Kamis, 05 Januari 2023

LOW TUCK KWONG DADI WONG TERKAYA BARU DI INDONESIA MENGGUSUR DUO HARTONO

NusaNTaRa.Com

byPakeLEE,    S  e  n  i  n,   2  6     D  e  s  e  m  b  e  r     2  0  2  2

Low Tuck Kwong menggeser Hartono bersaudara di posisi orang terkaya RI versi real time Forbes karena kinerja saham PT. Bayan Resources.

Golla Loww  ….   Low Tuck Kwong berhasil  menjadi  orang terkaya  Indonesia  setelah  berhasil  menggeser Hartono bersaudara  versi real time Forbes,  Senin   (26/12/2022),  kesuksesan  nama Kwong sebagai orang paling tajir di tanah air merupakan berkah dari saham PT Bayan Resources Tbk (BYAN).   Total  kekayaan L Tuck Kwong US$ 25,2 miliar atau Rp378 triliun (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS)  sehingga  menyalip posisi Hartono bersaudara yang harus puas di peringkat ke-2 dan ke-3  sebagai orang terkaya di Indonesia.

Saham emiten batu bara ini bertahap naik sejak awal tahun sebelum akhirnya kembali merosot,  pada Juli lalu saham BYAN sempat menyentuh Rp78.800. Padahal, di awal tahun hanya Rp26.600  dan  pada perdagangan sesi I hari ini, harga saham BYAN ditutup menguat 4,85 persen di Rp19.475.   Return yang dihasilkan dari saham BYAN pun mengungguli emiten batu bara lain seperti PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT Indo Tambagraya Megah Tbk (ITMG), PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Indika Energy Tbk (INDY).

Nilai kapitalisasi BYAN menembus Rp619 triliun. Kini, BYAN menjadi emiten dengan market cap terbesar ketiga setelah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).     Kinerja moncer Bayan juga didorong oleh krisis energi global,  sepanjang tahun lalu  Kwong getol memborong saham BYAN   ia lakukan di kala harga saham dan harga batu bara yang anjlok  dengan  tujuannya, untuk investasi dengan status kepemilikan langsung,  menariknya, semua transaksinya beli tanpa jual sekalipun.

L Tuck Kwong juga  merambah bisnis ke negara lain. Di Australia, Kwong mengakuisisi Kangaroo Resaurces Limited yang  merupakan operator tambang yang memiliki konsesi batu bara di Indonesia.   Di Singapura, Bayan merupakan pemegang saham uatama Manhattan Resources,  iapun  menjadi  memiliki saham di salah satu perusahaan industri kesehatan terbesar di Singapura, Singapore Health Partner.   Kwong juga terjun di bisnis jaringan internet. Saat ini Kwong mengerahkan dukungannya pada SEAX Global, yang tengah membangun sistem kabel bawah laut untuk konektivitas internet yang menghubungkan Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

Perjalanan karir Kwong dimulai saat bekerja untuk perusahaan konstruksi ayahnya di Singapura. Pada waktu itu, L Tuck Kwong masih remaja dan kemudian pindah ke Indonesia pada 1972 untuk mendapatkan kesempatan yang lebih besar.   Di Indonesia, Kwong memulai bisnisnya sebagai kontraktor bangunan. Namun, ia berhasil mendapatkan jackpot setelah membeli tambang pertamanya pada 1997.

L Tuck Kwong awalnya berkewarganegaraan Singapura  yang   lahir dan tumbuh di Singapura  pada  17 April 1948,  namun ketika  berusia  24 tahun, ia hijrah ke Indonesia.   Ternyata, bisnisnya menjadi moncer di tanah air  setelah dua  puluh tahun kemudian, ia mengubah kewarganegaraannya menjadi WNI pada 1992.

Insting serok bawah L Tuck Kwong terbukti cuan,  perang Rusia-Ukraina memicu krisis energi dan melambungkan harga batu bara.   Kinerja BYAN pun gemilang dengan pendapatan yang naik dua kali lipat dari tahun lalu  dengan   membukukan pendapatan US$3,3 miliar, sedangkan tahun lalu hanya US$1,74 miliar.   Tak cuma main di bisnis batu bara, Kwong juga merambah bisnis energi terbarukan (EBT). Saat ini, ia mengendalikan perusahaan EBT Singapura Metis Energy, yang sebelumnya dikenal sebagai Manhattan Resources.

Kini, Kwong menjadi orang paling tajir se-Indonesia  dengan  nilai kekayaannya mencapai  US$ 25,2 miliar atau Rp378 triliun (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS),   jumlah harta Kwong  ini  melampaui kekayaan Budi Hartono dan Michael Hartono jika harta duo Hartono dipisah.   Budi Hartono menjadi orang terkaya nomor dua dengan harta US$22,1 miliar atau Rp 331,5 triliun. Sementara itu, Michael Hartono bergeser ke urutan tiga dengan kekayaan US$21,3 miliar atau Rp319,5 triliun.
Low Tuck Kwong bergerak diusaha Batu Barat

 

 

Gigih berusaha, baik sesama  mudah jadi kaya.

Low Tuck Kwong Wong Terkaya di Indonesia.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BRIGJEN TNI MIRZA PATRIA JAYA SE, KUNJUNGAN KERJA MONITORING DI SOBATIK KALIMANTAN UTARA

NusaNTaRa.Com byFarhaMTukirmaN,           S   e   l   a   s   a,    2   3      A    p    r    i    l     2   0   2   4 Rombongan  Brigjen TN...