Kamis, 11 Mei 2023

SELAMAT DATANG DI LABUAN BAJO BUAT PESERTA KTT KE-42 ASEAN, UJAR PRESIDEN JOKO WIDODO SAAT MEMBUKA ACARA

NusaNTaRa.Com

byFarhaNTukirmaN,     R   a   b   u,    1  0     M    e    i     2   0   2   3

Presiden Jokowi membuka KTT ke-42 ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/05/2023).

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, Rabu (10/05/2023), di Hotel Meruorah,  Labuan Bajo,  Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur,   “  Selamat pagi Yang Mulia para pemimpin ASEAN, Selamat datang di KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo Indonesia  ”,   Ujar SiDin Presiden RI mengawali KTT.    Pada keketuaan di ASEAN kali ini, Indonesia mengangkat tema ASEAN Matters  :    Epicentrum of Growth, yaitu ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia.

Para pemimpin ASEAN yang hadir dalam pertemuan adalah Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen, PM Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Filipina Ferdinand Marcos, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Singapura Lee Hsien Loong, Wakil PM Thailand Don Pramudwinai, serta PM Vietnam Pham Minh Chinh.   Hadir juga Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak,     Dan, Yang Mulia Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Timor Leste, selamat bergabung di keluarga ASEAN  ”,   Ujar  SiDin Jokowi dengan Plabomoranya (hebatnya).

Sebelumnya, dalam keterangan pers usai peninjauan persiapan penyambutan pemimpinan ASEAN di Bandar Udara (Bandara) Internasional Labuan Bajo, Minggu (07/05/2023), Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemilihan Labuan Bajo sebagai lokasi KTT ASEAN adalah momentum untuk memperkenalkan potensi Labuan Bajo kepada ASEAN maupun dunia.     Ini adalah momentum yang sangat baik, kita selenggarakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk me-marketing-i Labuan Bajo sehingga semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur  ”,  Ujar SiDin Joko Widodo Laji.

Dalam kesempatan itu Presiden RI Joko Widodo  juga mengungkapkan  pentingnya persatuan agar ASEAN dapat menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan di tengah situasi ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih dari pandemi covid-19, rivalitas yang semakin tajam, serta dinamika dunia yang semakin tidak terprediksi.     Yang menjadi pertanyaan, apakah ASEAN hanya akan menjadi penonton, apakah ASEAN hanya akan diam, serta apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan? Saya yakin, kita semuanya percaya ASEAN bisa, asalkan satu kuncinya, persatuan. Dengan persatuan, ASEAN akan mampu menjadi pemain sentral dalam membawa perdamaian dan pertumbuhan  ”,  Cakap Presiden RI.

Presiden RI,  ASEAN mempunyai aset kuat sebagai pusat pertumbuhan atau epicentrum of growth, di antaranya ekonomi yang tumbuh jauh di atas rata-rata dunia, bonus demografi   dan kestabilan kawasan yang terjaga.  Namun, menurut Presiden, ASEAN juga harus dapat memperkuat kerja sama ekonomi yang inklusif serta memperkokoh arsitektur kesehatan pangan, energi   dan stabilitas keuangan.     Ke depan, ASEAN harus semakin memperkuat integrasi ekonominya, mempererat kerja sama inklusif, termasuk implementasi RCEP [Regional Comprehensive Economic Partnership] dan memperkokoh arsitektur kesehatan pangan, energi, dan stabilitas keuangan  ”,    Ujarnya Laji.

  Mari bekerja keras menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth  ”,   Tandasnya Laji.   Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Sedang dalam membuka pertemuan ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/05/2023), yaitu  pertemuan  para pemimpin ASEAN dari perwakilan pemuda ASEAN ini merupakan rangkaian dari KTT ke-42 ASEAN.  Sambutan  Presiden Jokowi menyampaikan harapan para pemimpin ASEAN terhadap peran pemuda ASEAN dalam menciptakan kawasan ASEAN yang stabil dan damai serta sebagai pusat pertumbuhan atau epicentrum of growth,     Kami berharap peran besar generasi muda ASEAN untuk keberlangsungan Asia Tenggara sebagai kawasan yang stabil dan damai, serta menjadi epicentrum of growth  ”,   Ujar Joko Widodo.

Menurut Presiden, ASEAN mempunyai modal kuat untuk mewujudkan hal tersebut, mulai dari pertumbuhan ekonomi yang di atas rerata dunia serta kestabilan kawasan yang terjaga  dan  juga meyakini, populasi pemuda yang sebesar 34 persen menjadi modal kuat ASEAN untuk memaksimalkan potensi ASEAN tersebut.     [Sebanyak] 34 persen populasi ASEAN adalah pemuda. Oleh sebab itu, generasi muda ASEAN perlu merumuskan langkah-langkah terbaik untuk memaksimalkan potensi tersebut  ”,  Ujarnya menambahkan.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga mengungkapkan kegembiraannya dapat bertemu generasi muda ASEAN, calon pemimpin masa depan.     Saya senang bisa bertemu generasi muda ASEAN, calon pemimpin masa depan yang memiliki energi positif dan ide-ide kreatif, ide-ide inovatif untuk memajukan kawasan   ”,  Ujar Presiden Jokowi saat membuka pertemuan.

Sesi foto bersama pemimpin ASEAN, di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Rabu (10/05/2023).


Labuan Bajo  kaya potensi  maka momentnya harus diperkuat.

Joko Widodo membuka KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo NTT.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...