Kamis, 01 Agustus 2024

MENLU AS BERTERIMA KASIH ATAS UCAPAN PRABOWO SUBIANTO BAHWA INDONESIA DUKUNG GENCATAN SENJATA GAZA

NusaNTaRa.Com    

byBahrIHasupiaN,       K    a    m    i    s,     1    3      J     u    n     i       2    0    2   4

Menlu AS Antony bLinken dan Menhankam RI Prabowo Subianto

Antony Blinken Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS)  berterima kasih kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto karena telah  menawarkan bantuan dan mendukung gencatan senjata di Jalur Gaza yang dilanda perang selama lebih dari delapan bulan terakhir.  ketika melakukan kunjungan ke Amman  sebagaimana  dilansir AFP,  Rabu   (12/6/2024), ucapan terima kasih dari Blinken untuk Prabowo itu disampaikan saat keduanya melakukan pertemuan di Yordania pada Selasa (11/6/2024) waktu setempat.

Sebelumnya  pada hari selasa  (11/06/2024) di Amman Yordania  Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, menyampaikan bahwa Indonesia siap bekerja sama dengan para mediator untuk melahirkan perdamaian abadi di Palestina.    Pertemuan itu terjadi setelah Prabowo berbicara di konferensi tingkat tinggi  "Call for Action :  Urgent Humanitarian Response for Gaza”  (“Seruan untuk Bertindak  :  Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza”).     Dalam pidatonya, Prabowo menyebut kemerdekaan Palestina adalah solusi nyata untuk penyelesaian konflik yang sedang berlangsung di Gaza.

Prabowo Subianto,  yang merupakan Presiden terpilih Indonesia ini hasil pemilu bulan lalu,  berjanji untuk mengirimkan pasukan perdamaian jika gencatan senjata yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terwujud dan  dengan  segera .    "  (Blinken) Berterima kasih kepada Menteri Pertahanan atas dukungan Indonesia terhadap proposal untuk segera mencapai gencatan senjata di Gaza dan menjamin pembebasan semua sandera  ",   Ujar Juru  Cakap  Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller, dalam pernyataannya usai pertemuan tersebut.

Ditambahkan Miller bahwa Blinken juga menjelaskan bagaimana inisiatif gencatan senjata yang dipimpin AS   " akan menguntungkan Israel dan Palestina ".     Dalam pertemuan dengan Blinken, Prabowo Subianto  mengatakan bahwa Indonesia siap bekerja sama dengan sejumlah negara untuk mendukung gencatan senjata di Jalur Gaza,   "  Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika, Mesir, dan Qatar untuk memastikan perundingan tetap berjalan serta mewujudkan gencatan senjata permanen dan perdamaian yang adil dan abadi di Palestina.   Gencatan senjata yang segera, penuh, dan menyeluruh sangat penting untuk menghidupkan kembali proses perdamaian  ",  Ujar SiDin Prabowo Subianto dengan Boneernya  (Semangatnya).

"  Pemerintah dan rakyat Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina sebagai solusi riil bagi konflik di Gaza  ",  Ujar SiDin Prabowo Subianto Laji.   Di Amman, Prabowo menyambut baik diadopsinya Resolusi DK PBB 2735 yang diusulkan Presiden AS Joe Biden dengan proposal tiga fase untuk gencatan senjata permanen di Gaza.   Tidak hanya itu, Prabowo menegaskan bahwa Indonesia siap mendukung segala upaya mediasi yang dilakukan AS, Mesir, dan Qatar.

"  Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika, Mesir, dan Qatar untuk memastikan perundingan tetap berjalan serta mewujudkan gencatan senjata permanen dan perdamaian yang adil dan abadi di Palestina.   Gencatan senjata yang segera, penuh, dan menyeluruh sangat penting untuk menghidupkan kembali proses perdamaian  ",   Ujar SiDin Prabowo Subianto.   Blinken berterima kasih dan menyambut baik dukungan tulus Indonesia terhadap proposal gencatan senjata yang diajukan AS  dan  Menlu AS  juga menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk melaksanakan Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia.

Sementara saat berbicara dalam konferensi bantuan di Yordania,  Prabowo  Subianto  menyatakan Indonesia siap mengirimkan tim medis, rumah sakit lapangan  dan kapal rumah sakit ke Jalur Gaza yang dilanda perang.   Dia juga mengatakan bahwa Indonesia akan mengevakuasi 1.000 orang untuk menjalani perawatan medis di wilayah Indonesia, kemudian membantu pemulangan mereka ke Jalur Gaza setelah perang berakhir.   Angka itu mencakup anak-anak di Jalur Gaza yang kehilangan orang tua atau mengalami trauma lainnya.

"  Meskipun kami bersedia untuk mendukung dan berkontribusi terhadap semua upaya ini, solusi akhir dari masalah ini adalah solusi dua negara  ",  Ujar SiDin Prabowo Subianto dengan Plabomoranya (Hebatnya),  dan    "  Hanya dengan solusi dua negara di mana Palestina dan Israel hidup berdampingan dalam keamanan dan keselamatan, kita bisa menyelesaikan masalah ini   ",   Ujar SiDin dengan Cakap Besarnya  Prabowo Subianto  dalam konferensi tersebut.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Luas Negeri AS
AntonyBlinken dalam pertemuan di AMMAN Yordania selasa (12/06/2024)

 

Presiden  RI 2024 – 2029 baru terpilih Prabowo.

Menlu AS berterima kasih atas dukungan perdamaian Gaza Prabowo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANJIR BESAR MELANDA NEGERI MYANMAR TELAH MENELAN KORBAN 226 KORBAN

NusaNTaRa.Com       byPunGKadA,       J  u  m  a  t,    2   0     S   e   p   t   e   m   b   e   r     2   0   2   4 Banjir di Myanmar mene...