Minggu, 02 Februari 2020

PABRIK MINYAK KAYU PUTIH TERBESAR DI DUNIA ADA DI DESA OI NTB.


NusanTaRa.Com
byBahrIHasupiaN,   25/12/2019



Siapa sangka ?  di Desa Oi Katupa Kecamatan Tambora Kabupaten Bima,  terdapat satu pabrik minyak kayu putih terbesar di dunia, yang tentunya menjadi satu kebanggaan masyarakat setempat Nusa Tenggara Barat.   Pabrik yang dibangun sejak setahun 2018  itu dikelola PT Sanggaragro Karya Persada pimpinan Jimmy Sumitro,  diharapkan selain menghasilkan minyak kayu putih perusahaan dapat mendukung tenaga kerja daerah dan mendukung petani kayu disekitar nantinya.

Jimmy Sumitro mengungkapkan, pabrik minyak kayu putih itu dilengkapi dengan mesin penyulingan yang modern dengan kapasitas produksi daun minyak kayu putih sekitar 60 ton per hari,  jika proses maka jumlah itu dapat menghasilkan minyak kayu putih sekitar 1 ton dengan  nilai  uang, sekitar Rp 300 juta per hari.    Namun panen pertama  pabrik ini baru bisa mengolah daun minyak kayu putih sekitar 30 ton,  "  Lahan yang akan kita manfaatkan untuk tanaman pohon kayu putih ini sekitar 5.000 hektare. Namun yang sudah kita tanam, baru sekitar 2.500 hektare  ",  Ujar SiDin Jimmy. 

Minyak kayu putih merupakan salah satu produk andalan Kabupaten Buru. Minyak Kayu Putih atau Minyak atsiri merupakan hasil destilasi atau penyulingan daun dan ranting kayu putih (Melaleuca leucadendron Linn.)  yang  memiliki bau dan khasiat yang sangat khas  sehingga banyak dipakai  orang kesehatan.   Nama lain Kayu Putih Kajuputi  leucadendra, Aceite de Cajeput, Cajeputi aetheroleum dan cajeput oil,  namun lebih popular dengan sebutan minyak kayu putih !!,  karena Pohon tanaman ini  berwarna batang yang memang putih keabu-abuan.

Komponen utama dalam minyak kayu putih adalah sineol yang mencapai 65%. Dengan adanya komponen tersebut, minyak kayu putih dapat langsung digunakan sebagai obat-obatan dan minyak wangi. Tetapi di luar negeri, minyak kayu putih juga digunakan sebagai bahan baku untuk industri farmasi dan parfum. Tanaman lain yang juga mengandung sineol adalah eucalyptus, dengan kadar yang lebih besar yakni sekitar 85%.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah melakukan panen perdana, Kamis (12/12/2019),  orang nomor satu NTB ini  juga sekaligus melihat proses pembuatannya  mulai dari panen di pohon hingga menjadi minyak kayu putih yang siap dipasarkan.     Kini industrialisasi itu tidak lagi mimpi. Kita akan deklarasikan bahwa NTB jadi pusat minyak kayu putih  ”, Ujar SiDin Bang Zul di lokasi pabrik yang berada di kaki gunung Tambora tersebut.

Gubernur yang akrab disapa Bang Zul itu menegaskan, berbicara industrialisasi tidak semudah membalikkan telapak tangan,   Namun kehadiran industri ini  akan menambah kepercayaan diri masyarakat NTB. Hadirnya industri ini kata Gubernur dapat memberikan menfaat bagi lahan-lahan kosong, yang selama ini tidak dimanfaatkan.     Harapannya ke depan, tentu kalau semua tanamannya ini tumbuh bagus, kita memelihara dua tahun saja, tapi dua puluh lima tahun yang akan datang, kita tinggal memetik hasilnya  ”, Ujar SiDin Bang Zul.  

Bang  Zul pada kesempatan ini berkata,    Kalau masyarakat sudah sejahtera maka jaminan kesehatan dan pendidikan akan meningkat    dan  “ ke depan dilokasi pabrik ini  akan dibangun sekolah khusus  “ sehingga bukan saja dapat menyiapkan pekerja yang dibutuhkan, tapi dapat menyiapkan tenaga kerja untuk daerah manapun dan mendukung perkembang petani Kayu Putih di Desa Oi dan NTB pada umumnya.      Hal ini dilakukan untuk menjamin sumber daya manusia yang akan mendukung keberlangsungan pabrik tersebut. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat lokal. Sehingga tidak lagi mengambil tenaga kerja dari luar. Berikutnya, tantangan kita ke depan, di tempat ini dibangun sekolah atau SMK yang punya kaitannya dengan minyak kayu putih ini  ”, Ujar SiDin Bang Zul.

Bapak Jimmy Sumitro  mengatakan,     Lahan yang akan kita manfaatkan untuk tanaman pohon kayu putih ini sekitar 5 ribu hektar. Namun yang sudah kita tanam, baru sekitar 2.500 hektar  ”.   Ia juga menjelaskan, untuk mendukung suplai bahan baku, pihaknya telah melakukan variasi tahun tanam sejak tahun 2016 hingga saat in,  hanya saja, bibitnya masih disuplai dari luar NTB.

Rasanya dingin dank has aromanya,
Desa Oi NTB penghasil  Minyak Kayu Putih terbesar di Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...