Rabu, 12 Februari 2020

KH SALAHUDDIN WAHID TOKOH PENDIDIK BANGSA TELAH PERGI KEHADIRAT ALLAH, 2 FEBRUARI 2020.

NusanTaRa.Com
byMuhammaDBakkaranG,   06/02/2020

KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah meninggal di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta Barat, Ahad, 2 Februari 2020 pukul 20.55 WIB dalam usia 77 tahun.   Berita duka tersebut pertaama  terkonfirmasi  lewat putra Gus Solah, Irfan Wahid melalui Twitter,    "  Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu  ",  Ujar SiDin  Irfan.

Sebelumnya adik kandung mendiang Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid ini  dikabarkan kritis di RS Harapan Kita pada Ahad pagi, sebagai cuitan irfan di twettnya   "  Semoga Allah SWT memberikan kesembuhan, kekuatan, kesabaran & yang terbaik bagi beliau. Semoga Allah SWT mencabut sakit beliau tanpa disertai rasa sakit  ",  Ujar Irfan.   Kondisi Gus Soleh dinyatakan terus menurun after menjalani bedah jantung pada sabtu 01/02/2020 dan dlam tahap menjalani pemulihan itu.

Keberangkatan jenazah dari RS HK Senin (3/2) sekitar pukul 09.00 WIB, jenazah diberangkatkan ke Bandar Udara Internasional Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur kemudian  diterbangkan ke Jombang.   Pemakaman almarhum KH Salahuddin Wahid  baru diketahui kepastiannya setelah pihak keluarga menyatakan  akan dilakukan sore, Senin (3/2) di Jombang. Kaum Muslimin dapat memberikan penghormatan terakhir kepada cucu KHM Hasyim Asy’ari tersebut dengan melakukan shalat janazah dan mengantarkan ke pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng.

Almarhum KH Shalahuddin Wahid akan dimakamkan dekat dengan makam kakak kandungnya, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.   Lokasi makam keduanya berada di kompleks pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur. Posisi makam Gus Sholah berada tiga meter di sebelah barat makam Gus Dur sang kakak.

Gus Solah merupakan tokoh Islam nasional yang pernah menduduki jabatan strategis di Indonesia dan mendapat gelar tokoh pendidik bangsa. Ia pernah jadi Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI di awal periode reformasi 1998.  Dalam bidang keislaman, Gus Solah mengasuh pesantren Tebuireng di Jombang Jawa Timur dan merupakan tokoh ormas Islam besar, Nahdlatul Ulama.

Almarhum Salahuddin Wahid lahir di Jombang, Jawa Timur, pada 11 September 1942 memiliki nama cili  Salahuddin al-Ayyubi dan merupakan putra dari pasangan KH Wahid Hasyim dengan Hj Sholehah serta  kakek dari pihak ayah adalah Hadratus Syekh KH Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan  kakek dari  ibu  KH Bisri Syansuri, adalah pengajar pesantren pertama yang mengajarkan kelas pada perempuan.

Kepergian KH Salahuddin Wahid pada pukul 20.55 WIB sempat menjadi  satu berita kesedihan  bagi presiden Jokowi sesaat dan mengirimkan ucapan belasungkawa  dalam instagramnya.    "  Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Baru saja mendengar kabar duka bahwa tokoh ulama, aktivis, dan politisi, Bapak Kiai Salahuddin Wahid telah berpulang ke Rahmatullah malam ini  ",  Ujar SiDin  Jokowi lewat akun Instagram resminya, Minggu (02/02/2020).



Mantan Calon Wakil Presiden RI Pilpres 2004,
Gus Sholeh telah pergi semoga tenang bersama Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PARI GERGAJI GIGI KECIL DAPAT SURVIVE DENGAN BAWAAN PARTHENOGENESIS BILA TERTEKAN

NusaNTaRa.Com byIrkaBPiranhA,         S     e    n    i     n,        0    6      M    e    i      2    0    2    4   Pari Gergaji Gigi Ke...