Sabtu, 06 Mei 2023

SUMITOMO MITSUI FG RAKSASA KEUANGAN JEPANG BATAL MENGAKUISISI PANIN BANK

NusaNTaRa.Com

byGreaTBritteN,    R  a  b  u,   2  6    A  p  r  i  l    2  0  2  3          

Panin Bank Indonesia gagal diakuisisi

Penjualan PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Panin Bank oleh pemegang saham mayoritas dikabarkan terhenti.  Dimana ada dua raksasa keuangan Jepang, Sumitomo Mitsui Financial Group Inc (SMFG) dan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc (MUFG) digadang-gadang telah menunjukkan minatnya untuk membeli bank yang telah berdiri sejak 1971 tersebut.   Dikutip dari Bloomberg News, Rabu (26/4) aksi tersebut berhenti karena para penawar mengkhawatirkan valuasi dan kebutuhan modal yang besar untuk sebuah transaksi.

Sebelumnya dikabarkan Sumitomo Mitsui berencana mengakuisisi saham Bank Panin dan menjadi pengendali di perusahaan tersebut, menurut keterangan sumber yang mengetahui rencana strategis tersebut.   "  Perusahaan-perusahaan yang berbasis di Tokyo termasuk di antara  mereka  yang  bekerja  dengan  penasihat  dan  melakukan  uji  tuntas saat  mereka mempertimbangkan  tawaran  yang mengikat  tersebut   ",   Tulisan Laporan itu dikutip di Bloomberg,    Senin   (22/08/2022).

Para calon peminat telah berdiskusi dengan pihak pengendali Panin Bank, tetapi pembicaraan tidak menemui kata sepakat,  beberapa calon pembeli juga khawatir akan mengeluarkan modal besar untuk akuisisi ini di tengah volatilitas pasar.  Sebelumnya pemegang saham terbesar Panin Bank, keluarga Gunawan dengan kepemilikan 46% (melalui PT Panin Financial Tbk atau PNLF) dan ANZ Group Holdings Ltd sekitar 38,8% dikabarkan telah bekerja sama dengan penasihat keuangan masing-masing saat mereka menjajaki potensi penjualan saham mereka di bank tersebut.

Kebuntuan terjadi di tengah keruntuhan Silicon Valley Bank di AS dan pengambilalihan darurat Credit Suisse Group AG oleh saingannya yang lebih besar UBS Group AG pada bulan Maret  2023,  ini juga merupakan perubahan lain dalam rangkaian upaya jangka panjang oleh beberapa pemegang saham Panin Bank untuk menjual saham mereka.   Keengganan keluarga Gunawan untuk memberikan kursi dewan kepada investor yang masuk telah menghalangi negosiasi ANZ sebelumnya dengan para pelamar, Bloomberg News melaporkan pada tahun 2015.

Pada penutupan perdagangan Rabu (26/4), harga saham PNBN tergelincir ke zona merah dengan terkoreksi 3,42% atau 45 poin ke posisi Rp 1.270 per sahamnya. Padahal pada sesi I saham PNBN anteng di zona hijaunya dan sempet sentuh level Rp 1.350 per saham.

Sementara itu terkait kinerja keuangan, laba Panin Bank turun 9,88% di kuartal I 2023 secara tahunan menjadi Rp 589,52 miliar dari kuartal I 2022 yang mencapai Rp 654,15 miliar. Laba per saham pun tergerus dari Rp 27,16 menjadi Rp 24,47 per lembarnya.  Salah satu faktor yang dipercaya menjadi penyebab menurunnya perolehan laba Bank Panin adalah membengkaknya beban bunga yang menembus angka Rp 1,29 triliun dari sebelumnya Rp 922,91 miliar.

Beban operasional tenaga kerja juga naik 13% menjadi Rp 611 miliar dari posisi sebelumnya Rp 538 miliar  dan  ada juga penambahan beban operasional lain-lain dari beban premi penjaminan menjadi sebesar Rp 147 miliar.   Sementara itu, penyaluran kredit oleh Bank Panin berada di angka Rp 123,92 triliun, naik tipis dari periode yang sama tahun lalu Rp 123,26 triliun. Adapun aset Bank Panin tercatat senilai Rp 206,61 triliun. Sedangkan liabilitas dan ekuitas masing-masing tercatat Rp 144,33 triliun dan Rp 51,40 triliun.

PT Bank Pan Indonesia Tbk didirikan dengan pada 17 Agustus 1971,  Bank berkedudukan di Jakarta dengan 57 kantor cabang di Indonesia dan 1 kantor perwakilan di Singapura.  Jumlah rata-rata karyawan bank dan entitas anak sebanyak 10.839 karyawan.

Panin Bank

 

Khawatir valuasi, kebutuhan modal besar batalnya Akuisisi.

Panin Bank Gagal  diakuisisi Sumitomo Mitsui.

 

NusaNTaRa.Com  Adverstesment 

                   Melayani pemasangan Iklan 

                                            Sila Dail Talian  0821 5385 8932  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...