Sabtu, 09 Maret 2024

KEAGUNGAN AIR TERJUN BENANG KELAMBU DI KAKI RINJANI DAN KISAH SEJARAHNYA

NusaNTaRa.Com   

byKariTaLa  LA,        S  a  b  t  u,   0  9     M  a  r  e  t     2  0  2  4  

Kawasan objek wisata Air Terjun Benang Kelambu 

Selain keindahan sederet pantainya nan eksotis,  Kabupaten Lombok Tengah ternyata di  bagian utaranya  juga terdapat air terjun yang sering dikunjungi traveler, salah  satunya bernama Air Terjun Benang Kelambu.   Kawasan Air terjun yang eksotis ini bersumber dari alur kawasan hutan kaki Gunung Rinjani yang mengalir ke bagian selatan dan tumpah tepat di bagian utara wilayah Kabuptaen Lombok Tengah,  selain Air Terjun Benang Kelambu di kawasan ini  para pengunjung juga dapat mengunjungi Air Terjun Benang Stokel yang tak kalah serunya.

 Air Terjun Benang Kelambu !!  mengapa diberi nama demikian  ?.   Jika berada di sana dan melihatnya dari atas bukit akan terlihat mirip dengan kelambu atau Tirai,  yang air nya keluar melalui sela-sela pada pepohonan gambung yang lebat yang memiliki beberapa titik air yang tercurah.   Dalam Air Terjun Benang Kelambu terdapat  dua kelompok air terjun masing-masingnya berasal dari mata air tersendiri.   Di kiri turunan jalan tangga dengan  dua pancuran air kelompok pertama  dan kelompok kedua di bagian depan  berjalan turun melalui jalan anak tangga  dan  kelompok kedua ini bagian air terjun utama karena dengan  4 pancuran air.

Gerbang masuk ke lokasi Air Terjun Benang Kelambu berada di lahan yang tinggi, sehingga untuk menuju ke sana kita akan menuruni ratusan tingkat anak tangga serta  melalui jalan berkerikil.   Sebagian ada yang sudah dibeton,  jalannya cukup lebar  sekira 2 meter  yang  membelah  melewati   perkebunan warga yang mengelola kawasan hutan di sana  dengan  waktu tempuh sekitar 20 menit.  Jika ingin lebih mudah dan tak ingin berjalan terlalu lama, kita bisa menggunakan motor dan parkir di pos pemberhentian (Rp 2.000)  sedang  yang datang menggunakan mobil bisa memarkir di area sebelum pintu masuk (Rp 5.000).

Setelah menempuh jalan tanah dan berkerikil,  kemudian  perjalanan  menuruni anak tangga yang berjejer rapi dengan ratusan anak tangga yang mengular diselimuti rimbunnya hutan terlihat sangat menakjubkan.  Dilevel anak tangga yang lebih dekat, suara rintik air terjun sudah mulai terdengar,  Hawa dingin dan sejuk akan mulai terasa dan dari kejauhan pemandangan air terjun pun sudah bisa di lihat yang tumpah dari sela rerimbunan semak  tertengok bak tirai atau benang bamboo,  setelah  kita menempuh setengah perjalanan.

Untuk dapat  sampai ke tempat ini, lokasi air terjun Benang Kelambu berada di Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.   Dari Bandara Internasional Lombok berjarak sekitar kurang lebih 55 kilometer  dengan  waktu tempuh sekitar 1 jam dari jalur bypass.    Lokasi wisata air terjun Benang Kelambu bisa juga dicapai dari Kota Mataram menuju Narmada ke arah timur  dari jalur utama jalan antar kabupaten, tepatnya di Desa Aiq Dareq, mengambil jalur ke kiri menuju Desa Aiq Beriq di Kecamatan Batukliang utara.

Menurut cerita  masyarakat yang tinggal di sekitaran air terjun Benang Kelambu,  bahwa bagi mereka yang mandi di Air Terjun Benang Kelambu di sini akan terlihat lebih muda satu tahun. Masyarakat juga mateppe  dengan penunggu gunung  yang ada di  Rinjani  dan penunggunya dikenal dengan nama dewi anjani. Dan konon katanya air terjun benang kelambu merupakan air suci yang biasanya menjadi tempat  Dewi Anjani membersihkan diri di air,  Toni  seorang PAM wisata air terjun benang kelambu, yang mengatakan   “Dahulu Air Terjun ini tempat permandian Dewi Anjani “.  

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan rambut di kepala ,  bisa mandi di air terjun benang kelambu, karena dipercaya dahulu Dewi Anjani  turun dari puncak gunung rinjani hanya untuk mandi dan membasahi rambutnya agar bersih.  membasahi rambut pada pancuran air terjun benang kelambu dipercaya bisa membuat rambut  tetap kuat,  tidak mudah rontok  dan juga rambut akan bisa lebih hitam.  Sampai sekarang masyarakat setempat masih mempercayai nya.dan  orang  yang ingin mencari kesaktian melewati jalur tersebut untuk menuju gunung rinjani melaksanakan pertapaan Air Terjun Asin Tanjung Jagog Lombok. 

Air Terjun Benang Kelambu, Bertibgkat - tingkat

 

Air Terjun Benang Kelambu mengalir dari Rinjani.

Indah Bentang kelambu dari sela pepohonan mengurai.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...