Sabtu, 30 Maret 2019

GEORGE CLOONEY SERUKAN BOIKET HOTEL SULTAN BRUNEI TERKAIT PENERAPAN HUKUM LGBT.

NusanTaRa.Com
byLaDollaHBantA, 30/03/2019


Kebijakan Sultan Brunei  Darussalam  yang akan memberlakukan hukum Rajam dan /atau cambuk  bagi warganya yang melakukan hubungan seksual sesama jenis dan berzina, mulai bulan depan  (April 2019),  mulai mendapatkan tantangan khususnya dari para aktipis kemanusian.    Bintang film dan aktivis George Clooney hari Jumat (29/03/2019),   menentang keras kebijakan tersebut dengan menyerukan pemboikotan terhadap sembilan hotel di Amerika dan Eropa yang terkait dengan Sultan Brunei Darussalam.      

Penerapan hukum bagi pelaku LGBT tersebut  sedianya telah dimulai sejak tahun 2014, oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang memerintah di negara kerajaan kaya minyak dengan wewenang eksekutif penuh,  namun kecaman dan tekanan dunia International membuatnya menundah penerapan itu.    Hotel-hotel milik Sultan Hassanal Bolkiah yang berada di luar negeri sebagaimana dilaporkan  Associated Press, ada sembilan hotel di Amerika dan Eropa  dikelola  Brunei Investment Agency, diantaranya  Hotel  The Dorchester dan Coworth Park di Inggris, Beverly Hills Hotel dan Hotel Bel-Air di Los Angeles, Le Meurice dan Hotel Plaza Athenee di Paris, Hotel Eden di Roma dan Hotel Principe di Savoia, Milan.

George Clooney menulis dalam satu opininya di Deadline Hollywood,      Setiap kita bermalam, atau mengadakan pertemuan, atau makan malam di salah satu dari sembilan hotel ini, kita memberikan uang secara langsung ke kantung orang-orang yang memilih untuk melakukan hukum rajam dan cambuk sampai mati terhadap warga negaranya sendiri karena mereka gay atau dituduh berzina  ”.  Clooney pun menambahkan     Apakah kita masih akan membantu mendanai pembunuhan warga tidak berdosa  ?    dan     kita tidak dapat mempermalukan rejim pembunuh, tetapi dapat mempermalukan bank, pemodal dan lembaga yang berbisnis dengan mereka  ”.

Kebijakan  Brunei Darussalam terkait LGBT  juga mendapat kecaman dari  Dustin Lance Black seorang  sutradara, penulis, produser film televisi dan aktivis LGBT dan mencuit ‘     Jika Anda tetap menginap atau sering menginap di Beverly Hills Hotel, berarti Anda ikut bersalah karena mendukung keuangan para pembunuh ini  ’’. 


  Menjatuhkan hukum rajam hingga mati bagi homoseksualitas atau perzinaan adalah hal yang mengerikan dan tidak bermoral. Setiap orang di bumi berhak diperlakukan secara bermartabat dan hidup tanpa rasa takut. Tidak ada alasan – bukan budaya, bukan tradisi – bagi kebencian dan perlakuan tidak manusiawi semacam ini  ”, Ujar SiDin Joe Biden Mantan Wakil Presiden USA di Twitter.    Sebenarnya dalam hukum pidana yang berlaku saat ini di Brunei,  hubungan seksual sesama jenis  sudah mendapatkan apresiasi dengan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara.

 ‘’  Menerapkan hukum pidana yang sesuai dengan kewajiban hak asasi  ’’  dan   ‘’  Pada dasarnya orientasi seksual dan identitas gender adalah pilihan individu,  yang seharusnya dalam keadaan apapun tidak dikenakan hukuman, kodifikasi hukum atau praktik diskriminatif  ’’, Ujar SiDin  Antonio Panzeri Ketua Parlemen Eropah Sub Komiite HAM.    The European Parliament’s Intergroup on LGBTI Rights akan mengirim surat kepada Sultan Brunei hari Senin (1/4) mendatang, demikian ujar sekretaris badan itu, Juliette Sanchez-Lambert kepada Reuters.

Ajakan  pemboikotan Sudah Pernah Diserukan Tahun 2014  lalu,  Opray Winfrey dan Ellen DeGeneres juga mendukung langkah pemboikotan setelah otorita berwenang di Brunei mengambil tindakan keras terhadap perilaku gay dan lesbian dan Amerika dan Inggris memperbarui nasehat perjalanan kepada warganya  yang ingin melakukan perjalanan ke Brunei Darussalam.

 Juru bicara Dorchester Collection di Inggris kepada Reuters mengatakan kelompok hotel itu “mendukung nilai-nilai dan keragaman budaya tamu dan karyawan hotel kami,” dan menambahkan   “  Keterbukaan dan keragaman tetap menjadi keyakinan utama kami karena kami tidak mentolerir segala bentuk diskriminasi  ”.
Reff. VOA, 30/03/2019
The Dorcester Hotel London
Hak Azazi satu bagian dengan Manusia, 
Sultan Bolkiah menerapkan hukum Islam bagi LGBT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...