Senin, 30 Januari 2023

TAK HANYA RAJA AMPAT, DESTINASI WISATA ALAM EKSOTIS YANG DAPAT ANDA NIKMATI DI PAPUA DAN PASTINYA KEREN

NusaNTaRa.Com

byAsnISamandaK,    J  u  m ‘ a  t,    0  6     J  a  n  u  a  r  i     2  0  2  3 

Kota JAYAPURA dikaki perbukitan Cyclop dan Teluk Yosudarso

Raja Ampat bukanlah satu-satunya destinasi wisata alam di Papua meski sudah terkenal keindahan alamnya hingga keluar negeri bakan kita dapat berwisata menikmati  sejarah Papua mulai zaman kuno,  zaman Kemerdekaan hingga sekarang yang telah modern.   Papua berhias gunung tinggi, tebaran pulau-pulau,  pesona kedalaman laut,  beragam kehidupan satwa dan tumbuhan serta keraganan  hutan  akan  menyajikan  berbagai eksotika pesona alam  kalau saja kita mau meneluri semua dengan lebih jauh.    

Jika Raja Ampat berada di Kabupaten Papua Barat, maka cobalah untuk mengunjungi area yang lain, misalnya Kota Jayapura yang merupakan ibu kota dari provinsi Papua yang berada di kaki gunung  jaya yang berdiri di teluk Yosudarso atau teluk Humboldt.   Sebagai pusat kota, banyak hal menarik yang bisa kita temukan di sana,   mulai kawasan perkotaan modern hingga wisata alam yang eksotis atau menikmati keindahan JAYAPURA dari  Puncak angkasa yang  melatari kota tersebut atau menelusuri sejarah perang Trikora pembebasan Irian.

Bagi traveler yang ingin menikmati  sensasi keindahan alam Papua dibawah ini ada beberapa destinasi wisata yang  sebaiknya anda pertimbangkan,  yaitu   : 

Danau Imfote   
Danau IMFOTE

Danau Imfote juga dikenal dengan nama Danau Love karena bentuknya yang seperti hati,  bahkan banyak juga orang yang menyebutnya sebagai Telaga Cinta  untuk dapat menikmatinya secara sempurna  keunikan  danau ini akan semakin terlihat jelas bila kita memandangnya dari atas bukit di sekitarnya.   Danau Imfote berada di Kecamatan Ebungfau, suasana di sana sangat asri dan romantis, sebab danau dikelilingi dengan bukit yang menambah keindahan. Di danau ini, pengunjung biasanya sekadar bersantai menikmati pemandangan dan lokasi yang jauh dari hiruk pikuk, berfoto, atau berjalan-jalan di sekitaran bukit.

Teluk Youtefa  
Teluk YOTEFA
Teluk Youtefa menjadi salah satu destinasi wisata alam menarik di Jayapura. Pemandangannya begitu khas yaitu terdiri dari pulau-pulau karang yang menghiasi perairan dan memiliki hutan bakau sepanjang 200 meter dari garis pantai. Pohon-pohon bakau setinggi 7-12 meter di Teluk Youtefa membuat panoramanya semakin unik dan udaranya pun lebih teduh sehingga wisatawan bisa lebih betah berlama-lama di kawasan ini.   Di sana pun terdapat Jembatan Youtefa berwarna merah yang akan menambah pesona Teluk Youtefa. Selain itu, masih ada spot lain yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Hamadi. Bila ingin bersantai ria dan menikmati suasana yang tenang, lokasi ini jangan sampai terlewatkan.

Usai bersantai, pengunjung pun dapat menjelajahi kawasan pantai dan menemukan banyak objek peninggalan perang seperti puing tank hingga kapal perang. Perlu diketahui bahwa Pantai Hamadi merupakan pusat pertahanan tentara suku di Jayapura saat Perang Dunia II.    Dari Pantai Hamadi, ada pula Gunung Mher yang punya legenda asal-usul Suku Tobati dan Enggros. Kemudian, ada Tanjung Kaswari untuk menikmati pesona pantai dan deretan pohon cemara.

Pantai Tablanusu    
Pantai TABLANUSU
Pantai Tablanusu berada di distrik Depapre dan di sana terdapat sebuah kampung nelayan seluas 230 hektare. Sebelum menjelajah pantai, tak ada salahnya mampir ke area pemukiman warga ini karena masyarakatnya sungguh hangat dalam menyambut kedatangan wisatawan.   Selain pantai, kawasan ini juga akan dimanjakan dengan wisata hutan, danau, sejarah, dan budaya. Pada dasarnya, kampung ini dikelilingi bukit dan hutan lebat, pun ada danau dengan air jernih dan banyak ditinggali ikan-ikan.

Nama Tablanusu sendiri sebenarnya berasal dari dua suku kata, tepara yaitu suku atau penduduk setempat dan onusu artinya terbenamnya matahari. Sehingga Tablanusu diartikan sebagai tempat matahari terbenam. Kawasan pantainya pun terbilang unik. Alih-alih berpasir putih bersih, di sana malah diselimuti batu koral hitam legam yang justru menjadi pesonanya tersendiri.

Danau Sentani      
Danau  SENTANI
Nama Danau Sentani mungkin sudah cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia,  danau ini berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang luasnya mencapai 245.000 hektare. Secara lokasi, danau ini terbentang dari kota sampai ke kabupaten Jayapura.    Danau Sentani sendiri memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan di sana terdapat 21 pulau kecil yang menghiasi area danau di dermaga tersedia kapal wisata yang siap beelayar. Sumber daya alam di sana sangatlah kaya, sebab kita dapat menemukan berbagai spesies ikan air tawar dan beberapa di antaranya merupakan spesies endemik Sentani.

Di kawasan danau Sentani akan kita lewati saat mendarat di Sentani Airport, wisatawan dapat mengunjungi Bukit Teletubbies yang biasa dikunjungi untuk menunggu momen matahari terbenam.   Spot wisata yang tak kalah menarik adalah Tugu MacArthur,   bila naik ke tugu tersebut, kita dapat melihat panorama yang cantik dari atas bukit.  Nama tugu ini berasal dari legenda perang dunia kenamaan dari Amerika Serikat yaitu Jenderal MacArthur yang disebut-sebut pernah tinggal di Danau Sentani.

Puncak Jayawijaya    
Puncak JAYAWIJAYA
Gunung Jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia bahkan tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 5.200 meter dpl  dengan puncaknya berselimuti salju,  tempat ini tentunya sangat indah dinikmati khususnya bagi para pendaki yang menjadikannya sebagai impian.  Yang ingin berada diketinggian dan berbaur salju tentunya sangat sesuai tetapi untuk mengunjungi daerah tentunya perlu dana tinggi untuk dapat mencapai puncaknya,

Namun sebelum anda ingin mendaki kesana ada baiknya kamu mengetahui 5 fakta Gunung Jayawijaya yang jadi pertimbangan   :    1. Gunung Jayawijaya punya jalur pendakian yang sangat sulit.    2. Keberadaan salju di Puncak Cartenz merupakan perlawanan terhadap hukum alam.   3. Selain salju, Jayawijaya juga memiliki gletser.   4. Pada tanun 2022, Jayawijaya akan kehilangan saljunya, ada hubungannya dengan kenaikan suhu bumi  dan  5. Fosil hewan-hewan laut dapat ditemukan di Puncak Cartenz.

 

 

 

Puncak JayaWijaya menjulang mengagungkan pesona Papua.

Tanah Papua kaya akan Destinasi wisata alam penuh pesona.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...