Sabtu, 31 Agustus 2024

SAFARI DAKWAH KH M SYAUQI MZ BERSAMA KOLBU DI NUNUKAN BERTHEMA “ KEBAHAGIAN UNTUK PALESTINA DI HARI KEMERDEKAAN INDONESIA “.

NusaNTaRa.Com   

byMuhammaDBakrI,    R  a  b  u,    2   8     A   g   u   s   t   u   s     2   0   2   4

Ustad KH M Syauqi MZ  Safari Dakwah di Nunukan Kaltara

KH M SYAUQI MZ.   Safari Dakwah di bulan  ?  1445 H, majelis Taklim Persaudaraan Islam Kabupaten Nunukan,  Kolbu  (Komunitas Laskar Berbagi Ummah)  dan bersama KH Muhammad Sauqy MZ anak kandung Dai Kondang Alm KH Zainuddin MZ mengadakan Perjalanan Dakwah di Beberapa Masjid di Kabupaten Nunukan  Kalimantan Utara dengan thema   “ Kebahagian untuk Palestina di Hari  Kemerdekaan Indonesia “ dan  sekaligus mengadakan Penggalangan Dana untuk Palestina. 

Safari Dakwah Kedua di Masjid Agung  Al-Mujahiddin Nunukan  Kamis  28 Maret 2024   dan ketiganya di Mesjid Kecamatan Sebatik Timur.   Sementara  safari Dakwah pertama di Nunukan  diadakan pada  Rabu pagi 27 Maret 2024 acara di laksanakan Ba'da sholat Subuh di Masjjd Taqwa Nunukan, di hadiri para Ustadz, tokoh, Ulama  dan Warga setempat dengan antusias jamaah luar biasa.

Acara pembukaan  dianataranya,  kata Sambutan dari Pembina Majelis Taklim Persaudaraan Islam Ustadz Muslim Istiqomah yang juga Pembina Ponpes Asbabul Rahmah Kota Tebing Tinggi. serta penjelasan seputar kondisi saudara muslim kita di Palestima yaitu di Kota Raffa dan Gazza yang semakin memprihatinkan  dan dikhawatirkan  akan kekurangan pangan sementara 18.000  anak-anak terpisah atai kehilangan orang tuanya.

Bahkan dipaparkan bahwa kondisi memprihatinkan  ummat Islam di Palestina  terutama  paska pengeboman  lokasi ummat muslim oleh pasukan Israel yang menyebabkan  banyak ummat Islam yang meninggal serta bangunan yang rusak parah serta  tekanan – takanan pasukan Israel bagi warga palestina.   Seperti Blokade Israel atas warga Palestina  yang berakibatnya  sulit pangan masuk dan mengakibat bahaya kelaparan berakibat kematian,  terlebih paska blockade bantuan dari luar dengan melarang bantuan asing masuk ke Palestina dengan melarang kendaraan memasuki daerah perbatasan  Raffa.

KH Muhammad Sauqy MZ dalam  khutbahnya menyampaikan,  bahwa  kehadiran Safari Dakwah mereka ke seluruh posok daerah Indonesia untuk  menyampaikan kepedihan saudara kita di Palestina yang terancam bahaya Kelaparan dan kematian  karena bombardier kawasan  mereka dan blockade banruan pangan dari Luar negeri yang makin memperparah kondisi disana.   Terutama bagi perkampungan Palestina di Gazza  dan Raffa yang dalam kondisi makin memprihatinkan.

Ummat Islam itu bersaudara  ibarat satu tubuh  berarti bila ada yang sakit yang lain harus  mengetahui dan  memberikan bantuan  untuk meringankan beban mereka sebagai mana tuntunan ajaran ummat Islam,  Bila satu sakit maka yang lainnyapun akan sakit,  Cakap Ustad KH M Syaouqi MZ.   Kehadiran Ustad KH M Syauqi MZ bersama  Kolbu yaitu  Komunitas Laskar  Berbagi  Ummah  ke Nunukan untuk menyampaikan kondisi Islam di Palestina ,  Mengumpulkan dana bantuan  untuk kemudian mengirimkannya  pada Palestina diharapkan dapat meringankan beban hidup sesame muslim disana.

Kemudian ceramah dari KH Muhammad Sauqy MZ membahas  Hikmah Ramadhan, dan bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan kita,   "  Puasa yang kita lakukan harus melahirkan insan-insan yang peka atau peduli dengan orang orang yang lemah   ",   Ujar SiDin Ustadz Muhammad Sauqy MZ dengan Soppengernya (Jumawanya).  .  Ustadz Muhammad Sauqy menekankan, pentingnya saat ini membantu saudara saudara kita di Palestina yang membutuhkan kepedulian kita,oleh karna itu mari kita Bantu mereka dengan segala daya dan kemampuan kita.

Safari Dakwah ke Nunukan berharap kunjungan  dapat membangkitkan semangat dan kepedulian umat Islam di Nunukan  untuk membantu saudara-saudara di Palestina yang membutuhkan bantuan. Sekretaris Dewan Dakwah Kota Langsa, Afrizal Refo, MA, menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan momen penting untuk menggalang dana bagi saudara-saudara kita di Palestina yang membutuhkan bantuan untuk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, air bersih, obat-obatan, pakaian, dan tenda

Karena mereka adalah saudara saudara seiman yang wajib kita tolong, sebagai mana Nabi Muhammad saw Bersabda,    "  tidak berikan seseorang di antara kamu sebelum mencintai saudaramu seperti mencintai diri sendiri  “,    ( HR.Bukhari Muslim).   Melalui kegiatan ini mari kita ulurkan rezeki kita, sebagai bukti keimanan kita kepada Allah swt,ujar Ustadz Muhammad Sauqy,   "  Apalagi saudara saudara kita disana yang di bantai dan dizolimi oleh Israil , maka membantu mereka adalah jihad kita dihadapan Allah swt  ".   Sebagaimana Allah swt Berfirman  "  wahai orang orang yang beriman, bantulah Agama Alah makan pasti Allah akan membantu kamu  ",   ( QS Muhammad ayat 7) .

Di  Akhir ceramah,Ustadz Muhammad Sauqy berharap kita bantu saudara-saudara kita agar kita mendapat ampunan dan Berkah dari Allah Swt dan ustad KH MSyauqy MZ mengajak semua peserta di Mesjid  Al Mujahiddin untuk berdoa bersama agar derita dan Bencana saudara kita segera di Pulihkan.    Acara ditutup dengan Doa dan Penggalangan Dana serta pemberian seperangkat Cinderamata bergambar Palestina.

Anak-anak beristirahat di luar kamp darurat di Rafah, Gaza, 2 Maret 2024.
Sekitar 18.000 anak terpisah atau kehilangan orang tua mereka di Gaza.
 


Ustad M Syauqi MZ dan KOLBU Safari Dakwah ke Nunukan.

Mencari Dana membantu Islam di Palestina keluar dari penderitaan.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTALITA UNTUK MOTOR PENGGUNAANNYA, BISA DIGANTIKAN DENGAN ELPIJI 3 Kg CAKAP DOSEN UGM

NusaNTaRa.Com    byBatiSKambinG,            S    e    l    a    s     a,      1    7        S    e    p    t    e    m    b    e    r     ...