Minggu, 08 Januari 2023

VIDEO HAJI AMIN ASAL KALIMANTAN SELATAN MENDADAK VIRAL, SETELAH MEMARKEN REKENING SEBESAR Rp 500 T.

NusaNTaRa.Com

byLaDollaHBantA,    J  u  m ‘ a  t,   0  6     J  a  n  u  a  r  i     2  0  2  3

Haji Amin asal Kalsel dengan Rekening Rp 500.000.000.000.000,-

Video seorang  pria asal Kalimantan Selatan (Kalsel) mendadak Viral  karena  memamerkan saldo tabungan sebesar  Rp 500 triliun.  Bagaimana tanggapan para ekonom soal hal ini  ?,   Peneliti Center of Economic and Law Studies (Celios) Muhammad Andri Perdana menyimpulkan beberapa hal setelah melihat video viral tersebut seperti  kode CWD berarti 'Cash Withdrawal-Debit' atau 'penarikan tunai', bukan saldo.   "  Dana Pihak Ketiga BRI dalam bentuk tabungan, baik itu deposito maupun giro, tidak ada yang mencapai Rp 500 triliun.  Tidak ada orang kaya di Indonesia yang menyimpan rupiah dalam bentuk kas sebanyak itu  ",  Ujar SiDin M Andri pada Tempo,  Kamis   (05/01/2023).

Andri mencontohkan, Robert Budi Hartono selaku orang terkaya di Indonesia menurut Forbes memiliki total kekayaan 21,8 miliar USD atau sekitar Rp 342 triliun dan dari  jumlah itu, tidak semuanya berbentuk kas.   "  Hampir semuanya bukan kas, melainkan berbentuk aset lain seperti saham, obligasi, properti   dan lain-lain.  Tidak ada orang kaya yang mau menyimpan mayoritas kekayaannya dengan bentuk tabungan kas karena akan direnggut penurunan nilai uang dan hilangnya potensi return dari investasi. Dari sini saya rasa pembaca sudah bisa menarik kesimpulan sendiri  ",  Ujar  Beber  M Andri dengan  Soppengernya (Jumawanya).

Sebelumnya seorang pria asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mengaku bernama Haji Amin mendadak viral di media social, namanya  jadi buah bibir  para warganet, baik di TikTok, Instagram hingga Twitter.   Dalam video pendek berdurasi 23 detik itu,  H Amin mempertanyakan saldo tabungan miliknya di bank turun hingga sekitar Rp 25 triliun.

"  Ini saldo saya ada, untuk saldo saya sudah disahkan pemerintah setempat, bahkan dari konsorsium lain.  Ini saldo saya terakhir (Rp 525.000.012.000.000), coba lihat ini saldo saya terakhir (Rp 500.025.000.005.500), asal  Rp 525 triliun menjadi Rp 500 triliun  ",  Ujah SiDin  Haji Amin dalam video pendek seperti  yang terlihat,  pada Kamis   (05/01/2023).

Pria yang mengenakan pakaian hitam dengan pin garuda besar itu menunjukkan kulit buku tabungan yang berwarna biru,   iapun  mengeluhkan dana dari tabungannya yang mendadak berkurang.   Haji Amin pun meminta kepada pihak terkait untuk menantang pihak-pihak yang mempertanyakan saldo tabungannya itu untuk menemuinya secara langsung. Tak terkecuali Presiden Jokowi,   "  Saya Haji Moh Amin tidak main-main. Saya datang dari Kalimantan Selatan. Siapa pun mau ke tempat saya, Presiden, kek....... Saya tunggu di Hotel 88.  Makasih, selamat pagi  ",  Ujar SiDin Haji Amin dengan Soppengernya (Jumawanya).

Kepala PPATK  Ivan Yustiavandana saat dikonfirmasi soal video Haji Amin yang viral itu mengaku terkejut,   "  Aduh, banyak banget ya  ",  Ujarnya   melalui keterangan pada Tempo, Jumat, 6 Januari 2023. Tak lupa ia menambahkan emoji terkejut.   Terakhir, ia menegaskan kalau saldo Rp 500 triliun itu memang ada, PPATK sudah pasti mengetahuinya. Selain itu, bank bisa bankrut jika dana nasabah itu ditarik,   "  Ya kalau memang ada, sudah jelas di (radar) kami dan bank bisa bankrut kalau duit pindah  ",  Ujar SiDin  Ivan Yustiavandana  dengan Plabomoranya  (Hebatnya).

Serupa dengan M Andri, ekonom senior Didik J. Rachbini  mengatakan bahwa pria asal Kalsel itu hanya mengarang,  "  Ngarang, orang itu ngarang  ",  Ujar SiDin Didik J. Rachbini singkat, Jumat   (06/01/2023).   Sementara seorang bankir yang enggan disebutkan namanya,  mengatakan video viral itu merupakan hoaks,   "  Itu hoaks, di IG (instagram) akun-akun gosip udah naik (diunggah) beberapa kali.  Itu merupakan  berita  hoaks  ",  Ujar  bankir,  Kamis  (05/01/2023).  Bangkir itupun  sangsi ada orang super kaya dengan  nilai tabungan lebih dari Rp 500 triliun dan memamerkannya ke publik,  "  Masa ada uang Rp 500 triliun ngalahin Hartono (Robert Budi Hartono, terkaya versi Forbes) ? ",  Ujarnya  5/1/2023.

Kalaupun benar, kata dia, orang yang memiliki saldo tabungan dengan nilai fantastis itu tentu sudah pasti masuk radar Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).   Lebih jauh, bankir itu juga sangsi ada orang super kaya yang memiliki nilai tabungan lebih dari Rp 500 triliun dan memamerkannya ke public,    "  Masa ada uang Rp 500 triliun ngalahin Hartono (Robert Budi Hartono, orang terkaya versi Forbes)  ?  ",  Ujar  SiDin Laji.

Haji Amin Kalsel


 

Negeri yang Kaya maka rakyatnya juga layak kaya.

Haji Amin asal Kalsel lewat videonya  mendadak orang terkaya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...