Senin, 01 Mei 2023

YLKI DENGAN SERIUS MINTA BPOM PERIKSA SEGERA KANDUNGAN INDOMIE RASA AYAM SPOSIAL YANG DILARANG TAIWAN

NusaNTaRa.Com

byRaisALembuduT,    R  a  b  u,   2  6    A  p  r  i  l    2  0  2  3

Di Taiwan ditemukan Indomie Instan mengandung penyebab Kangker

Tulus Abadi Ketua YLKI  (Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) secara romorentah,  meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia untuk  dengan  segera memeriksa kandungan “ Indomie Rasa Ayam Sposial “.   Karena  Varian Indomie tersebut disebut  oleh  otoritas kesehatan Taiwan salah satu negara pemasaran Indomie,  mengandung zat penyebab kanker,   "  Badan POM harus segera melakukan audit dan investigasi atas produk mi instan yang diproduksi PT Indofood tersebut  ",  Ujar SiDin Tulus Abadi  , Rabu (26/04/2023).

Otoritas Taiwan menemukan zat penyebab kanker di dua produk mi instan  yakni "Ah Lai White Curry Noodles" dari Malaysia dan sejumlah "Indomie : Rasa Ayam Spesial"  dari Indonesia,  menyebutkan ke  kedua produk itu sama-sama mengandung etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia.   Sebagaimana  diberitakan Kompas TV,  GM Corporate Relation Indofood Stefanus Indrayana menyatakan,  pihaknya saat ini masih terus mempelajari temuan tersebut dan klarifikasi  akan  segera dilakukan.

Menanggapi hal itu, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang menyatakan, dalam memasarkan produknya Indofood selalu mematuhi persyaratan BPOM dan negara tujuan ekspor,   "  Pada prinsipnya kita mengikuti prasyarat dan ketentuan BPOM dan juga standar Badan kesehatan negara pengimpor   ",  Ujar SiDin Franciscus Welirang dengan Plabomoranya (hebatnya) ,  Selasa   (25/04/2023).

Tulu Abadi  mengatakan, BPOM harus dapat  memastikan apakah produk Indomie yang beredar di Taiwan apakah juga dijual di Indonesia  dan  yang  terpenting, apakah Indomie varian tersebut yang ada di Indonsia mengandung etilen oksida yang berbahaya,   "  Atau produk ekspor itu terjadi kontaminasi zat karsinogenik ketika diproduksi di Indonesia. Tapi BPOM harus pastikan apakah ini ekspor saja atau beredar di Indonesia  ?   ",   Ujar  SiDin Tulus Abadi  dengan Soppengernya  (Jumawanya).

Melansir Taiwannews.com, siaran pers Departemen Kesehatan Taiwan menyatakan temuan tersebut adalah hasil pemeriksaan acak 30 produk mi instan tahun 2023.   Sampel produk diambil dari supermarket, toko, pasar tradisional,  toko makanan Asia Tenggara,  toko penjualan umum  dan  importir grosir.   Dari 30 sampel, 25 merupakan produk impor dan sisanya produk dalam negeri. Hasilnya, satu produk dari Malaysia dan satu dari Indonesia ditemukan mengandung kadar etilen oksida yang berlebihan.

Kadar Etilen Oksida yang berlebihan atau  melebihi standar residu pestisida yang diperbolehkan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Taiwan.   Etilen oksida yang berlebih bisa meningkatkan risiko terkena penyakit limfoma dan leukemia, serta kanker perut dan payudara,  kemasan bumbu bubuk pada produk Indomie ditemukan mengandung 0,187mg/kg etilen oksida, sedangkan 0,065mg/kg etilen oksida ditemukan pada mi produk Malaysia dan 0,084mg/kg etilen oksida terdeteksi pada kemasan sausnya.

Kementerian Kesehatan Taiwan memerintahkan agar produk mi instan yang tidak memenuhi syarat dikeluarkan dari rak-rak took dan  importir produk menghadapi denda sebesar NT$60.000 dan NT$200 juta karena melanggar Undang-Undang  yang Mengatur Keamanan Pangan dan Sanitasi.   Adapun Taiwan belum menyetujui penggunaan etilen oksida sebagai pestisida, juga tidak mengizinkan penggunaan gas etilen oksida untuk tujuan desinfeksi,   perusahaanpun di harus menerapkan prosedur pemantauan mandiri dan memastikan bahan baku dan produk mematuhi undang-undang.

Mie Instan Indimie Rasa Ayam sposial pasaran Taiwan ditemukan 
kandungan berbahaya bagi kosehatan (sposimen bukan sebenarnya)


Dep. Kesehatan Taiwan menemukan mie Instan melanggar.

Indomie Rasa Ayam sposial Indonesia mengandung penyebab kangker.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...