Minggu, 01 Januari 2023

SAHABAT, 9 JENIS KERANG INI DIJAMIN MENUNYA DELICIOUS DAN AMAN DARI KANDUNGAN RACUN JIKA DIKONSUMSI DENGAN BAIK

NusaNTaRa.Com

byBakuINunukaN,      K  a  m  i  s,     1   5     D  e  s  e  m  b  e  r     2  0  2  2

Kerang Kapah

Kerang   satwa air Asin atau Tawar yang berkulit keras atau Cangkang,  tentunya  menjadi sesuatu yang menarik terutama  bagi para pecinta makanan laut, berbagai jenis kerang-kerangan tentunya menjadi makanan favorit yang  dinikmati secara khusus sesekali.   Kerang termasuk Hewan  yang tak bertulang belakang dan bercangkang ada yang bercangkang satu da nada bercangkang Dua  sehingga ketika kita akan menikmatinya maka terlebih dahulu harus membuka cangkangnya sebelum melahap isinya yang nikmat,  apakah itu dibuka cangkangnya  sebelum dimasak atau pada saat menikmatinya.

Ketika kamu masuk ke restoran atau toko yang menjual makana laut dan berbagai jenis kerang-kerangan, kamu akan menemukan bayak jenis kerang dijual dan tentunya menggoda selera kamu untuk segera menyantapnya.   Sahabat pencinta kerang  perlu  kamu ingat bahwa  ternyata tak semua jenis kerang dan hewan laut bisa dimakan, namun kamu tak perlu khawatir karena  9 jenis kerang  dibawah  ini telah banyak dikonsumsi dan terkenal karena rasanya yang enak serta terbukti  aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

 

1. Kerang darah
Menu Kerang Darah

Jenis kerang yang satu ini juga cukup banyak dinikmati dan menjadi favorit,  disebut Kerah Darah karena  kerang ini mengeluarkan cairan merah serupa darah berupa hemoglobin dan juga memiliki daging yang berwarna merah.   Bagi Kesehatan Kerang Darah  bermanfaat meningkatkan metabolisme  tubuh,  mencegah anemia dam  merawat kesehatan otot.   Sebagai Kuliner Kerang  darah kerap diolah dengan berbagai jenis bumbu baik dengan cara dicampur saat memasaknya ataupun hanya dijadikan cocolan saja,

2. Kerang hijau
Kerang Hijau

Kerang hijau disebut demikian karena memiliki Cangkang berwarna kehijauan  dengan warna Daging putih  kekuningan  dan  jenis kerang yang cukup umum  serta   banyak ditemui.   Kerang Hijau bermanfaat untuk  menyembuhkan Penyakit Jantung, perkuat persendian, mengatasi Anemia, meningkankan sisitem kerja otak dan meningkatkan kesuburan.    Banyak variasi bumbu yang dapat kita temukan dalam kuliner berbahan Kerang Hijau namun menggunakan bumbu saus padang jika ingin merasakan sensasi rasa pedas saat menikmati olahan kerang ini.

3. Kerang bambu

Kerang Bambu

Kerang Bambu  cuukup unik  dengan  bentuk seperti Selinder maupun rasanya  ketika kita  menikmatinya ,  disebut kerang bambu karena memang memiliki cangkang yang panjang berbentuk silinder seperti bambu, memiliki rasa yang guring dengan sensasi rasa manis yang menyenyegarkan,   bagi kesehatan berguna untuk apalagi jika ditambah dengan bumbu rempah yang melimpah ketika pengolahannya menjaga kesehatan system syaraf,  sel-sel darah dan Vitamin B12.

4. Kerang kepah

Kuliner Karang Kepah

Kerang kepah sering juga disebut kerang putih karena memang warna cangkangnya yang berwarna putih. Kerang ini hidup di sungai-sungai besar  atau di daerah perairan hutan bakau,   Sebagai kuliner Karang Kepah  Rendah Kalori tapi tinggi Protein dan dapat membantu menurunkan Borat Badan.    Karang Kepah banyak ditemukan di hutan Bakau berair Payau dan di muara-muara sungai besar dengan ukuran sedang.

Menu Kerang SinpinG 

5. Kerang simping

Cangkang kerang simping berbentuk pipih dengan bentuk menyerupai kipas, rasa daging kerang simping cenderung lebih padat dan kenyal dan termasuk jenis yang cukup aman untu dimakan dalam keadaan mentah sekalipun. Kerang simping atau biasa juga disebut kerang serimping ini banyak ditemukan di perarian laut kosmopolitan.


6. Kerang bulu

Menu Karang Bulu

Bentuk dan rasa kerang bulu sebetulnya tidak terlalu berbeda jauh dengan kerang darah, bahkan jika dilihat selintas bentuknya benar-benar sama dan serupa hanya saja kerang bulu memiliki bulu- bulu halus berwarna hitam di bagian permukaan cangkangnya, namun tak usah khawatir karena ia masih aman dikonsumsi asalkan kotoran-kotoran yang menempel pada bulu-bulunya dibersihkan dengan maksimal.

7. Kerang tiram   
Menu Karang Tiram

Kerang jenis ini juga cukup populer dan biasanya lebih disukai untuk dimakan mentah tanpa diolah karena rasanya yang memang sudah enak dan segar walaupun masih mentah. Dan juga mengonsumsi kerang tiram secara mentah dapat mempertahankan kandungan gizinya yang tinggi sehingga dapat diserap tibuh dengan maksimal. Kerang tiram juga umum digunakan sebagai bumbu pelengkap rasa masakan dengan dijadikan saos tiram.

8. Kerang kijing

Menu Karang Kijing 

Kijing merupakan salah satu kerang air tawar paling popular banyak ditemukan di danau dan perairan air tawar.  Kerang Kijing memiliki banyak kandungan gizi yang tinggi dan bermanfaat bagi tubuh selain itu dapat dibuat minuman yaitu Rebusan Air Kijing.  Kijing memilki bentuk yang pipih memanjang dengan daging yang bertekstur keras dan cenderung alot namun tetap sangat nikmat ketika diolah menjadi masakan dengan berbagai bumbu pelengkap.

9. Kerang macan

Kerang Macan menyerupai bekicot  hanya memilki satu cangkang yang menyelimuti tubuhnya  dengan berwarna belang seperti macan. Spesies ini hidup di wilayah littoral dengan dasar pasir berlumpur pada kedalaman 5 sampai dengan 15 m. Alat tangkap yang digunakan untuk menangkap keong macan di dasar adalah jodang yang memiliki diameter 60 cm dengan ukuran mata jaring 1,5 cm.     Biasanya Kuliner ini termasuk makanan mewah karena lebih banyak disajikan untuk restoran-restoran mewah di Eropa,  berikut ini kuliner Kerang Macan cukup merakyat  Sayut Bening Kerang Macan, Kerang Macan Rebus Bawang Putih, Kerang Macan Saos Tiram dll.   (Reff.

Masakan KerangMacan 


 

Kerang satwa bercangkang  hidup di perairan.

Kerang Penganan laut  rasanya Gurih  mengasikkan.   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...