Selasa, 12 Maret 2024

PESAWAT PILATUS PC-6 YANG JATUH DI NUNUKAN TELAH DITEMUKAN NAMUN BLACK BOX SMART AIR MASIH DICARI

NusaNTaRa.Com

bySolanaNEnembE,          S  e  n  i  n,    1   1      M  a  r  e  t     2   0   2   4

Pencarian Pesawat Smart Air yang jatuh di Nunukan.   

Binuang Nunukan,  Sehubungan jatuhnya pesawat Pilatus  PC-6 Porter PK-SNE milik smart Aviation,  satu unit helikopter Bell dikerahkan untuk misi mencari black box dan FDR. Tim SAR gabungan saat ini masih mencari kotak hitam (black box) dan flight data recorder (FDR) pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik Smart Aviation yang jatuh di Binuang, Nunukan, Kalimantan Utara.   "  Kita kerahkan satu unit helikopter Bell dari Malinau ke lokasi kejadian untuk misi mencari black box dan FDR  ",   Ujar SiDin Syahril Kepala Basarnas Tarakan Syahril, dilansir Antara, Senin (11/3/2024).

Sebanyak 10 personel tim SAR gabungan yang ada di lokasi jatuhnya pesawat, yang terdiri atas lima personel Basarnas dan lima personel TNI/Polri. Personel Basarnas yakni Hamsah, Muzfadhil Chaerul Muhammad, Muh Yusdi Fajerin, Fajar Bakti Tandi Datu, dan Rangga Wijaya Saputra, sedangkan personel dari TNI/Polri yakni Letda Agung, Serka Safriansyah, Serda Sigawa, Bripda Trio Paurana, dan Bripda Sahrul.   "  Tim SAR gabungan yang berada di Posko Gabungan Tarakan melaksanakan briefing untuk melaksanakan evakuasi tim SAR gabungan yang masih berada di lokasi kejadian jatuhnya pesawat  "   Ujar SiDin Syahril dengan Soppengernya (Jumawanya).

Tim SAR dari Tarakan dengan menggunakan Super Puma H-225M Reg. H-2207 melaksanakan evakuasi tim SAR gabungan pada koordinat 27.60" N 115° 56' 32.40" E dengan jarak 98.29 NM dengan heading 283.44°.    Unsur yang terlibat dalam  Tim evakuasi antara lain Tim Rescue Kansar Tarakan, Lanud Anang Busra Tarakan, Skuadron 5 Sultan Hasanuddin, Kodam VI Mulawarman, Satrad 225 Tarakan, Lanud Atang Sendjaja, Brimob Polda Kaltar, Pasukan LegendS, Polres Tarakan, dan Polres Malinau.

Kemudian, Kodim 0907 Tarakan, Kodim 0910 Malinau, Batalion 614 Raja Pandita, BPBD Kabupaten Malinau, Airnav Tarakan, Airnav Malinau, UPBU Juwata Tarakan, UPBU RA Bessing, BMKG Tarakan dan Smart Aviation, MAF Tarakan, RSUD dr Jusuf SK, PMI Tarakan, PMI Malinau, Bapena PPNI Kaltara, dan RMPB Kabupaten Malinau.   "  Saat ini cuaca dilaporkan berawan dengan arah angin Barat Laut -Timur Laut, kecepatan angin 2-25 knot dengan tinggi gelombang 1,25-2,5 meter  ",  Cakap besar SiDin Syahril dengan Ahmadernya (Manisnya).

Tim Search and Rescue (SAR) dan patroli udara menemukan M Yusuf Kapten pilot pesawat Smart Air yang jatuh di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara),  berkat lambaian tangan sang kapten.  Kapten Yusuf pun berhasil dievakuasi dari puing-puing pesawat di wilayah Alur Subaka, Desa Binuang, Kecamatan Krayan Tengah.   Kapten Yusuf ditemukan pada Minggu (10/03/2024). Pilot pesawat Smart Air jenis pilatus tersebut ditemukan setelah 3 hari survive atau bertahan hidup di tengah hutan,  "  Ada lambaian tangan dari bawah, itu pada pukul 12.43 Wita  ",  Ujar Cakap Ipda Andi Iwan Kapolsek Krayan Selatan  saat dihubungi  NusaNTaRa.Com, Minggu (10/03/2024).

Untuk diketahui, pesawat Smart Air mulanya lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan pada Jumat (08/03/2024), pukul 09.25 Wita. Pesawat itu juga ditumpangi seorang teknisi atau engineer bernama Deni S.   Dalam perjalanan, pesawat milik maskapai Smart Avitation itu hilang kontak. Pesawat yang mengangkut sembako untuk warga tersebut sedianya dijadwalkan tiba di Binuang, Krayan Selatan, Nunukan, pada pukul 10.25 Wita,  "  Saat pencarian udara tersebut pada titik koordinat 03° 42.900' N 115° 56. 538' E, terlihat ada tanda-tanda seperti puing bangkai pesawat di sekitaran Alur Subaka  ",  Cakap SiDin Iwan dengan Boneernya (Takut didada).

Seluruh korban dapat terevakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut pada Minggu (10/03/2024).   Pilot pesawat PK-SNE Smart Aviation Capt. M Yusuf (29) alamat Kluster Botanical Garden III No. 9, Bekasi Selatan ditemukan selamat dan seorang mekanik Deni S (35) asal Pangandaran ditemukan meninggal dunia.  Kedua korban dievakuasi dari lokasi kejadian dengan menggunakan Super Puma H-225M Reg. H-2207. Setelah berhasil mengevakuasi seluruh korban dan langsung menuju Tarakan.

Evakuasi Pilot pesawat smart Aviaotin di Binuang Nunukan


Pesawat Pilatus milik smart Aviation telah ditemukan.

Pesawat Cargo  dua penumpang jatuh di Binuan.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...