Rabu, 19 Februari 2020

CLAUS WAMAFMA PUTRA ASLI PAPUA PERTAMA MENJADI DIREKTUR PT FREEPORT INDONESIA.


NusanTaRa.Com
byBahrIHasupiaN,    13/02/2020



PT Freeport Indonesia kini memiliki direktur baru yang berdarah Papua, yaitu Claus Wamafma, seorang pria kelahiran Manokwari 1973 sekaligus menjadi orang Papua asli  pertama yang masuk jajaran petinggi perusahaan anggota holding pertambangan Indonesia itu.    Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  yang menunjuk langsung Claus Wamafma sebagai  direktur di PT Freeport Indonesia per 11 Februari 2020.

Tugas yang di embankan pada Claus Wamafma sebagai Direktur PT Freeport Indonesia perusahaan yang bergerak dibidang penambangan  Tembaga,  Emas, dan Perak di daerah dataran tinggi Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia  ?.   Menurut Claus dalam mengembankan tugasnya ini  dirinya  diharuskan  mengurusi operasional perusahaan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan tugasnya di posisi sebelumnya, yakni sebagai Senior Vice President Social Responsibility and Community Development Freeport Indonesia.    "  Saat ini rules-nya masih sama, saya masih jalankan di bidang pemberdayaan masyarakat, community developmentnya PTFI  ",  Ujar SiDin Riza Pratama di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

"  Di internal (penetapan direksi baru) tanggal 11 Februari 2020  ",  Ujar SiDin Riza Pratama VP Corporate Communication PT Freeport Indonesia,  Selasa (18/2).    Penetapannya dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Kementerian BUMN. Sebelumnya personel di jajaran direksi PT Freeport Indonesia memang berkurang karena Orias Petrus Moedak diangkat menjadi Direktur Utama PT Inalum (Persero).

Menurutnya, masih banyak masyarakat asli Papua yang berpotensi untuk mengisi jabatan yang strategis di Freeport. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya pekerja level manajer hingga eksekutif yang berasal dari Papua.    "  Banyaklah saat ini yang sampai jajaran menengah atas. Dan level ekskekutifnya tadi pak presiden direktur sampaikan ada 10 teman-teman di sana dan manajernya lebih dari 40 hari ini, 45 lah  ", Ujar SiDin Claus Wamafma.

Claus Wamafma direktur PT Freeport Indonesia 2020
 Claus Wamafma menamatkan pendidikan S1 di Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1998 dan  ia berhasil menyelesaikan study S2 bidang Manajemen Operasi ITB Bandung pada tahun 2009.   Di PT Freeport Indonesia, Claus Wamafma pernah menduduki berbagai jabatan,  mulai dari  jabatan sebagai General Superintendent-Warehouse pada 2008-2011 dan  pada Tahun  2011-2014, Claus Wamafma menjabat sebagai Manager Warehouse Management terakhir 2014 ia naik ke posisi Vice President of Community Development.

Ia berharap nantinya posisi direksi Freeport semakin banyak lagi diduduki oleh masyarakat asli Papua. Namun, ia menekankan pentingnya proses agar hal tersebut bisa terealisasi.   "  Saya juga prosesnya cukup lama dan utuh dari fresh graduate, terpapar dengan operasi, keunikan di sana geografinya, percampuran orang bagian di Indonesia ada di sana dan kami bias  ",  Ujar SiDin Laji. 

Salah satu Staf Khusus BUMN Arya Sinalungga mengatakan pengangkatan Claus membuktikan bahwa putra asli Papua memiliki kemampuan menjadi petinggi di perusahaan multinasional.     Ini baru pertama (orang asli Papua masuk ke jajaran direksi Freeport). Dia (Claus) berkarier dari bawah setelah 12 tahun berkarier di Freeport akhirnya berhasil mencapai level direksi  ”,  Ujar SiDin Arya.


Gali gunung produksi  Emas, Perak,Tembaga,

Claus Wamafma Putra Papua pertama direktur PT Freeport Ind.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESA WAE REBO OLEH TIMEOUT TERMASUK SEBAGAI KOTA TERKECIL TERINDAH DI DUNIA.

NusaNTaRa.Com     byBambanGNunukaN,        S   e   l   a   s   a,     0    7       M     e     i        2    0    2    4     Rumah Adat Mb...