Rabu, 14 Agustus 2024

DUPLIKAT BENDERA PUSAKA MERAH PUTIH DAN TEKS PROKLAMASI, DITERBANG KE IKN KELENGKAPAN PROSESI UPACARA HARI KEMERDEKAAN RI

NusaNTaRa.Com        

byPunGKadA,           S   e   n   i   n,    1   2      A   g   u   s   t   u   s     2   0   2   4

Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi akan diterbangkan ke IKN

Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan salinan Teks Proklamasi meninggalkan pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan,  untuk kemudian dibawa ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.   Duplikat Bendera Pusaka dan salinan Teks Proklamasi dibawa menuju Balikpapan menggunakan Pesawat TNI AU jenis Boeing 737-400,  yang lepas landas sekitar pukul 09.55 WIB dari Jakarta, seperti dilansir dari Antara.

Dalam pesawat tersebut, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono turut mendampingi rombongan Tim Purna Paskibraka 2023 yang akan menyerahkan duplikat Bendera Pusaka dan salinan naskah Teks Proklamasi tersebut menuju IKN.    Perjalanan udara dari Jakarta menuju Balikpapan diperkirakan menempuh waktu sekitar 2 jam.   Nantinya, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Paskibraka untuk dikibarkan di Istana Negara IKN pada 17 Agustus 2024.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan kirab kali ini melibatkan sekitar 180 abang dan none dari DKI Jakarta. Sementara anggota purna Paskibraka Provinsi DKI Jakarta terdiri dari 122 orang.  Ia berujar kirab menampilkan kesenian dan kearifan lokal.    "  Kirab melibatkan dari siswa-siswi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), maupun politeknik serta Pamong Praja   ",   Ujar  SiDin  Yusuf di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Duplikat bendera Pusaka dan salinan teks Proklamasi sebelumnya tiba di Kawasan Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekitar pukul 09.35 WIB.    Kendaraan taktis Maung produksi PT Pindad membawa duplikat Bendera Pusaka dan salinan naskah Teks Proklamasi pada prosesi kirab dari Monumen Nasional menuju Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.     Adapun pilot yang membawa Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tersebut adalah Mayor Penerbang Kresna Hendra Wibawa  sedang   Kresna merupakan pilot dari Satuan Skuadron 17 TNI AU.

Tampak  warga nampak berjejer mengenakan baju merah putih dengan membawa atribut bendera. Bendera itu melambai-lambai, menyambut iring-iringan di sepanjang jalan Thamrin.    Adapun rombongan kirab melewati jalur Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma.  Sekitar pukul 9.26 WIB, rombongan iring-iringan tiba di bandara. Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi akan diterbangkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Balikpapan, Kalimantan Timur menggunakan pesawat TNI AU.

Dia mengaku bangga menjadi bagian dalam sejarah menerbangkan bendera Sang Saka Merah Putih dan teks proklamasi dari Lapangan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju IKN, Kalimantan Timur.   "   Tentunya menjadi kebanggaan secara pribadi maupun satuan kami TNI AU yang diberi kepercayaan yang bisa kami bilang mulia, untuk menerbangkan Sanga Saka Merah Putih, teks proklamasi. Tentunya luar biasa sekali   ",   Ujar SiDin Kresna dengan Ahmadernya  (Manisnya),  Sabtu, 10 Agustus 2024.

Dalam kariernya, alumni Akademi Angkatan Udara 2007 itu berpengalaman melakukan sejumlah penerbangan kepresidenan hingga tamu Very-Very Important Person (VVIP).   Bagi Kresna, menerbangkan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi merupakan pengalaman kali pertama yang bersejarah dalam karirnya sebagai seorang pilot.   "  Tapi ini kami menerbangkan simbol negara. Ini jadi baru, mungkin pertama kali   ",   Ujar Cakap SiDin Kresna Laji.

Untuk menunaikan misi tersebut, Kresna telah menjalani serangkaian persiapan teknis mulai dari memastikan performa pesawat hingga kesiapan kru,   "  Ada 10 kru, empat penerbang, ditambah lot master, engineer, dan ground crew   ",  Cakap Besar SiDin menambahkan.     Kresna akan mengoperasikan pesawat seri Boeing 737 milik TNI AU untuk menerbangkan bendera Merah Putih dan teks proklamasi menuju IKN mulai pukul 10.00 WIB.   "  Yang dioperasikan oleh Skuadron 17 terdapat empat Boeing 737 series, yang kesehariannya dioperasikan untuk penerbangan VVIP dan kami juga operasikan Boeing 737-800 A001 yang sering untuk penerbangan kepresidenan   ",   Ujar  SiDin Kresna.

Mayor Penerbang Kresna Hendra Wibawa Pilot Satuan Skadron 17 TNI Angkatan Udara,
saat menyampaikan keterangan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta

menjelang penerbangan menuju IKN, Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024).

 

2024, pertama  kalinya upacara HUT Kemerdekaan RI di  IKN.

Duplikat Pusaka Merah putih dan Teks Proklamasi  diterbangkan ke IKN.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BANJIR BESAR MELANDA NEGERI MYANMAR TELAH MENELAN KORBAN 226 KORBAN

NusaNTaRa.Com       byPunGKadA,       J  u  m  a  t,    2   0     S   e   p   t   e   m   b   e   r     2   0   2   4 Banjir di Myanmar mene...