Selasa, 12 Maret 2024

FINLANDIA NEGARA PALING BAHAGIA, KEMUDAHAN DITANGGUNG NEGARA DAN PENGANGGURAN DIGAJI, KISAH WANITA RI

NusaNTaRa.Com    

bySolanaNEnembE,        M  i  n  g  g  u,    1   0     M   a   r   e   t     2   0   2   4

Chimy wanita Indonesia dan suaminya warga Finlandia menetap di Negara Finlandia

Finlandia negara di utara Eropah hampir  selama tujuh  tahun terakhir, menduduki posisi pertama sebagai negara paling bahagia di dunia menurut World Happiness Record.   Banyak hal yang membuat penduduk Finlandia bahagia, mulai dari lingkungan hingga kebiasaan masyarakat di sana.   Puput Nivala  seorang perempuan Indonesia  yang akrab disapa Chimy, sudah 11 tahun menetap di Finlandia,  ia telah dinikahi pria Finlandia dan sudah dikaruniai dua orang anak,  Chimy pun  sangat betah tinggal di negara paling bahagia di dunia itu.

Salah satu alasan masyarakat Finlandia sangat bahagia adalah banyaknya fasilitas umum yang bisa dinikmati secara gratis, Bunda. Bahkan ketika dihadapkan dengan musim dingin, warga Finlandia masih bisa menemukan hiburan di tengah tebalnya salju.   Chimy bercerita, masyarakat Finlandia begitu senang menghabiskan waktu di alam terbuka.   Pasalnya, banyak hobi yang bisa dilakukan secara gratis di alam terbuka,  "  Masuk ke hutan di sini gratis dan menjadi salah satu kebahagiaan orang sini. Saat musim dingin, orang senang memancing karena tidak dipungut biaya. Orang juga bisa main ski dan ice skating di sini  ",   Ujar SiGaluH  Chimy, dikutip dari kanal YouTube Chimy in Finlandia.

Hamparan salju putih yang luas tak menyurutkan semangat warga Finlandia untuk bersenang-senang,  bahkan mereka justru memadati area danau beku untuk melakukan aktivitas gratis di sana.   Tak hanya memancing, masyarakat Finlandia juga bisa menikmati sauna menghangati tubuh karena  hampir setiap orang di Finlandia memiliki sauna di rumah mereka.   Selain itu, ada pula sauna untuk masyarakat umum yang bisa dinikmati oleh siapa saja.

"  Di Finlandia ada 1,5 juta sauna. Jadi orang manapun punya sauna, mau kaya atau miskin. Sauna untuk umum juga tidak mahal, harganya sekitar 7 euro (Rp 115 ribu) per jam  ",   Ujar  SiGaluH wanita yang menikah beda negara ini.   Sementara itu di musim panas, kegiatan yang bisa dilakukan oleh masyarakat Finlandia juga tak kalah mengasyikkan, Bunda. Danau yang mencair akan terisi dengan air jernih sehingga dapat dijadikan sebagai area berenang gratis.   "  Ada area untuk lari dan loncat ke danau. Kebanyakan orang Finlandia suka berenang dan bisa berenang. Pelajaran berenang itu sudah ada sejak masih SD. Kemudian anak-anak juga diajarkan ski dan ice skating  "  Ujar SiGaluh Chimy menjelaskan.

Warga Finlandia bukan hanya berbahagia menikmati fasilitas gratis tertentu akan tetapi kehidupan  pengangguran di Finlandia juga bisa mendapat gaji bulanan.   Banyaknya fasilitas gratis bukan cuma satu-satunya alasan yang bikin masyarakat Finlandia bahagia because mereka  juga dimanjakan dengan berbagai keringanan seperti sekolah gratis, layanan kesehatan gratis, hingga tunjangan pengangguran yang disediakan Pemerintah.

Chimy bercerita, masyarakat Finlandia yang tidak bekerja akan tetap mendapatkan uang bulanan sekitar Rp10 - Rp15 juta per bulan,  meski begitu, pengangguran akan  tetap harus berusaha untuk mencari pekerjaan.   "  Mereka tetap harus aktif melamar kerja atau mengikuti semacam training dari pemerintah. Uang segitu mungkin terdengar besar, namun sebenarnya sangat pas-pasan. Makanya orang Finlandia justru malu kalau mereka mengajukan tunjangan pengangguran  ",  Ujar SiGaluH Chimy dengan Ahmadernya (Manisnya).

Tujuan pemerintah memberikan tunjangan pengangguran adalah agar mereka yang belum bekerja bisa tetap memenuhi kebutuhan hidup sambil mengasah keterampilan kerja.   Para pengangguran dilatih sedemikian rupa agar siap bekerja suatu hari nanti,   "  Seperti kemarin aku ikut kursus dari pemerintah, lalu aku bisa bekerja. Gaji yang beneran jauh lebih banyak daripada tunjangan pengangguran  ",  Ujar SiGaluH menambahkan.

Berbagai hal yang bisa dinikmati oleh masyarakat Finlandia secara gratis tidak datang tanpa alasan. Pemerintah Finlandia dikenal sebagai salah satu yang paling jujur di dunia. Chimy mengatakan bahwa angka korupsi di negara tersebut sangat kecil,   "  Di sini angka korupsinya juga kecil. Meskipun sebesar apapun pajaknya, akan dikembalikan lagi ke masyarakat. Jadi kalau untuk tunjangan seperti ini, masyarakatnya ikhlas. Kita percaya bahwa pajaknya digunakan dengan benar  ",  Cakap SiGaluH Chimy.   Selain pemerintah yang jujur, masyarakat Finlandia juga punya karakter yang bikin siapa saja betah tinggal di sana.

Kesenjangan sosial di Finlandia terbilang kecil dan tidak terlihat secara gamblang. Orang kaya dan miskin terlihat sama dan tidak dibeda-bedakan,   "  Orang tidak menilai orang lain dari luarnya saja. Tidak kelihatan antara si kaya dan miskin. Di sini baju branded juga tidak selalu baru. Banyak orang kaya dan miskin yang beli baju di tempat jual baju bekas   ",   Ungkap Chimy.   Masyarakat Finlandia juga sangat bebas menentukan pilihan hidup. Menurut Chimy, tidak ada warga yang julid tentang orang lain,   orang Finlandia lebih senang mengurus kehidupannya sendiri dibandingkan dengan orang lain.

Finlandia juga termasuk negara yang sangat menghargai agama,  tak ada kata minoritas di negara ini. Semua agama benar-benar dihargai demikian dengan kesetaraan gender.   "  Baik lelaki atau perempuan tidak terlalu dipermasalahkan. Kalau kita melamar kerja kan di biasanya ada yang mencantumkan syarat gender, nah kalau di sini tidak perlu seperti itu. Juga enggak ada batasan umur, jadi kita ada banyak kesempatan melamar kerja  ",  Ujar SiGaluH Chimy dengan Plabomoranya (Hebatnya).  

Chimy warga Indonesia menetap di negara
paling bahagia  Finlandia

 

 

Finlandia negara Paling Bahagia.

Pengangguran  mendapat gaji di Negara Finlandia.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...