Rabu, 24 Mei 2023

JOKOWI KEMBALI KETANAH AIR USAI MENGHADIRI KTT G7 DI HIROSIMA JEPANG

NusaNTaRa.Com

byIrkaBPiranhA,     M   i   n   g   g   u,     2   1      M    e    i      2   0   2   3

Presiden Jokowi berfoto bersama peserta KTT G7 Hirosima Jepang

Presiden RI  Joko Widodo  (Jokowi)  usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dengan negara-negara mitra atau G7 Outreach Summit tahun 2023, bersama  Ibu Iriana Jokowi serta delegasi terbatas bertolak kembali ke tanah air, Minggu (21/05/2023).   Melalui Bandar Udara (Bandara) Internasional Hiroshima, Kepala Negara dan rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 19.20 waktu setempat,   “  Pulang ke tanah air seusai menghadiri KTT G7 dengan negara-negara mitra.   Selamat tinggal Hiroshima  ”,   Ujar  Presiden  RI  pada keterangannya di akun Instagram @Jokowi.

Tampak melepas keberangkatan Presiden dan Ibu Iriana di Bandara Internasional Hiroshima adalah Kepala Protokol Negara Jepang Takehiro Shimada, Wakil Wali Kota Hiroshima Kenichi Susume, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan istri, serta Atase Pertahanan KBRI Tokyo Kol (AF) Andi Nur Abadi dan istri.  Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Minggu (21/5) malam.  Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Jakarta adalah Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Diketahui, Presiden Jokowi dan rombongan diperkirakan tiba di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) Halim Perdanakusuma Jakarta pada Minggu 21 Mei 2023.   Turut mendampingi presiden dalam penerbangan menuju Indonesia, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Dalam kunjungan  Presiden Joko Widodo (Jokowi)  mengikuti KTT G7   di Hiroshima, Jepang,  Jumat   (19/05/2023),   Presiden Jokowi mengawali kegiatannya dengan melakukan pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Grand Prince Hotel Hiroshima.   Presiden Jokowi  juga  dalam kesempatan itu melakukan pertemuan bilateral dengan PM Inggris Rishi Sunak yang baru saja dilantik  dan   kembali ke Rihga Royal Hotel Hiroshima untuk melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan beberapa negara sahabat.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menghadiri acara penyambutan resmi negara mitra G7 oleh  by PM Kishida dan Ibu Yuko Kishida,  beliau  juga  mengikuti sejumlah sesi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.   Rangkaian kegiatan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana hari itu  diakhiri dengan menghadiri  jamuan santap malam resmi yang digelar bagi para pemimpin negara anggota G7 serta negara mitra.

Kegiatan Bapak Presiden di hari kedua  juga  diawali dengan upacara peletakan bunga di Hiroshima Peace Memorial Park,  kemudian  itu, beliau melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Ukraina, Komisi Eropa, Korea Selatan,  Inggris   dan Prancis.   Kemudian, Bapak Presiden menyampaikan statement di sesi terakhir, yaitu Sesi ke-8 KTT G7 Outreach,  dan bertemu dengan perusahaan-perusahaan besar Jepang dalam format CEO Meeting.   Jadi total pertemuan  yang dilakukan Presiden Jokowi  seluruhnya ada  7   pertemuan.

Sebagaimana diberitakan  Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta beberapa delegasi terbang ke Hiroshima, Jepang, pada Jumat, 19 Mei 2023 guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G7. KTT G7 akan berlangsung pada Sabtu, 20 Mei 2023.   "  Pagi hari ini saya bersama-sama dengan Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat menuju Hiroshima di Jepang untuk menghadiri undangan dari Perdana Menteri Jepang, sebagai presiden G7, dalam pertemuan G7 Summit yang akan berlangsung besok  ",   Ujar SiDim Jukuwi  dengan Ahmadernya (manisnya).

Jokowi menjelaskan bahwa kegiatan G7 merupakan pertemuan kepala negara anggota G7 bersama para mitranya, serta akan membahas mengenai perubahan iklim, pangan, sinergi, dan lain-lain.   Dia juga mengatakan bahwa Indonesia akan konsisten menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang serta berkolaborasi dan kemitraan.   Diketahui  juga  bahwa  Jokowi  kala itu  mengadakan pertemuan-pertemuan  bilateral dengan beberapa negara anggota lainnya  seporti  Jepang,  Korea Solata,  Prancis,  Inggris, Australia,  dan  lain-lain.

Jokowi di acara KTT G7 Hirosima Jepang

 

Kepala negara di Hirosima membahas berbagai persoalan.

KTT G7 di Hirosima membahas Perubahan Iklim dan Pangan,

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...