Selasa, 06 Agustus 2024

LENIS KAGOYA MENERIMA PANGKAT TITULER TELAH MELEWATI PROSES DI BAIS TNI UJAR KAPUSPEN TNI

NusaNTaRa.Com     

byBambanGBiunG,         M   i   n   g   g   u,    2   1      J    u    l    i      2   0   2   4

Staf Khusus Presiden untuk Papua, Lenis Kogoya saat ditemui seusai pertemuan dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto di Kemenko Polhukam, 4 September 2017

Kepala Pusat Penerangan TNI Brigadir Jenderal Nugraha Gumilar menjelaskan alasan memberikan pangkat kehormatan Letnan Kolonel Tituler ke Lenis Kogoya.,  beliau merupakan eks Staf Khusus Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada 2015-2019.   Nugraha mengatakan, bahwa pemberian pangkat Letkol Tituler ke Lenis Kogoya untuk penugasan di lingkungan Kementerian Pertahanan atau Kemhan RI. Adapun Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua ini kini menjabat sebagai Perwira Menengah Mabes TNI,   "  Dalam rangka mendukung pembangunan dan pengembangan masyarakat wilayah Timur, khususnya Papua  ",  Ujar SiDin Nugraha Gumilar,  Ahad, 21 Juli 2024.

Gelar Tituler adalah suatu gelar atau pangkat yang diberikan kepada seseorang yang dibutuhkan untuk keperluan-keperluan bersifat sementara,  yang diterima dalam rangka melakukan tugas yang berkaitan dengan gelar/pangkat yang diberikan  dan  jika keperluan itu telah dilalui atau telah diselesaikan, maka pangkat dicabut kembali.   Pangkat Militer Tituler tersebut dalam Pasal 6 BAB III,  berbunyi bahwa  orang yang dapat menerima pangkat tituler adalah mereka yang bukan berasal dari militer sukarela atau militer wajib.

Adapun makna lain  Tituler  yang didefinisikan sebagai suatu kepangkatan atau gelar kehormatan yang diperoleh tanpa perlu menjalankan tugas jabatan sebagai yang berhubungan dengan gelarnya. Dalam PP 39/2010, pangkat tituler diberikan kepada warga negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua. Pangkat tituler itu akan dicabut setelah yang bersangkutan tidak lagi memangku jabatan keprajuritan.

Pangkat militer tituler yang pemberiannya berdasarkan pasal 7 ayat (4) berlaku surut sampai saat pemanggilan orang yang bersangkutan dan hanya berlaku sampai pembebasan orang tersebut dari ikatan Angkatan Perang dengan ketentuan bahwa pangkat tituler tersebut dianggap gugur dengan sendirinya dengan berakhirnya  penugasan dan penganugerahan pangkat itu.  Yang pernah menerima pangkat Titular ini sebelumnya Deddy Corbuzie, karena ia punya kemampuan khusus yang dibutuhkan oleh TNI,   dengan pertimbangan kemampuan khusus yang dibutuhkan TNI yakni, kapasitas komunikasi di sosial media.

Nugraha  Gumilarpun  mencakapkan, pemberian pangkat kepada  Lenis Kogoya itu sudah melewati sejumlah proses dan penelitian personel di Badan Intelijen Strategis atau BAIS TNI,  Nugraha menyebut, pemberian gelar kehormatan kepada masyarakat sipil ini sudah sesuai Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 27 ayat 2 C.   Aturan lain yang dijadikan acuan untuk pemberian pangkat kepada warga negara ini ialah Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit TNI, serta Perpang TNI Nomor 50 Tahun 2015 tentang Kepangkatan Prajurit TNI.

Sebelum Lenis Kogoya, pemerintah pernah memberikan pangkat serupa kepada pesohor Deddy Corbuzier. Pangkat itu diberikan melalui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Desember 2022.  Pangkat Letkol Tituler TNI Angkatan Darat milik Deddy Corbuzier ini juga sudah disahkan oleh Panglima TNI kala itu, Jenderal Andika Perkasa, dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman.

Warga negara yang mendapatkan pangkat tituler ini diberlakukan pula hukum militer dan berada dalam kewenangan peradilan militer, sebagaimana yang berlaku bagi prajurit.   Seseorang yang mendapatkan pangkat Letkol Tituler juga berhak mendapatkan tunjangan sebesar 15 persen dari gaji pokok prajurit bagi yang berasal dari pegawai negeri sipil,  nang sesuai dengan pangkat yang dipangkunya, dan tidak termasuk tunjangan keluarga.

Linus Kagoya


Yang menerima Pangkat Letnan Kolel Titular Lenis Kagoya.

Pangkat Titular  untuk kebutuhan tertentu dan sementara.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANJIR BESAR MELANDA NEGERI MYANMAR TELAH MENELAN KORBAN 226 KORBAN

NusaNTaRa.Com       byPunGKadA,       J  u  m  a  t,    2   0     S   e   p   t   e   m   b   e   r     2   0   2   4 Banjir di Myanmar mene...