatap indahnya persawahan di bawah sanah yang mengecil, Keempat menyaksikan kesempurnaan keagungan waduk Jatilihur yang dikurung perbukitan, Kelima menatap pesona awal dipedesaan yang terlihat jauh, Keenam Binar pesona matahari pagi yang mempesona mengawali hari dan banyak lagi.


Semakin tinggi semakin luas tatapan,

Skylodge Purwakarta tertinggi di dunia semakin nyaman.

2 komentar:

  1. Kepingin siihhhhh nginaap di Skylodge tersebut penuh sensasi di ketinggin ........ cuman membayangin menapak jalan di lereng tsbt menuju Logge tersebut benar ngeri2 merinding.....

    BalasHapus
  2. Hidup dikesepian daan ketinggian ...... plabomora bangetman

    BalasHapus

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...