Minggu, 01 Januari 2023

KORIBUTAN DI KERATON SOLO CUCU PAKUBUWONO XIII DITODONG PISTOL DAN BEBERAPA MENGALAMI LUKA

NusaNTaRa.Com

byBakrIRoYMarteN,    S  a  b  t  u,    2   4     D  e  s  e  m  b  e  r     2  0  2  2    

Kondisi dikawasan Keraton Kasunanan Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (23/12/2022)

Terjadi keributan di dalam Keraton Solo,  diduga konflik dalam Keraton Kasunanan Solo kembali memanas.  pada Jumat (23/12/2022) malam.    Hal ini menyusul adanya sejumlah orang  dari kerabat Solo  bentrok yang  berakibat  luka-luka usai peristiwa itu terjadi,  salah satu korban luka  pada kejadian tersebut  adalah  Putri kedua Sri Susuhunan Pakubuwana XIII, GRAY Devi Lelyana Dewi.   Kejadian ini diduga disebabkan oleh puluhan orang yang memaksa mengunci Kamandungan atau akses pintu masuk Keraton Solo. 

"  Penyebabnya saya tidak tahu. Tiba-tiba sekitar 50 orang mau masuk, mengunci pintu Kamandungan. Terus dicegah sama Y keponakan saya, dipukulin terus.  Sama keponakan saya juga SS, ditodong pistol  ",  Ujar SiGaluH Gray Devi Lelyana Dewi putri kedua Sri Susuhunan Pakubuwana XIII, Jumat malam.   Tak hanya itu, Gusti Devi juga mengaku mengalami luka memar di tangannya saat mencoba melawan penutupan akses masuk tersebut.  Saat kejadian, Gusti Devi yang berada di dalam mencoba menahan pintu Jolotundo agar tidak dikunci,   "  Tangan saya, dipukulin pakai bambu pas melepaskan kawat. Ini saya mau visum. (Proses hukum) iya ini  ",  Ujar SiGaluH Gray Devi L.

Tragedi bentrok terjadi antara kubu Sasonoputro yang mengatasnamakan Sri Susuhunan Pakubuwono XIII dan Lembaga Dewan Adat (LDA)  atau kubu Gusti Moeng.   Menurut Gusti Kanjeng Ratu Wandansari atau Gusti Moeng, pihak Sasonoputro membawa sekitar  50 orang untuk mengusir Gusti Moeng sekeluarga.   peristiwa yang terjadi sekitar pukul 19.00 WIB ini, melibatkan puluhan orang yang memaksa mengunci Kamandungan atau akses pintu masuk Keraton Solo,  kejadian  bentrok iniberakibat  hingga 4 orang harus dilarikan ke Rumah Sakit Kustati untuk mendapat perawatan.

Menurut kuasa hukum KRA Christophorus Aditiyas Suryo Admojonegoro, Agung Susilo, ada empat orang di pihaknya yang terluka,   "  Iya. Dari satgas 4 orang luka bocor di kepala  ",  Ujar  SiDin KRA Christophorus A menjulaskan.     Tidak hanya itu, Menurut Gusti Moeng, cucu Sri Susuhunan Pakubuwono XIII, BRM Suryo Mulyo mengaku ditodong senjata api by orang yang mengaku Polisi,     "  Saya diginiin (mengisyaratkan tangan seperti ditodongi senjata api)  'Isoh meneng ra mas ?'  Ditodong didorong. 'Ojo peh aku nganggo klambi biasa terus kowe nyepelekke aparat'  ",  Ujar SiDim yang mengaku Pulis.

Putri kedua Sri Susuhunan Pakubuwana XIII, GRAY Devi Lelyana Dewi juga menjadi salah satu korban luka,   "  Penyebabnya saya tidak tahu. Tiba-tiba sekitar 50 orang mau masuk, mengunci pintu Kamandungan. Terus dicegah sama Y keponakan saya, dipukulin terus.  Sama keponakan saya juga SS, ditodong pistol  ",  Ujar  SiGaluH putri kedua Sri Susuhunan Pakubuwana XIII, GRAY Devi Lelyana Dewi, Jumat .   Dia mengalami luka memar di tangan saat mencoba melawan penutupan akses masuk keratin  agar pintu Jolotundo  tidak dikunci,   "  Tangan saya, dipukulin pakai bambu pas melepaskan kawat.   Ini saya mau visum. (Proses hukum) iya ini  ",  Ujar SiGaluH  Gray Devi L dengan Soppenger (Jumawanya).

Akibat insiden ini, sejumlah personel Polresta Solo dan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jateng berjaga di sekitar lokasi.   Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi juga tampak turun langsung melakukan pengecekan Keraton Solo. Iwan terlihat didampingi dari Satreskrim Polresta Solo,   "  Mendapatkan laporan, tadi bahwa di sini ada keributan antara siapa dengan siapa kita juga belum paham keributannya  ",  Ujar SiDin Kombes Pol  Iwan Sektiadi  Kapolresta Solo,  setelah mengecek Keraton Solo.

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi juga tampak turun langsung melakukan pengecekan Keraton Solo. Iwan terlihat didampingi dari Satreskrim Polresta Solo.   "  Mendapatkan laporan, tadi bahwa di sini ada keributan antara siapa dengan siapa kita juga belum paham keributannya  ",  Ujar SiDin   Kombes Pol Iwan Saktiadi, setelah mengecet  Keraton Solo.  

Terkait dugaan motif keributan, Iwan mengaku saat ini masih diselidiki dam pihatnya juga masih mengumpulkan bukti-bukti dan keterangan para saksi,      "Beberapa anggota datang ke sini untuk memastikan bahwa kondisi Keraton baik-baik saja. Artinya tadi menurut beberapa kesaksian dan tentunya nanti kami akan menindaklanjuti dari mulai kita kumpulkan fakta-fakta, kita kumpulkan data-datanya. Kita selidiki sebenarnya kemungkinan penyebabnya  ",  Ujar SiDin Kombes Pol Iwan Sektiadi dengan Plabomoranya (hebatnya).    Untuk mengantisipasi adanya kejadian serupa, personel kepolisian masih berjaga di kawasan Keraton Solo, Jawa Tengah.

Cucu Pakubuwono XIII, BRM Suryo Mulyo yang ditodong Pistol

  

Keraton jadi gusar karena hadirnya kriminal. 

Keributan di Keraton Solo  Cucu Pakubuwono ditodong Pistol.   

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...